Jumlah Penduduk di Kawasan Asia Tenggara
Jumlah Penduduk di Kawasan Asia Tenggara

Jumlah Penduduk di Kawasan Asia Tenggara

Kawasan Asia Tenggara merupakan kawasan yang terdiri dari 11 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, Laos, Kamboja, Myanmar, Timor Leste, dan Brunei Darussalam. Kawasan ini memiliki luas wilayah sekitar 4,5 juta km² dan memiliki jumlah penduduk yang sangat besar. Berikut adalah ulasan mengenai jumlah penduduk di kawasan Asia Tenggara.

Indonesia

Indonesia adalah negara terpadat di kawasan Asia Tenggara. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2021, jumlah penduduk Indonesia mencapai sekitar 276,5 juta jiwa. Penduduk Indonesia tersebar di seluruh wilayah nusantara, dari Sabang sampai Merauke.

Malaysia

Malaysia merupakan negara di Asia Tenggara yang memiliki jumlah penduduk sekitar 32,9 juta jiwa. Penduduk Malaysia berasal dari berbagai suku dan agama, dengan mayoritas penduduknya adalah orang Melayu.

Singapura

Singapura merupakan negara kota yang memiliki jumlah penduduk sekitar 5,7 juta jiwa. Meskipun memiliki luas wilayah yang kecil, Singapura menjadi salah satu negara maju di dunia dengan perekonomian yang kuat.

Thailand

Thailand memiliki jumlah penduduk sekitar 69,8 juta jiwa. Penduduk Thailand mayoritas adalah orang Thai yang beragama Buddha. Thailand juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler di dunia.

Filipina

Filipina memiliki jumlah penduduk sekitar 110,3 juta jiwa. Filipina terdiri dari berbagai suku dan agama, dengan mayoritas penduduknya adalah orang Katolik.

Vietnam

Vietnam memiliki jumlah penduduk sekitar 98,7 juta jiwa. Penduduk Vietnam mayoritas adalah orang Vietnam yang beragama Buddha dan Katolik.

Laos

Laos memiliki jumlah penduduk sekitar 7,3 juta jiwa. Penduduk Laos mayoritas adalah orang Laos yang beragama Buddha.

Kamboja

Kamboja memiliki jumlah penduduk sekitar 16,7 juta jiwa. Penduduk Kamboja mayoritas adalah orang Khmer yang beragama Buddha.

Myanmar

Myanmar memiliki jumlah penduduk sekitar 54 juta jiwa. Myanmar terdiri dari berbagai suku dan agama, dengan mayoritas penduduknya adalah orang Burma yang beragama Buddha.

Timor Leste

Timor Leste adalah negara yang memiliki jumlah penduduk sekitar 1,3 juta jiwa. Penduduk Timor Leste mayoritas adalah orang Timor Leste yang beragama Katolik.

Brunei Darussalam

Brunei Darussalam adalah negara yang memiliki jumlah penduduk sekitar 459 ribu jiwa. Penduduk Brunei Darussalam mayoritas adalah orang Melayu yang beragama Islam.

Kesimpulan

Jumlah penduduk di kawasan Asia Tenggara sangatlah besar, dengan Indonesia sebagai negara terpadat di kawasan ini. Setiap negara di kawasan Asia Tenggara memiliki kekayaan budaya dan sejarah yang berbeda-beda, yang menjadikan kawasan ini sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler di dunia.

Artikel Jumlah Penduduk di Kawasan Asia Tenggara

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM