TEKNOBGT
Contoh Hadis Hasan dan Artinya
Contoh Hadis Hasan dan Artinya

Contoh Hadis Hasan dan Artinya

Hadis adalah salah satu sumber hukum Islam selain Al-Quran. Hadis sendiri merupakan riwayat atau kisah tentang perkataan dan perbuatan Nabi Muhammad SAW yang menjadi pedoman bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah dan perilaku sehari-hari. Di antara kumpulan hadis, ada beberapa yang disebut hadis hasan. Hadis hasan adalah hadis yang dipandang baik dan dapat diterima keabsahannya.

1. Hadis Hasan tentang Kebaikan

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mengajarkan suatu kebaikan, maka dia akan memperoleh pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” (HR Muslim)

Hadis ini mengajarkan kita bahwa mengajarkan kebaikan adalah sesuatu yang sangat berharga. Jika kita mengajarkan kebaikan pada orang lain, maka pahalanya akan sama seperti orang yang melakukan kebaikan tersebut.

2. Hadis Hasan tentang Berbakti kepada Orang Tua

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah mencintai ketika seseorang melakukan suatu pekerjaan, maka ia melakukannya dengan baik. Dan Allah membenci jika ia melakukan suatu pekerjaan, maka ia melakukannya dengan buruk.” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana jika seseorang melakukan suatu pekerjaan untuk Allah dan untuk orang tuanya?” Nabi menjawab, “Ia melakukan pekerjaan itu untuk Allah dan berbakti kepada orang tuanya.” (HR Bukhari dan Muslim)

Hadis ini mengajarkan kita untuk berbakti kepada orang tua. Kita harus selalu melakukan pekerjaan dengan baik dan mengutamakan kepuasan Allah serta orang tua kita.

3. Hadis Hasan tentang Kesabaran

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah Allah memberikan suatu nikmat kepada seorang hamba, kemudian ia mengucapkan ‘Alhamdulillah’ dengan sebenar-benarnya syukur, melainkan Allah akan menambah nikmat tersebut dan tidak akan mengurangi nikmat itu.” (HR Tirmidzi)

Hadis ini mengajarkan kita tentang pentingnya bersyukur dan sabar dalam menghadapi berbagai ujian kehidupan. Jika kita bersyukur dengan sebenar-benarnya syukur, maka Allah akan menambah nikmat-Nya kepada kita.

4. Hadis Hasan tentang Kebersihan

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bersihkanlah tempat yang kalian duduki.” (HR Abu Daud dan Tirmidzi)

Hadis ini mengajarkan kita tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Kita harus selalu membersihkan tempat yang kita duduki agar tetap bersih dan nyaman.

5. Hadis Hasan tentang Berbuat Baik pada Tetangga

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak beriman seseorang di antara kalian, sampai ia mencintai untuk saudaranya apa yang ia cintai untuk dirinya sendiri.” (HR Bukhari dan Muslim)

Hadis ini mengajarkan kita untuk berbuat baik pada tetangga. Kita harus selalu mencintai apa yang kita cintai untuk diri sendiri pada tetangga kita.

6. Hadis Hasan tentang Menegakkan Keadilan

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian saling mendzalimi.” (HR Bukhari dan Muslim)

Hadis ini mengajarkan kita tentang pentingnya menegakkan keadilan dalam berinteraksi dengan sesama. Kita harus selalu menghindari perbuatan dzalim terhadap sesama manusia.

7. Hadis Hasan tentang Menyembunyikan Aib

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat.” (HR Muslim)

Hadis ini mengajarkan kita untuk tidak menyebarkan aib orang lain. Kita harus selalu menutupi aib orang lain agar tidak merusak reputasinya.

8. Hadis Hasan tentang Kebaikan pada Binatang

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Seorang wanita masuk neraka karena seekor kucing yang ia kurung dan tidak diberinya makan sampai mati.” (HR Bukhari dan Muslim)

Hadis ini mengajarkan kita untuk berbuat baik pada binatang. Kita harus selalu memberi makan dan merawat binatang dengan baik agar tidak merusak kehidupannya.

9. Hadis Hasan tentang Memaafkan

Dari Abdullah bin Amr bin Al-‘Ash radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Memaafkan itu lebih baik daripada membalas dendam.” (HR Bukhari)

Hadis ini mengajarkan kita tentang pentingnya memaafkan orang lain. Kita harus selalu memaafkan orang lain yang telah melakukan kesalahan pada kita.

10. Hadis Hasan tentang Menjaga Lisan

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka janganlah ia berkata kecuali yang baik atau diam.” (HR Bukhari)

Hadis ini mengajarkan kita tentang pentingnya menjaga lisan. Kita harus selalu berbicara dengan baik atau diam jika tidak ada yang baik untuk dikatakan.

11. Hadis Hasan tentang Berbicara dengan Lemah Lembut

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya lemah lembut itu tidak ada pada suatu perkara, melainkan akan memperindahnya. Dan tidak akan dihapuskan kekasaran dari suatu perkara, melainkan akan merusakkannya.” (HR Muslim)

Hadis ini mengajarkan kita untuk berbicara dengan lemah lembut. Kita harus selalu berbicara dengan lemah lembut agar dapat memperindah suatu perkara.

12. Hadis Hasan tentang Menjaga Amanah

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tiga perkara jika ada pada dirimu, maka kamu akan merasakan manisnya iman: menjaga amanah, jujur dalam ucapan, dan menolong orang yang meminta pertolongan walau sedikit.” (HR Bukhari dan Muslim)

Hadis ini mengajarkan kita tentang pentingnya menjaga amanah. Kita harus selalu menjaga amanah agar dapat merasakan manisnya iman.

13. Hadis Hasan tentang Menjaga Silaturahmi

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang ingin diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menjaga silaturahmi.” (HR Bukhari dan Muslim)

Artikel Contoh Hadis Hasan dan Artinya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM