Doa Tata Cara Sholat
Doa Tata Cara Sholat

Doa Tata Cara Sholat

Pengertian Sholat

Sholat adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Sholat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan lima kali sehari, yaitu sholat subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya. Sholat juga merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan Allah SWT dan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan.

Tata Cara Sholat

Tata cara sholat terdiri dari beberapa rukun dan syarat yang harus dipenuhi, yaitu niat, takbiratul ihram, berdiri, membaca al-fatihah, ruku, i’tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, tasyahud awal, tasyahud akhir, salam, dan waktu yang tepat. Semua rukun dan syarat ini harus dipenuhi agar sholat kita sah dan diterima oleh Allah SWT.

Doa-doa Sholat

Selain rukun dan syarat sholat, ada juga doa-doa yang harus dibaca saat sholat, yaitu doa iftitah, doa qunut, dan doa saat sujud. Doa iftitah dibaca saat kita mulai sholat, doa qunut dibaca saat sholat subuh sesuai dengan mazhab imam syafii, dan doa saat sujud dibaca saat posisi sujud.

Doa Iftitah

Doa iftitah adalah doa yang dibaca saat kita mulai sholat. Doa iftitah terdiri dari beberapa kalimat, yaitu:- Subhanakallahumma wabihamdika wa tabarakasmuka wa ta’ala jadduka wa la ilaha ghairuk.
– A’udzu billahi minasy-syaithanir rajim.
– Bismillahir rahmanir rahim.

Doa Qunut

Doa qunut adalah doa yang dibaca saat sholat subuh sesuai dengan mazhab imam syafii. Doa qunut terdiri dari beberapa kalimat, yaitu:- Allahumma inna nastainuka wa nastaghfiruka wa nu’minu bika wa natawakkalu ‘alaika wa nuthni ‘alaikal khairi wa nashkuruka wa la nakfuruka wa nakhla’u wa natruku man-y yafjuruka.
– Allahumma iyyaka na’budu wa laka nusalli wa nasjudu wa ilaika nas’a wa nahfidu wa narju rahmataka wa nakhsha ‘azabaka inna ‘azabaka bil kufufi mulhiq.

Doa Saat Sujud

Doa saat sujud adalah doa yang dibaca saat kita berada di posisi sujud. Doa saat sujud terdiri dari beberapa kalimat, yaitu:- Subhanallah wal hamdulillah wa la ilaha illallah wa allahu akbar.
– Allahumma ighfirli warhamni wajburni warfa’ni warzuqni wahdini warzuqni.

Waktu Sholat

Waktu sholat dibagi menjadi lima waktu, yaitu sholat subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya. Waktu sholat subuh dimulai dari terbitnya fajar hingga terbitnya matahari, waktu sholat dzuhur dimulai dari tengah hari hingga matahari tergelincir, waktu sholat ashar dimulai dari setelah dzuhur hingga matahari tergelincir, waktu sholat maghrib dimulai dari matahari tergelincir hingga terbenamnya matahari, dan waktu sholat isya dimulai setelah maghrib hingga tengah malam.

Kesimpulan

Sholat adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Untuk melaksanakan sholat dengan benar, kita harus memahami tata cara sholat dan doa-doa yang harus dibaca saat sholat. Selain itu, kita juga harus memperhatikan waktu sholat yang telah ditentukan. Semoga dengan melaksanakan sholat dengan benar, kita dapat mendapatkan ridho dan keberkahan dari Allah SWT.

Artikel Doa Tata Cara Sholat

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM