TEKNOBGT
Bolehkah Aqiqah dengan Sapi?
Bolehkah Aqiqah dengan Sapi?

Bolehkah Aqiqah dengan Sapi?

Sebagai umat muslim, aqiqah merupakan salah satu ibadah yang penting dilakukan setelah kelahiran anak. Aqiqah adalah penyembelihan hewan sebagai tanda syukur atas kelahiran anak. Namun, seringkali muncul pertanyaan apakah aqiqah hanya boleh dilakukan dengan kambing atau domba saja atau bisa juga dengan sapi?

Aqiqah dengan Kambing atau Domba

Sesuai dengan tradisi Nabi Muhammad SAW, aqiqah dilakukan dengan menyembelih dua ekor kambing atau domba untuk anak laki-laki dan satu ekor untuk anak perempuan. Hewan tersebut kemudian dibagi-bagikan kepada keluarga, sahabat, dan disedekahkan kepada orang yang membutuhkan.

Aqiqah dengan kambing atau domba menjadi pilihan utama karena hewan tersebut lebih mudah dicari dan lebih terjangkau harganya dibandingkan dengan sapi. Selain itu, sunnah Nabi Muhammad SAW juga memerintahkan aqiqah dengan kambing atau domba.

Aqiqah dengan Sapi

Secara syariat, aqiqah juga bisa dilakukan dengan sapi. Namun, penggunaan sapi untuk aqiqah tidak dianjurkan karena harganya yang lebih mahal dan sulit untuk didapatkan.

Jika memilih untuk melakukan aqiqah dengan sapi, hal tersebut tidak dilarang asalkan sesuai dengan kemampuan dan tidak merugikan kepentingan anak dan keluarga.

Sebagai alternatif, bisa melakukan aqiqah dengan kambing atau domba saja dan menyedekahkan uang yang seharusnya digunakan untuk membeli sapi. Hal ini lebih dianjurkan karena lebih sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW.

Keutamaan Aqiqah

Aqiqah memiliki banyak keutamaan diantaranya sebagai bentuk syukur atas kelahiran anak, sebagai wujud ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah SWT, sebagai penebus dosa, sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, dan sebagai sarana mengenalkan anak pada keluarga dan masyarakat.

Dalam aqiqah, selain melakukan penyembelihan hewan, juga dilakukan syiar Islam seperti membaca doa, mengumandangkan azan di telinga bayi, dan memberikan nama pada bayi. Hal ini menjadi momen yang berharga bagi keluarga dalam mengenalkan anak pada agama Islam.

Kesimpulan

Secara syariat, aqiqah bisa dilakukan dengan kambing atau domba maupun sapi. Namun, penggunaan sapi tidak dianjurkan karena lebih mahal dan sulit didapatkan. Lebih baik melakukan aqiqah dengan kambing atau domba saja dan menyedekahkan uang yang seharusnya digunakan untuk membeli sapi. Aqiqah memiliki banyak keutamaan dan menjadi momen berharga bagi keluarga dalam mengenalkan anak pada agama Islam.

Artikel Bolehkah Aqiqah dengan Sapi?

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM