Kalimat Tanya Bahasa Inggris
Kalimat Tanya Bahasa Inggris

Kalimat Tanya Bahasa Inggris

Salah satu hal yang perlu dikuasai ketika belajar bahasa Inggris adalah kalimat tanya atau question sentences. Kalimat tanya berfungsi untuk meminta informasi atau menanyakan suatu hal kepada orang lain. Dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa jenis kalimat tanya yang perlu diketahui. Berikut adalah penjelasannya.

1. Yes/No Question

Jenis pertanyaan ini hanya memerlukan jawaban ya atau tidak. Contohnya adalah “Do you like coffee?” atau “Is she coming to the party?”. Biasanya, yes/no question diakhiri dengan tanda tanya (?).

2. WH-Question

Jenis pertanyaan ini meminta informasi lebih spesifik daripada yes/no question. Pertanyaan ini dimulai dengan kata tanya seperti what, where, when, why, who, dan how. Contohnya adalah “What is your name?” atau “Where do you live?”. WH-question juga diakhiri dengan tanda tanya (?).

3. Tag Question

Pertanyaan ini digunakan untuk memperjelas atau memastikan suatu informasi yang sudah diketahui. Tag question biasanya diakhiri dengan kalimat positif atau negatif, kemudian ditambahkan tag seperti “isn’t it?” atau “don’t you?”. Contohnya adalah “You like pizza, don’t you?” atau “She isn’t coming, is she?”.

4. Choice Question

Jenis pertanyaan ini memberikan pilihan kepada orang yang ditanya. Contohnya adalah “Would you like tea or coffee?” atau “Do you want to go to the beach or the park?”. Biasanya, choice question diakhiri dengan tanda tanya (?).

5. Indirect Question

Jenis pertanyaan ini digunakan untuk meminta informasi dengan cara lebih sopan dan tidak langsung. Contohnya adalah “Could you tell me where the nearest bank is?” atau “Do you know when the concert starts?”. Indirect question tidak diakhiri dengan tanda tanya (?), melainkan dengan titik (.) karena lebih mirip dengan kalimat pernyataan.

6. Rhetorical Question

Pertanyaan ini sebenarnya tidak memerlukan jawaban karena sudah jelas jawabannya atau hanya digunakan untuk efek retoris. Contohnya adalah “Do birds fly?” atau “Is the sky blue?”. Rhetorical question biasanya digunakan dalam pidato atau tulisan untuk menarik perhatian pembaca atau pendengar.

Cara Membentuk Kalimat Tanya Bahasa Inggris

Untuk membentuk kalimat tanya dalam bahasa Inggris, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Ubah Susunan Kata

Dalam kalimat tanya, susunan kata biasanya berbeda dengan kalimat pernyataan. Umumnya, kalimat tanya dimulai dengan kata tanya atau kata kerja bantu (auxiliary verb) seperti do, does, did, is, are, am, was, were, have, has, atau had. Contohnya adalah “What time is it?” atau “Did you eat breakfast?”.

2. Gunakan Tanda Tanya

Setelah kalimat tanya selesai, jangan lupa untuk menambahkan tanda tanya (?) di akhir kalimat untuk menunjukkan bahwa itu adalah pertanyaan.

3. Perhatikan Intonasi

Intonasi atau nada suara juga penting dalam kalimat tanya. Ketika Anda menanyakan suatu hal, biasanya intonasi naik pada kata terakhir dalam kalimat. Contohnya adalah “Are you coming to the party?” dengan intonasi naik pada kata “party”.

Kesimpulan

Kalimat tanya sangat penting dalam pembelajaran bahasa Inggris karena membantu kita meminta informasi atau menanyakan suatu hal dengan tepat. Terdapat beberapa jenis kalimat tanya seperti yes/no question, WH-question, tag question, choice question, indirect question, dan rhetorical question. Untuk membentuk kalimat tanya, Anda perlu mengubah susunan kata, menambahkan tanda tanya, dan memperhatikan intonasi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang belajar bahasa Inggris.

Artikel Kalimat Tanya Bahasa Inggris

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM