TEKNOBGT
Makna Lambang ASEAN
Makna Lambang ASEAN

Makna Lambang ASEAN

ASEAN, atau Association of Southeast Asian Nations, adalah sebuah organisasi yang terdiri dari sepuluh negara di kawasan Asia Tenggara. Negara-negara tersebut adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja. Setiap negara anggota memiliki lambang masing-masing, namun ada juga lambang ASEAN yang melambangkan kesatuan dan persatuan negara-negara tersebut.

Arti Lambang ASEAN

Lambang ASEAN terdiri dari sepuluh bulir padi yang melambangkan kesuburan dan kemakmuran, serta kekuatan dan persatuan. Bulir padi tersebut berbentuk lingkaran yang melambangkan kesatuan tanpa batas. Di tengah lingkaran terdapat bintang yang memiliki lima ujung, melambangkan lima prinsip dasar ASEAN yaitu kedamaian, persahabatan, perdagangan, kerjasama, dan kemajuan.

Warna biru pada lambang melambangkan perdamaian dan stabilitas, sedangkan warna kuning melambangkan kemakmuran dan kebahagiaan. Warna putih pada lingkaran melambangkan kemurnian, sedangkan warna merah pada garis luar melambangkan persatuan dan keberanian.

Sejarah Lambang ASEAN

Lambang ASEAN pertama kali diadopsi pada tahun 1976 saat ASEAN merayakan ulang tahun ke-9. Lambang tersebut dirancang oleh seorang seniman dari Filipina bernama Antonio Garcia. Desain lambang tersebut dipilih dari 50 desain yang diikutsertakan dalam sebuah kompetisi yang diadakan oleh ASEAN pada tahun 1975.

Desain lambang yang dimenangkan itu dipilih karena dapat menggambarkan persatuan, kemakmuran, dan keberanian negara-negara ASEAN. Desain tersebut kemudian disetujui oleh para pemimpin ASEAN pada Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-9 di Bali, Indonesia pada tahun 1976.

Penggunaan Lambang ASEAN

Lambang ASEAN digunakan sebagai simbol resmi untuk mewakili ASEAN sebagai organisasi. Lambang tersebut sering ditemukan pada berbagai dokumen resmi seperti laporan, brosur, dan poster. Selain itu, lambang ASEAN juga sering digunakan sebagai latar belakang pada acara-acara resmi ASEAN maupun acara yang berkaitan dengan ASEAN.

Di Indonesia, lambang ASEAN sering digunakan pada acara-acara yang berkaitan dengan ASEAN seperti pertemuan tingkat tinggi atau kegiatan lainnya yang melibatkan negara-negara anggota ASEAN. Selain itu, lambang ASEAN juga sering digunakan sebagai latar belakang pada acara televisi atau iklan yang berkaitan dengan ASEAN.

Kesimpulan

Lambang ASEAN melambangkan kesatuan dan persatuan antara sepuluh negara anggota ASEAN. Desain lambang tersebut menggambarkan bahwa negara-negara tersebut bersatu untuk mencapai kemakmuran dan perdamaian di kawasan Asia Tenggara. Lambang tersebut sering digunakan sebagai simbol resmi ASEAN dan sering ditemukan pada dokumen resmi maupun acara-acara resmi yang berkaitan dengan ASEAN.

Artikel Makna Lambang ASEAN

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM