TEKNOBGT
Bacaan Sesudah Sholat Fardhu
Bacaan Sesudah Sholat Fardhu

Bacaan Sesudah Sholat Fardhu

Sholat fardhu merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat muslim. Setelah menyelesaikan sholat fardhu, ada beberapa bacaan yang harus dibaca agar sholat menjadi sempurna. Berikut ini adalah bacaan sesudah sholat fardhu yang harus diketahui.

Bacaan Tahmid

Bacaan pertama yang harus dibaca setelah sholat fardhu adalah tahmid. Tahmid adalah ucapan memuji Allah SWT dengan mengatakan “Alhamdulillah” sebanyak tiga kali. Bacaan ini mengandung arti bahwa segala puji hanya bagi Allah SWT.

Bacaan Istighfar

Bacaan kedua yang harus dibaca setelah sholat fardhu adalah istighfar. Istighfar adalah permohonan ampun kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan. Bacaan istighfar yang umumnya dibaca adalah “Astaghfirullahal ‘adzim” sebanyak tiga kali.

Bacaan Doa

Setelah membaca tahmid dan istighfar, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa. Doa yang dibaca setelah sholat fardhu beragam, tergantung pada keinginan masing-masing. Namun, ada beberapa doa yang disarankan untuk dibaca seperti doa sesudah sholat fardhu 1 dan doa sesudah sholat fardhu 2.

Bacaan Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas

Setelah membaca doa, umat muslim juga dianjurkan untuk membaca tiga surat pendek yaitu Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Bacaan ini bertujuan untuk melindungi diri dari segala gangguan dan kejahatan yang datang dari luar.

Bacaan Shalawat

Di akhir bacaan sesudah sholat fardhu, umat muslim dianjurkan untuk membaca shalawat. Shalawat adalah ucapan salam dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. Bacaan shalawat yang umumnya dibaca adalah “Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad”.

Cara Membaca Bacaan Sesudah Sholat Fardhu

Bacaan sesudah sholat fardhu sebaiknya dibaca dengan benar dan tidak tergesa-gesa. Untuk membaca bacaan tersebut, umat muslim harus memperhatikan tajwid dan arti dari setiap kata yang diucapkan. Selain itu, bacaan juga harus dilakukan dengan penuh khusyuk dan khidmat agar ibadah sholat menjadi makbul di hadapan Allah SWT.

Keutamaan Membaca Bacaan Sesudah Sholat Fardhu

Membaca bacaan sesudah sholat fardhu memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Selain itu, bacaan tersebut juga dapat menjadi pengingat untuk tetap berdzikir dan berdoa kepada Allah SWT setelah sholat.

Kesimpulan

Bacaan sesudah sholat fardhu merupakan bagian penting dari ibadah sholat yang harus dilakukan dengan benar dan khusyuk. Dengan membaca bacaan tersebut, umat muslim dapat mendapatkan keutamaan dan pahala yang besar dari Allah SWT. Oleh karena itu, marilah kita selalu membiasakan diri untuk membaca bacaan sesudah sholat fardhu setiap kali menyelesaikan sholat. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan dan hidayah kepada kita semua. Aamiin.

Artikel Bacaan Sesudah Sholat Fardhu

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM