Singkatan ASEAN
Singkatan ASEAN

Singkatan ASEAN

ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967, ASEAN merupakan organisasi regional yang terdiri dari 10 negara di Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai singkatan-singkatan dari ASEAN:

1. AFTA

AFTA merupakan singkatan dari ASEAN Free Trade Area atau Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN. Tujuan dari AFTA adalah menciptakan pasar bebas di antara negara-negara anggota ASEAN dengan menghapuskan hambatan-hambatan perdagangan seperti tarif dan quota. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Tenggara.

2. AEC

AEC adalah singkatan dari ASEAN Economic Community atau Komunitas Ekonomi ASEAN. AEC bertujuan untuk meningkatkan integrasi ekonomi di antara negara-negara anggota ASEAN dengan cara meningkatkan perdagangan, investasi, dan mobilitas tenaga kerja di kawasan tersebut. AEC juga diharapkan dapat membuka peluang bisnis baru bagi para pelaku usaha dari seluruh dunia.

3. ARF

ARF merupakan singkatan dari ASEAN Regional Forum atau Forum Regional ASEAN. ARF adalah forum dialog multilateral yang diikuti oleh 27 negara di kawasan Asia Pasifik, termasuk 10 negara anggota ASEAN. Tujuan dari ARF adalah untuk mempererat hubungan antarnegara dengan cara memperkuat kerjasama di bidang politik dan keamanan.

4. ASCC

ASCC adalah singkatan dari ASEAN Socio-Cultural Community atau Komunitas Sosial-Budaya ASEAN. ASCC bertujuan untuk meningkatkan integrasi sosial dan budaya di antara negara-negara anggota ASEAN dengan cara mempromosikan kerjasama di bidang pendidikan, kesehatan, kebudayaan, lingkungan hidup, dan hak asasi manusia.

5. ASEAN-China FTA

ASEAN-China FTA adalah singkatan dari ASEAN-China Free Trade Area atau Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN-China. Seperti halnya AFTA, ASEAN-China FTA bertujuan untuk menciptakan pasar bebas di antara negara-negara anggota ASEAN dan China dengan menghapuskan hambatan-hambatan perdagangan.

6. ASEAN-Japan FTA

ASEAN-Japan FTA adalah singkatan dari ASEAN-Japan Free Trade Area atau Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN-Jepang. Tujuan dari ASEAN-Japan FTA sama dengan AFTA dan ASEAN-China FTA, yaitu menciptakan pasar bebas di antara negara-negara anggota ASEAN dan Jepang.

7. EAS

EAS adalah singkatan dari East Asia Summit atau KTT Asia Timur. EAS merupakan forum dialog multilateral yang diikuti oleh 18 negara di kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur. Tujuan dari EAS adalah untuk mempererat hubungan antarnegara dengan cara memperkuat kerjasama di bidang politik, ekonomi, dan keamanan.

8. OAE

OAE adalah singkatan dari Organisation of the ASEAN States atau Organisasi Negara-Negara ASEAN. Meskipun nama OAE mirip dengan nama ASEAN, sebenarnya OAE bukanlah organisasi yang sama dengan ASEAN. OAE merupakan organisasi yang dibentuk pada tahun 1961 oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand sebagai upaya untuk meningkatkan kerjasama di bidang ekonomi dan sosial.

9. TAC

TAC adalah singkatan dari Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia atau Perjanjian Persahabatan dan Kerjasama di Asia Tenggara. TAC merupakan perjanjian yang ditandatangani oleh negara-negara anggota ASEAN pada tanggal 24 Februari 1976. Tujuan dari TAC adalah untuk memperkuat kerjasama di bidang politik dan keamanan di antara negara-negara anggota ASEAN.

10. ADMM

ADMM adalah singkatan dari ASEAN Defence Ministers’ Meeting atau Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN. ADMM merupakan forum dialog multilateral yang diikuti oleh menteri-menteri pertahanan dari negara-negara anggota ASEAN. Tujuan dari ADMM adalah untuk memperkuat kerjasama di bidang pertahanan dan keamanan di kawasan Asia Tenggara.

11. APT

APT adalah singkatan dari ASEAN Plus Three atau ASEAN Ditambah Tiga. Tiga negara yang dimaksud adalah Jepang, Korea Selatan, dan China. Tujuan dari APT adalah untuk memperkuat kerjasama di bidang ekonomi, politik, dan keamanan di antara negara-negara anggota ASEAN dan ketiga negara tersebut.

12. ARISE

ARISE adalah singkatan dari ASEAN Regional Integration Support from Europe atau Dukungan Integrasi Regional ASEAN dari Eropa. ARISE merupakan program kerjasama antara ASEAN dan Uni Eropa yang bertujuan untuk mempercepat proses integrasi ekonomi di kawasan Asia Tenggara.

13. ARCID

ARCID adalah singkatan dari ASEAN Regional Centre for Infectious Diseases atau Pusat Regional ASEAN untuk Penyakit Menular. ARCID didirikan pada tahun 1995 sebagai upaya untuk mengatasi masalah kesehatan di kawasan Asia Tenggara, terutama dalam hal penanggulangan penyakit menular.

14. ASEAN-India FTA

ASEAN-India FTA adalah singkatan dari ASEAN-India Free Trade Area atau Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN-India. Tujuan dari ASEAN-India FTA sama dengan AFTA, ASEAN-China FTA, dan ASEAN-Japan FTA, yaitu menciptakan pasar bebas di antara negara-negara anggota ASEAN dan India.

15. ASEAN-Korea FTA

ASEAN-Korea FTA adalah singkatan dari ASEAN-Korea Free Trade Area atau Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN-Korea. Tujuan dari ASEAN-Korea FTA sama dengan AFTA, ASEAN-China FTA, ASEAN-Japan FTA, dan ASEAN-India FTA, yaitu menciptakan pasar bebas di antara negara-negara anggota ASEAN dan Korea Selatan.

16. ASEAN Secretariat

ASEAN Secretariat adalah lembaga yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan semua kegiatan ASEAN. Bermarkas di Jakarta, Indonesia, ASEAN Secretariat didirikan pada tahun 1976 dan terdiri dari staf dari seluruh negara anggota ASEAN.

17. ASEAN Way

ASEAN Way adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan cara-cara ASEAN dalam menjalankan hubungan antarnegara. Beberapa prinsip yang termasuk dalam ASEAN Way antara lain musyawarah untuk mufakat, tidak campur tangan dalam urusan dalam negeri, dan mengutamakan kerjasama dan persahabatan.

18. ERIA

ERIA adalah singkatan dari Economic Research Institute for ASEAN and East Asia atau Institut Penelitian Ekonomi untuk ASEAN dan Asia Timur. ERIA didirikan pada tahun 2008 sebagai upaya untuk mendukung integrasi ekonomi di kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur melalui penelitian dan pengembangan.

19. SEOM

SEOM adalah singkatan dari Senior Economic Officials Meeting atau Pertemuan Pejabat Ekonomi Senior. SEOM merupakan forum yang diikuti oleh para pejabat ekonomi dari negara-negara anggota ASEAN. Tujuan dari SEOM adalah untuk mempersiapkan ke

Artikel Singkatan ASEAN

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM