TEKNOBGT
Benua Afrika dan Ibukotanya
Benua Afrika dan Ibukotanya

Benua Afrika dan Ibukotanya

Afrika adalah benua terbesar kedua di dunia setelah Asia. Benua ini terletak di belahan bumi selatan dan sebagian besar wilayahnya terdiri dari gurun pasir yang sangat luas. Meskipun demikian, Afrika dikenal sebagai benua yang memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi.

Ibukota Afrika Utara

Di Afrika Utara terdapat beberapa negara seperti Mesir, Maroko, Aljazair, Libya, dan Tunisia. Setiap negara di Afrika Utara memiliki ibukota masing-masing. Mesir memiliki ibukota di Kairo, Maroko di Rabat, Aljazair di Algiers, Libya di Tripoli, dan Tunisia di Tunis.

Ibukota Afrika Barat

Afrika Barat merupakan wilayah yang terletak di sebelah barat benua Afrika. Beberapa negara di wilayah ini antara lain Nigeria, Ghana, Senegal, dan Mali. Setiap negara di Afrika Barat juga memiliki ibukota masing-masing. Nigeria memiliki ibukota di Abuja, Ghana di Accra, Senegal di Dakar, dan Mali di Bamako.

Ibukota Afrika Tengah

Afrika Tengah terdiri dari beberapa negara seperti Republik Afrika Tengah, Kongo, dan Kamerun. Setiap negara di Afrika Tengah juga memiliki ibukota masing-masing. Republik Afrika Tengah memiliki ibukota di Bangui, Kongo di Brazzaville, dan Kamerun di Yaounde.

Ibukota Afrika Selatan

Afrika Selatan terdiri dari beberapa negara seperti Afrika Selatan, Zimbabwe, dan Namibia. Setiap negara di Afrika Selatan juga memiliki ibukota masing-masing. Afrika Selatan memiliki ibukota di Pretoria, Zimbabwe di Harare, dan Namibia di Windhoek.

Ibukota Afrika Timur

Afrika Timur merupakan wilayah yang terletak di sebelah timur benua Afrika. Beberapa negara di wilayah ini antara lain Kenya, Tanzania, dan Somalia. Setiap negara di Afrika Timur juga memiliki ibukota masing-masing. Kenya memiliki ibukota di Nairobi, Tanzania di Dodoma, dan Somalia di Mogadishu.

Ibukota Afrika Selatan-Timur

Afrika Selatan-Timur merupakan wilayah yang terletak di sebelah selatan dan timur benua Afrika. Beberapa negara di wilayah ini antara lain Mozambik, Madagaskar, dan Mauritius. Setiap negara di Afrika Selatan-Timur juga memiliki ibukota masing-masing. Mozambik memiliki ibukota di Maputo, Madagaskar di Antananarivo, dan Mauritius di Port Louis.

Kesimpulan

Benua Afrika memiliki banyak negara yang masing-masing memiliki ibukota. Dari Afrika Utara, Barat, Tengah, Selatan, Timur, hingga Selatan-Timur, setiap wilayah memiliki negara dan ibukotanya sendiri. Meskipun begitu, keanekaragaman budaya dan keindahan alam yang dimiliki oleh benua Afrika adalah sebuah kekayaan yang patut dijaga dan dilestarikan.

Artikel Benua Afrika dan Ibukotanya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM