TEKNOBGT
Arti dari Surat An-Nas
Arti dari Surat An-Nas

Arti dari Surat An-Nas

Pengenalan Surat An-Nas

Surat An-Nas atau disebut juga dengan Surat Al-Mu’awwidzatain merupakan surat ke-114 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari enam ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyah. Surat An-Nas dianggap sebagai sebuah doa perlindungan bagi umat Islam, karena surat ini merupakan doa untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala jenis gangguan dan bahaya.

Bahasa dari Surat An-Nas

Bahasa yang digunakan dalam Surat An-Nas sangat sederhana. Dalam surat ini, Allah SWT menggunakan kata ‘nas’ yang berarti manusia untuk menyatakan bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan manusia, baik itu baik maupun buruk, berasal dari Allah SWT. Dalam surat ini juga terdapat penggunaan kata ‘waswas’ yang berarti bisikan jahat yang berasal dari setan.

Tafsir dari Surat An-Nas

Tafsir dari Surat An-Nas adalah doa perlindungan dari segala jenis gangguan dan bahaya yang berasal dari setan atau manusia. Surat ini juga mengajarkan untuk menghindari godaan setan dan untuk selalu berlindung kepada Allah SWT dari segala jenis kejahatan.

Ayat Pertama dari Surat An-Nas

Ayat pertama dari Surat An-Nas adalah “Qul a’udzubirabbinnas” yang berarti “Katakanlah, aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia”. Dalam ayat ini, Allah SWT mengajarkan untuk selalu berlindung kepada-Nya dari segala jenis bahaya dan gangguan yang berasal dari manusia.

Ayat Kedua dari Surat An-Nas

Ayat kedua dari Surat An-Nas adalah “Malikin nas” yang berarti “Raja manusia”. Dalam ayat ini, Allah SWT mengajarkan bahwa hanya Dia-lah Raja dan Pelindung manusia.

Ayat Ketiga dari Surat An-Nas

Ayat ketiga dari Surat An-Nas adalah “Illahin nas” yang berarti “Sesembahan manusia”. Dalam ayat ini, Allah SWT mengajarkan bahwa hanya Dia-lah satu-satunya Tuhan yang harus disembah dan dijadikan tujuan hidup.

Ayat Keempat dari Surat An-Nas

Ayat keempat dari Surat An-Nas adalah “Min syarril waswasiil khannaas” yang berarti “Dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi”. Dalam ayat ini, Allah SWT mengajarkan untuk berlindung kepada-Nya dari segala jenis bisikan jahat yang berasal dari setan.

Ayat Kelima dari Surat An-Nas

Ayat kelima dari Surat An-Nas adalah “Alladzi yuwaswisu fi suduurinnaas” yang berarti “Yang membisikkan kejahatan ke dalam dada manusia”. Dalam ayat ini, Allah SWT mengajarkan bahwa setan selalu membisikkan kejahatan ke dalam hati manusia, sehingga manusia harus selalu berlindung kepada-Nya dari setan.

Ayat Keenam dari Surat An-Nas

Ayat keenam dari Surat An-Nas adalah “Minal jinnati wannas” yang berarti “Dari (golongan) jin dan manusia”. Dalam ayat ini, Allah SWT mengajarkan bahwa bahaya tidak hanya berasal dari setan, tetapi juga dari manusia dan jin.

Makna dan Pentingnya Surat An-Nas

Surat An-Nas memiliki makna dan pentingnya yang sangat besar bagi umat Islam. Surat ini mengajarkan untuk selalu berlindung kepada Allah SWT dari segala jenis bahaya dan gangguan yang berasal dari setan atau manusia. Selain itu, surat ini juga mengajarkan untuk menghindari godaan setan dan untuk selalu berlindung kepada Allah SWT dari segala jenis kejahatan.

Manfaat Membaca Surat An-Nas

Manfaat membaca Surat An-Nas adalah untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala jenis bahaya dan gangguan yang berasal dari setan atau manusia. Selain itu, membaca Surat An-Nas juga dapat memberikan ketenangan dan ketentraman hati, serta meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Waktu Yang Tepat Untuk Membaca Surat An-Nas

Waktu yang tepat untuk membaca Surat An-Nas adalah kapan saja ketika membutuhkan perlindungan dari Allah SWT. Selain itu, Surat An-Nas juga sering dibaca pada saat pagi dan sore hari sebagai doa perlindungan sebelum memulai aktivitas.

Cara Membaca Surat An-Nas

Cara membaca Surat An-Nas adalah dengan memulai dengan membaca “Bismillahirrahmanirrahim” kemudian membaca ayat-ayat Surat An-Nas sebanyak tiga kali. Setelah selesai membaca, disarankan untuk mengucapkan “Amin” sebagai tanda kesungguhan doa.

Kesimpulan

Dalam surat An-Nas, Allah SWT mengajarkan untuk selalu berlindung kepada-Nya dari segala jenis bahaya dan gangguan yang berasal dari setan atau manusia. Surat ini juga mengajarkan untuk menghindari godaan setan dan untuk selalu berlindung kepada Allah SWT dari segala jenis kejahatan. Oleh karena itu, membaca Surat An-Nas dapat memberikan ketenangan dan ketentraman hati, serta meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Artikel Arti dari Surat An-Nas

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM