TEKNOBGT
Hadits Tentang Sedekah Beserta Arabnya
Hadits Tentang Sedekah Beserta Arabnya

Hadits Tentang Sedekah Beserta Arabnya

Sedekah atau bersedekah adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Sedekah merupakan tindakan memberikan sebagian harta yang dimiliki kepada orang yang membutuhkan. Tidak hanya memberikan manfaat bagi orang yang menerimanya, sedekah juga memberikan manfaat bagi orang yang memberikannya. Berikut adalah beberapa hadits tentang sedekah beserta arabnya.

1. Hadits Tentang Keutamaan Sedekah

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu dapat memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, no. 614)

Dari Abu Hurairah juga, Rasulullah bersabda, “Bersegeralah bersedekah, karena bala tidak pernah mendahului sedekah.” (HR. Tirmidzi, no. 1887)

Dari Abdullah bin Mas’ud, Rasulullah bersabda, “Maukah kalian aku tunjukkan pada amal yang paling mulia dan paling utama di sisi Allah, yang dapat meninggikan derajat kalian, yang lebih baik bagi kalian daripada kalian bertemu musuh dan kalian membunuhnya atau musuh membunuh kalian?” Para sahabat menjawab, “Tentu saja, wahai Rasulullah.” Rasulullah bersabda, “Yaitu bersedekah, karena setiap tasbih (yang diucapkan) adalah sedekah, setiap tahmid (yang diucapkan) adalah sedekah, setiap tahlil (yang diucapkan) adalah sedekah, setiap takbir (yang diucapkan) adalah sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, dan mencegah kemungkaran juga adalah sedekah. Dan memberikan keterangan pada seseorang adalah sedekah, menolong seseorang untuk menaiki kendaraannya juga adalah sedekah. Dan setiap langkah kalian menuju ke masjid adalah sedekah, dan membuang sesuatu yang tidak berguna di jalan juga adalah sedekah.” (HR. Muslim, no. 1005)

2. Hadits Tentang Sedekah dari Harta yang Halal

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah Maha Baik dan Menerima yang baik (amal). Allah memerintahkan kepada orang-orang mukmin seperti yang diperintahkan kepada para rasul. Allah berfirman, ‘Wahai para rasul, makanlah makanan yang baik dan kerjakanlah amal yang sholeh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.’ Dan Allah berfirman, ‘Wahai orang-orang yang beriman, makanlah makanan yang baik dari apa yang Kami berikan kepadamu.’ Kemudian Rasulullah menyebutkan seorang lelaki yang telah melakukan perjalanan jauh, rambutnya kusut dan berdebu, ia mengangkat tangan ke langit seraya berdoa, ‘Ya Rabb, Ya Rabb.’ Padahal makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan harta yang diperolehnya dari haram. Bagaimana mungkin doanya dikabulkan?” (HR. Muslim, no. 1015)

Dari Abu Hurairah juga, Rasulullah bersabda, “Allah tidak akan menerima sedekah dari harta yang haram.” (HR. Bukhari, no. 1395)

3. Hadits Tentang Sedekah yang Diberikan dengan Ikhlas

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Sedekah yang paling utama adalah ketika engkau masih sehat dan kaya, engkau takut menjadi miskin dan berharap menjadi kaya. Janganlah engkau menunda-nunda sedekah sehingga ajal datang kepadamu, lalu engkau berkata, ‘Ini untuk fulan dan ini untuk fulan,’ padahal sedekahmu itu untuk anak-anakmu.” (HR. Bukhari, no. 1423)

Dari Abu Hurairah juga, Rasulullah bersabda, “Tujuh golongan yang mendapatkan naungan Allah di hari yang tidak ada naungan selain naungan-Nya, yaitu pemimpin yang adil, pemuda yang tumbuh dalam ibadah kepada Allah, seorang yang hatinya selalu terpaut pada masjid, dua orang yang saling mencintai karena Allah, berpisah karena Allah, dan bersatu kembali karena Allah, seorang yang menahan diri dari godaan seorang wanita jelita dan keturunan yang terhormat, seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya tanpa diketahui oleh tangan kirinya, dan seorang yang bersembunyi dalam bersedekah sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diberikan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari, no. 629 dan Muslim, no. 1712)

Kesimpulan

Jadi, sedekah merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam dan memiliki banyak keutamaan. Sedekah dapat menghapus dosa, dapat menolak bala, dan dapat meninggikan derajat di sisi Allah. Namun, sedekah harus dilakukan dengan harta yang halal dan harus dilakukan dengan ikhlas. Dengan melakukan sedekah, kita dapat membantu orang yang membutuhkan dan juga mendapatkan manfaat bagi diri sendiri. Semoga kita semua dapat selalu melakukan sedekah dengan ikhlas dan dengan harta yang halal. Aamiin.

Artikel Hadits Tentang Sedekah Beserta Arabnya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM