TEKNOBGT
Macam-macam Bullying: Kenali Jenis-Jenisnya
Macam-macam Bullying: Kenali Jenis-Jenisnya

Macam-macam Bullying: Kenali Jenis-Jenisnya

Bullying merupakan tindakan yang tidak bisa diterima di dalam masyarakat. Bullying dapat terjadi di mana saja dan kapan saja, baik itu di rumah, sekolah, atau di tempat kerja. Bullying sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini adalah macam-macam bullying yang perlu kita ketahui.

1. Verbal Bullying

Verbal bullying adalah jenis bullying yang dilakukan dengan cara mempermalukan atau menjatuhkan seseorang melalui kata-kata. Contohnya adalah mengolok-olok seseorang, mengucapkan kata-kata kasar dan tidak sopan, dan mengancam seseorang.

2. Fisik Bullying

Fisik bullying adalah jenis bullying yang dilakukan dengan cara melakukan kekerasan fisik terhadap seseorang. Contohnya adalah memukul, menendang, atau merobek pakaian seseorang dengan paksa.

3. Relasional Bullying

Relasional bullying adalah jenis bullying yang dilakukan dengan cara memutuskan hubungan sosial seseorang dengan teman-temannya. Contohnya adalah menyebarkan berita bohong mengenai seseorang, menjauhkan seseorang dari kelompok, atau membuat seseorang merasa tidak diinginkan di dalam sebuah kelompok.

4. Cyber Bullying

Cyber bullying adalah jenis bullying yang dilakukan melalui media sosial atau internet. Contohnya adalah mengirimkan pesan yang mengandung kata-kata kasar, menyebarkan foto atau video yang tidak pantas, atau mengancam seseorang melalui media sosial.

5. Sexual Bullying

Sexual bullying adalah jenis bullying yang dilakukan dengan cara mengintimidasi atau mempermalukan seseorang secara seksual. Contohnya adalah mencubit atau meremas payudara seseorang, membuat komentar seksual yang tidak pantas, atau mempermalukan seseorang di depan umum secara seksual.

6. Rasis Bullying

Rasis bullying adalah jenis bullying yang dilakukan dengan cara mempermalukan atau menjatuhkan seseorang berdasarkan perbedaan agama, ras, atau etnis. Contohnya adalah merendahkan seseorang hanya karena berbeda keyakinan atau warna kulit.

7. Homophobia Bullying

Homophobia bullying adalah jenis bullying yang dilakukan dengan cara mempermalukan atau menjatuhkan seseorang yang memiliki orientasi seksual yang berbeda. Contohnya adalah memanggil seseorang dengan sebutan yang tidak pantas atau membuat lelucon yang merendahkan seseorang yang memiliki orientasi seksual yang berbeda.

8. Disability Bullying

Disability bullying adalah jenis bullying yang dilakukan dengan cara mempermalukan atau menjatuhkan seseorang yang memiliki kecacatan fisik atau mental. Contohnya adalah memanggil seseorang dengan sebutan yang tidak pantas atau membuat lelucon yang merendahkan seseorang yang memiliki kecacatan fisik atau mental.

9. Prejudice Bullying

Prejudice bullying adalah jenis bullying yang dilakukan dengan cara mempermalukan atau menjatuhkan seseorang berdasarkan stereotip atau prasangka yang tidak benar. Contohnya adalah mempermalukan seseorang yang berbeda agama atau budaya dengan kita hanya karena kita memiliki prasangka yang salah terhadap mereka.

10. Political Bullying

Political bullying adalah jenis bullying yang dilakukan dengan cara mempermalukan atau menjatuhkan seseorang karena perbedaan pandangan politik. Contohnya adalah mempermalukan seseorang karena pandangan politiknya berbeda dengan kita atau membuat propaganda yang merendahkan seseorang karena pandangan politiknya.

Kesimpulan

Dalam masyarakat, bullying merupakan tindakan yang tidak bisa diterima. Oleh karena itu, kita perlu mengenali jenis-jenis bullying yang ada agar bisa lebih waspada dan menghindari tindakan-tindakan tersebut. Kita juga perlu mengajari anak-anak kita bagaimana cara mengenali dan menghindari bullying agar mereka tidak menjadi korban atau pelaku bullying di masa depan.

ArtikelMacam-macam Bullying: Kenali Jenis-Jenisnya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM