Macam-Macam Stratifikasi Sosial
Macam-Macam Stratifikasi Sosial

Macam-Macam Stratifikasi Sosial

Stratifikasi sosial adalah suatu proses pengelompokan masyarakat berdasarkan perbedaan status, kekuasaan, dan kekayaan. Dalam stratifikasi sosial, terdapat beberapa jenis strata atau lapisan sosial yang membedakan suatu individu dengan individu lainnya. Berikut adalah macam-macam stratifikasi sosial yang ada di Indonesia.

1. Stratifikasi Sosial Berdasarkan Kekayaan

Stratifikasi sosial berdasarkan kekayaan adalah suatu bentuk pengelompokan masyarakat berdasarkan jumlah harta benda atau kekayaan yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Kelompok yang memiliki kekayaan yang lebih banyak akan berada di lapisan sosial yang lebih tinggi. Adapun kelompok yang memiliki kekayaan sedikit akan berada di lapisan sosial yang lebih rendah.

2. Stratifikasi Sosial Berdasarkan Pendidikan

Stratifikasi sosial berdasarkan pendidikan adalah suatu bentuk pengelompokan masyarakat berdasarkan tingkat pendidikan yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Individu atau kelompok yang memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi akan berada di lapisan sosial yang lebih tinggi. Sedangkan individu atau kelompok yang memiliki tingkat pendidikan yang lebih rendah akan berada di lapisan sosial yang lebih rendah.

3. Stratifikasi Sosial Berdasarkan Status Sosial

Stratifikasi sosial berdasarkan status sosial adalah suatu bentuk pengelompokan masyarakat berdasarkan kedudukan sosial yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Individu atau kelompok yang memiliki status sosial yang lebih tinggi akan berada di lapisan sosial yang lebih tinggi. Sedangkan individu atau kelompok yang memiliki status sosial yang lebih rendah akan berada di lapisan sosial yang lebih rendah.

4. Stratifikasi Sosial Berdasarkan Agama

Stratifikasi sosial berdasarkan agama adalah suatu bentuk pengelompokan masyarakat berdasarkan agama yang dianut oleh individu atau kelompok. Individu atau kelompok yang memiliki agama yang sama akan cenderung berkumpul atau berada di lapisan sosial yang sama.

5. Stratifikasi Sosial Berdasarkan Etnis

Stratifikasi sosial berdasarkan etnis adalah suatu bentuk pengelompokan masyarakat berdasarkan suku bangsa atau etnis yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Individu atau kelompok yang memiliki suku bangsa atau etnis yang sama akan cenderung berkumpul atau berada di lapisan sosial yang sama.

6. Stratifikasi Sosial Berdasarkan Jenis Kelamin

Stratifikasi sosial berdasarkan jenis kelamin adalah suatu bentuk pengelompokan masyarakat berdasarkan jenis kelamin yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Individu atau kelompok yang memiliki jenis kelamin yang sama akan cenderung berkumpul atau berada di lapisan sosial yang sama.

7. Stratifikasi Sosial Berdasarkan Profesi

Stratifikasi sosial berdasarkan profesi adalah suatu bentuk pengelompokan masyarakat berdasarkan profesi yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Individu atau kelompok yang memiliki profesi yang sama akan cenderung berkumpul atau berada di lapisan sosial yang sama.

8. Stratifikasi Sosial Berdasarkan Kekuasaan

Stratifikasi sosial berdasarkan kekuasaan adalah suatu bentuk pengelompokan masyarakat berdasarkan kekuasaan yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Individu atau kelompok yang memiliki kekuasaan yang lebih besar akan berada di lapisan sosial yang lebih tinggi. Sedangkan individu atau kelompok yang memiliki kekuasaan yang lebih kecil akan berada di lapisan sosial yang lebih rendah.

9. Stratifikasi Sosial Berdasarkan Umur

Stratifikasi sosial berdasarkan umur adalah suatu bentuk pengelompokan masyarakat berdasarkan umur yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Individu atau kelompok yang memiliki umur yang sama akan cenderung berkumpul atau berada di lapisan sosial yang sama.

10. Stratifikasi Sosial Berdasarkan Kesehatan

Stratifikasi sosial berdasarkan kesehatan adalah suatu bentuk pengelompokan masyarakat berdasarkan kondisi kesehatan yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Individu atau kelompok yang memiliki kondisi kesehatan yang lebih baik akan cenderung berkumpul atau berada di lapisan sosial yang sama.

11. Stratifikasi Sosial Berdasarkan Gaya Hidup

Stratifikasi sosial berdasarkan gaya hidup adalah suatu bentuk pengelompokan masyarakat berdasarkan gaya hidup yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Individu atau kelompok yang memiliki gaya hidup yang sama akan cenderung berkumpul atau berada di lapisan sosial yang sama.

12. Stratifikasi Sosial Berdasarkan Keanggotaan Organisasi

Stratifikasi sosial berdasarkan keanggotaan organisasi adalah suatu bentuk pengelompokan masyarakat berdasarkan keanggotaan organisasi yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Individu atau kelompok yang memiliki keanggotaan organisasi yang sama akan cenderung berkumpul atau berada di lapisan sosial yang sama.

13. Stratifikasi Sosial Berdasarkan Pilihan Politik

Stratifikasi sosial berdasarkan pilihan politik adalah suatu bentuk pengelompokan masyarakat berdasarkan pilihan politik yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Individu atau kelompok yang memiliki pilihan politik yang sama akan cenderung berkumpul atau berada di lapisan sosial yang sama.

14. Stratifikasi Sosial Berdasarkan Keahlian

Stratifikasi sosial berdasarkan keahlian adalah suatu bentuk pengelompokan masyarakat berdasarkan keahlian atau kemampuan yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Individu atau kelompok yang memiliki keahlian atau kemampuan yang sama akan cenderung berkumpul atau berada di lapisan sosial yang sama.

15. Stratifikasi Sosial Berdasarkan Pengalaman Hidup

Stratifikasi sosial berdasarkan pengalaman hidup adalah suatu bentuk pengelompokan masyarakat berdasarkan pengalaman hidup yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Individu atau kelompok yang memiliki pengalaman hidup yang sama akan cenderung berkumpul atau berada di lapisan sosial yang sama.

16. Stratifikasi Sosial Berdasarkan Kepemilikan Tanah

Stratifikasi sosial berdasarkan kepemilikan tanah adalah suatu bentuk pengelompokan masyarakat berdasarkan kepemilikan tanah yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Individu atau kelompok yang memiliki tanah yang lebih luas akan berada di lapisan sosial yang lebih tinggi. Sedangkan individu atau kelompok yang memiliki tanah yang lebih kecil akan berada di lapisan sosial yang lebih rendah.

17. Stratifikasi Sosial Berdasarkan Pekerjaan

Stratifikasi sosial berdasarkan pekerjaan adalah suatu bentuk pengelompokan masyarakat berdasarkan jenis pekerjaan yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Individu atau kelompok yang memiliki jenis pekerjaan yang lebih penting akan berada di lapisan sosial yang lebih tinggi. Sedangkan individu atau kelompok yang memiliki jenis pekerjaan yang kurang penting akan berada di lapisan sosial yang lebih rendah.

18. Stratifikasi Sosial Berdasarkan Kepercayaan

Stratifikasi sosial berdasarkan kepercayaan adalah suatu bentuk pengelompokan masyarakat berdasarkan

Artikel Macam-Macam Stratifikasi Sosial

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM