Ayat Alquran tentang Kebersihan
Ayat Alquran tentang Kebersihan

Ayat Alquran tentang Kebersihan

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Hal tersebut diungkapkan oleh Rasulullah SAW dalam haditsnya. Oleh karena itu, menjaga kebersihan merupakan suatu kewajiban bagi setiap Muslim. Dalam Alquran, terdapat beberapa ayat yang juga mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan. Berikut ini beberapa ayat Alquran tentang kebersihan:

1. QS. Al-Baqarah ayat 222

“Dan mereka menanyakan kepadamu tentang haidh. Katakanlah: “Haidh itu suatu kotoran.” Oleh karena itu, janganlah kamu mendekati isterimu selama haidh, sampai ia suci kembali. Apabila ia sudah suci, maka campurilah istri-istrimu itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu.”

Ayat ini mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan saat haidh atau menstruasi. Wanita yang sedang menstruasi harus menjaga kebersihan dirinya dan tidak boleh mendekati suami selama masa tersebut.

2. QS. Al-Maidah ayat 6

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan dua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam musafir atau kembali dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, maka kamu tidak mendapat air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya atasmu, supaya kamu bersyukur.”

Ayat ini mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan sebelum mengerjakan shalat. Seorang Muslim harus membersihkan diri dari kotoran dan najis sebelum melakukan ibadah shalat.

3. QS. Al-Ma’arij ayat 4

“Dan orang-orang yang memelihara kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki, maka mereka tidak tercela.”

Ayat ini mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan dalam urusan hubungan intim. Seorang Muslim harus menjaga kemaluannya dan tidak melakukan hubungan seksual dengan orang yang bukan pasangan sahnya.

4. QS. Al-An’am ayat 145

“Katakanlah: “Tidak kuperintahkan kecuali supaya beribadah kepada Allah dengan memurnikan ketaatan pada-Nya dengan mengikhlaskan agama untuk-Nya seorang Hanif, dan tidak mengerjakan syirik dengan apa pun. Dan tidak (pula) mematikan jiwa yang diharamkan Allah, kecuali dengan hak. Yang demikian itu diperintahkan-Nya kepadamu supaya kamu memahaminya.”

Ayat ini mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan hati dan jiwa. Seorang Muslim harus memurnikan ketaatan dan mengikhlaskan agama untuk Allah SWT.

5. QS. Al-Hajj ayat 29

“(Yaitu) orang-orang yang menyembah Tuhan mereka dengan khusyu’ dan takut, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya (dari perbuatan yang tidak baik),”

Ayat ini mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan dalam beribadah. Seorang Muslim harus menyembah Allah SWT dengan khusyuk dan menjaga dirinya dari perbuatan yang tidak baik.

6. QS. Al-Mulk ayat 3-4

“Yang menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah ada suatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah sekali lagi, adakah kamu melihat sesuatu yang tidak seimbang?”

Ayat ini mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Allah SWT menciptakan alam semesta dengan rapi dan seimbang, sehingga manusia juga harus menjaga kebersihan lingkungan agar sesuai dengan kehendak Allah SWT.

7. QS. Al-Kahfi ayat 29

“Dan katakanlah: “Kebenaran itu datang dari Tuhanmu; barangsiapa yang menghendaki (petunjuk), maka hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang mengingkari (maka) sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.”

Ayat ini mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan hati dan pikiran dari kebohongan dan kesesatan. Seorang Muslim harus mempercayai kebenaran yang datang dari Allah SWT dan menjauhi kesesatan dan kebohongan.

8. QS. Al-A’raf ayat 157

“Mereka yang mengikuti Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil, yang menyuruh kepada mereka yang ma’ruf dan melarang dari yang munkar, dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya, menghormatinya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan bersamanya; mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

Ayat ini mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan hati dan pikiran dengan mengikuti ajaran Rasulullah SAW. Seorang Muslim harus mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW dalam menjalankan ibadah dan berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari.

9. QS. Al-Hujurat ayat 11-12

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olokkan); dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olokkan) wanita lain (karena) boleh jadi wanita yang diolok-olokkan itu lebih baik dari wanita yang mengolok-olokkan. Dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil-manggil dengan gelar yang buruk; seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah (memiliki) iman, dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.”

Ayat ini mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan hati dan pikiran dengan tidak mengolok-olokkan atau mencela orang lain. Seorang Muslim harus memperlakukan orang lain dengan baik dan tidak merendahkan atau mempermalukan orang lain.

10. QS. Al-Baqarah ayat 197

“Haji adalah bulan-bulan yang telah ditentukan, barang siapa yang berniat hendak melakukan haji di dalam bulan-bulan itu, maka janganlah ia berhubungan seksual, janganlah berbuat keji dan janganlah berbantah-bantahan di dalam masa haji. Apa yang kamu kerjakan dari kebajikan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. Dan ambillah bekal (untuk perjalanan), sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Oleh itu, bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.”

Ayat ini mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan fisik dan moral saat melakukan ibadah haji. Seorang Muslim harus menjaga dirinya dari perbuatan yang tidak baik, seperti berhubungan seksual atau berbantah-bantahan, saat melakukan ibadah haji.

11. QS. Al-Anfal ayat 29

Artikel Ayat Alquran tentang Kebersihan

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM