Nisab Zakat Kambing: Cara Menghitung dan Membayar Zakat Hewan Ternak
Nisab Zakat Kambing: Cara Menghitung dan Membayar Zakat Hewan Ternak

Nisab Zakat Kambing: Cara Menghitung dan Membayar Zakat Hewan Ternak

Sebagai seorang muslim, wajib hukumnya untuk membayar zakat sebagai bentuk kewajiban dalam agama Islam. Salah satu jenis zakat yang harus dibayarkan adalah zakat hewan ternak, termasuk di dalamnya adalah kambing. Namun, sebelum membayar zakat kambing, kita harus mengetahui terlebih dahulu mengenai nisab zakat kambing.

Nisab Zakat Kambing

Nisab zakat kambing adalah jumlah minimal kepemilikan hewan kambing yang harus dimiliki oleh seseorang agar wajib membayar zakat. Menurut pendapat mayoritas ulama, nisab zakat kambing adalah sebanyak 40 ekor kambing. Jadi, jika seseorang memiliki kurang dari 40 ekor kambing, maka ia tidak wajib membayar zakat. Namun jika seseorang memiliki 40 ekor kambing atau lebih, maka ia harus membayar zakat.

Adapun besaran zakat kambing yang harus dibayarkan adalah sebanyak 1 ekor kambing yang berusia di atas 1 tahun untuk setiap 40 ekor kambing yang dimiliki. Jadi, jika seseorang memiliki 80 ekor kambing, maka ia harus membayar zakat sebanyak 2 ekor kambing yang berusia di atas 1 tahun.

Cara Menghitung Zakat Kambing

Untuk menghitung zakat kambing, pertama-tama kita harus mengetahui berapa jumlah kambing yang dimiliki. Setelah itu, kita bisa menghitung berapa banyak zakat yang harus dibayarkan berdasarkan nisab dan besaran zakat kambing yang telah dijelaskan sebelumnya.

Contohnya, jika seseorang memiliki 50 ekor kambing, maka ia harus membayar zakat sebanyak 1 ekor kambing yang berusia di atas 1 tahun. Namun jika seseorang memiliki 120 ekor kambing, maka ia harus membayar zakat sebanyak 3 ekor kambing yang berusia di atas 1 tahun.

Cara Membayar Zakat Kambing

Setelah menghitung zakat kambing yang harus dibayarkan, selanjutnya adalah membayar zakat tersebut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membayar zakat kambing, di antaranya:

1. Memberikan kambing yang harus dibayarkan zakat kepada orang yang berhak menerima zakat, seperti fakir miskin dan mustahik.

2. Membayar dengan uang tunai yang setara dengan harga kambing yang harus dibayarkan zakat.

3. Membayar dengan cara membeli kambing yang seharga dengan jumlah zakat yang harus dibayarkan, kemudian kambing tersebut diberikan kepada orang yang berhak menerima zakat.

Waktu Pembayaran Zakat Kambing

Waktu pembayaran zakat kambing adalah setiap tahun pada bulan Dzulhijjah, yaitu bulan ke-12 dalam kalender Hijriyah. Namun, jika seseorang belum sempat membayar zakat kambing pada bulan Dzulhijjah, maka ia masih bisa membayar zakat tersebut pada bulan-bulan berikutnya.

Keutamaan Membayar Zakat Kambing

Membayar zakat kambing memiliki banyak keutamaan di antaranya:

1. Mendapat pahala dari Allah SWT.

2. Membersihkan harta dari sifat serakah dan tamak.

3. Menolong orang yang membutuhkan, seperti fakir miskin dan mustahik.

4. Menjaga kelestarian lingkungan karena dengan memiliki hewan ternak, kita bisa menghasilkan pupuk organik dan mengurangi sampah organik.

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai nisab zakat kambing, cara menghitung, membayar, dan keutamaannya. Sebagai seorang muslim, sudah seharusnya kita membayar zakat sebagai bentuk kewajiban dalam agama Islam dan membantu sesama yang membutuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Artikel Nisab Zakat Kambing: Cara Menghitung dan Membayar Zakat Hewan Ternak

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM