TEKNOBGT
Hewan Endemik di Pulau Jawa
Hewan Endemik di Pulau Jawa

Hewan Endemik di Pulau Jawa

Pulau Jawa menjadi salah satu pulau yang memiliki keunikan tersendiri di Indonesia. Selain sebagai pulau dengan penduduk terpadat di Indonesia, Pulau Jawa juga memiliki berbagai jenis hewan endemik yang hanya bisa ditemukan di Pulau Jawa. Berikut adalah beberapa hewan endemik di Pulau Jawa yang perlu kamu ketahui.

1. Banteng Jawa

Banteng Jawa atau dikenal juga sebagai bos javanicus adalah spesies banteng yang endemik di Pulau Jawa. Banteng Jawa memiliki ciri khas berupa tanduk yang melengkung ke atas dan hampir membentuk lingkaran. Habitat asli banteng Jawa adalah di hutan tropis yang lebat dan rawa-rawa. Sayangnya, populasi banteng Jawa semakin menurun dan dikategorikan sebagai hewan yang dilindungi.

2. Surili

Surili atau dikenal juga sebagai lutung jawa adalah salah satu primata endemik di Pulau Jawa. Surili memiliki ciri khas berupa bulu berwarna hitam dengan perut berwarna putih. Habitat asli surili adalah di hutan tropis dataran rendah dan pegunungan yang lembab. Sayangnya, populasi surili semakin menurun dan dikategorikan sebagai hewan yang dilindungi.

3. Kancil Jawa

Kancil Jawa atau dikenal juga sebagai Tragulus javanicus adalah spesies kancil yang endemik di Pulau Jawa. Kancil Jawa memiliki ciri khas berupa tubuh yang kecil dan kaki yang pendek. Habitat asli kancil Jawa adalah di hutan tropis dataran rendah dan pegunungan yang lembab. Sayangnya, populasi kancil Jawa semakin menurun dan dikategorikan sebagai hewan yang dilindungi.

4. Owa Jawa

Owa Jawa atau dikenal juga sebagai Hylobates moloch adalah salah satu primata endemik di Pulau Jawa. Owa Jawa memiliki ciri khas berupa bulu berwarna cokelat kehitaman dan wajah yang hampir tidak berbulu. Habitat asli owa Jawa adalah di hutan tropis dataran rendah dan pegunungan yang lembab. Sayangnya, populasi owa Jawa semakin menurun dan dikategorikan sebagai hewan yang dilindungi.

5. Kijang Jawa

Kijang Jawa atau dikenal juga sebagai Muntiacus muntjak adalah spesies kijang yang endemik di Pulau Jawa. Kijang Jawa memiliki ciri khas berupa tubuh yang kecil dan tanduk yang pendek. Habitat asli kijang Jawa adalah di hutan tropis dataran rendah dan pegunungan yang lembab. Sayangnya, populasi kijang Jawa semakin menurun dan dikategorikan sebagai hewan yang dilindungi.

6. Jalak Bali

Jalak Bali atau dikenal juga sebagai leucopsar rothschildi adalah spesies burung jalak yang endemik di Pulau Jawa. Jalak Bali memiliki ciri khas berupa bulu berwarna putih dengan bercak-bercak hitam di sekitar mata dan telinga. Habitat asli jalak Bali adalah di hutan tropis dataran rendah dan pegunungan yang lembab. Sayangnya, populasi jalak Bali semakin menurun dan dikategorikan sebagai hewan yang dilindungi.

7. Kucing Hutan Jawa

Kucing Hutan Jawa atau dikenal juga sebagai Felis javanensis adalah spesies kucing yang endemik di Pulau Jawa. Kucing Hutan Jawa memiliki ciri khas berupa tubuh yang kecil dan bulu yang tebal. Habitat asli kucing Hutan Jawa adalah di hutan tropis dataran rendah dan pegunungan yang lembab. Sayangnya, populasi kucing Hutan Jawa semakin menurun dan dikategorikan sebagai hewan yang dilindungi.

8. Kelelawar Jawa

Kelelawar Jawa atau dikenal juga sebagai Hipposideros ridleyi adalah spesies kelelawar yang endemik di Pulau Jawa. Kelelawar Jawa memiliki ciri khas berupa telinga yang besar dan bulu yang tebal. Habitat asli kelelawar Jawa adalah di gua-gua di sekitar hutan tropis dataran rendah dan pegunungan yang lembab. Sayangnya, populasi kelelawar Jawa semakin menurun dan dikategorikan sebagai hewan yang dilindungi.

9. Merak Jawa

Merak Jawa atau dikenal juga sebagai Pavo muticus muticus adalah spesies burung merak yang endemik di Pulau Jawa. Merak Jawa memiliki ciri khas berupa bulu berwarna hijau dan biru dengan bulu ekor yang panjang dan indah. Habitat asli merak Jawa adalah di hutan tropis dataran rendah dan pegunungan yang lembab. Sayangnya, populasi merak Jawa semakin menurun dan dikategorikan sebagai hewan yang dilindungi.

10. Penyu Belimbing

Penyu Belimbing atau dikenal juga sebagai Chelonia mydas adalah spesies penyu hijau yang endemik di Pulau Jawa. Penyu Belimbing memiliki ciri khas berupa cangkang yang lebar dan bulat dengan warna hijau kecokelatan. Habitat asli penyu Belimbing adalah di pantai-pantai di sekitar Pulau Jawa. Sayangnya, populasi penyu Belimbing semakin menurun dan dikategorikan sebagai hewan yang dilindungi.

Kesimpulan

Pulau Jawa memiliki berbagai jenis hewan endemik yang perlu kita jaga dan lestarikan. Sayangnya, populasi hewan-hewan endemik tersebut semakin menurun dan dikategorikan sebagai hewan yang dilindungi. Oleh karena itu, mari kita jaga kelestarian hewan-hewan endemik tersebut agar tetap dapat ditemukan di Pulau Jawa untuk generasi yang akan datang.

Artikel Hewan Endemik di Pulau Jawa

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM