TEKNOBGT
Kumpulan Dongeng Bahasa Sunda Pendek
Kumpulan Dongeng Bahasa Sunda Pendek

Kumpulan Dongeng Bahasa Sunda Pendek

Dongeng adalah cerita rakyat yang disampaikan dari generasi ke generasi. Dongeng biasanya mengandung pesan moral dan menghibur. Di Indonesia, terdapat banyak sekali dongeng yang tersebar di seluruh daerah. Salah satunya adalah dongeng bahasa Sunda.

Asal Usul Dongeng Bahasa Sunda

Dongeng bahasa Sunda berasal dari Provinsi Jawa Barat. Dongeng ini biasanya disampaikan dari mulut ke mulut dan seringkali diceritakan oleh orang tua kepada anak-anak mereka. Dongeng bahasa Sunda banyak mengandung unsur mitos dan legenda yang menggambarkan kebudayaan Sunda.

Ciri Khas Dongeng Bahasa Sunda

Dongeng bahasa Sunda memiliki ciri khas tersendiri. Bahasa yang digunakan dalam dongeng ini sangat kental dengan logat Sunda. Selain itu, dongeng bahasa Sunda juga mengandung banyak istilah-istilah daerah yang mungkin tidak dimengerti oleh orang dari luar daerah.

Kumpulan Dongeng Bahasa Sunda Pendek

Berikut ini adalah beberapa contoh dongeng bahasa Sunda pendek yang bisa menjadi bahan bacaan untuk anak-anak:

1. Si Kancil dan Ular

Cerita ini bercerita tentang Kancil yang ingin menyebrang sungai. Kancil meminta bantuan pada ular untuk menyebrang. Namun, saat sampai di tengah-tengah sungai, Kancil berhasil memperdaya ular dan menyelamatkan dirinya.

2. Si Burung Beo dan Si Raja

Cerita ini menceritakan tentang burung beo yang bisa menirukan suara manusia. Burung beo ini akhirnya dimiliki oleh seorang raja. Namun, burung beo tersebut malah memberitahu rahasia raja kepada rakyat jelata. Akibatnya, raja sangat marah dan membuang burung beo itu.

3. Si Kancil dan Kera

Cerita ini menceritakan tentang Kancil yang mempunyai kecerdikan dalam memperdaya musuhnya. Kali ini, Kancil berhasil memperdaya kera yang ingin memakan buah-buahan di pohon. Kancil membuat kera tersebut terjebak di dalam gentong dan berhasil melarikan diri.

4. Si Pitung dan Buaya

Cerita ini menceritakan tentang Pitung yang ingin membebaskan temannya dari buaya. Pitung berhasil memperdaya buaya dengan memberikan makanan palsu dan temannya pun berhasil diselamatkan.

5. Si Jampang dan Nenek Si Manis

Cerita ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Jampang yang ingin memperistri Nenek Si Manis. Namun, Nenek Si Manis tidak ingin menerima Jampang sebagai suaminya karena jarak usia yang terlalu jauh. Akhirnya, Jampang berhasil memenangkan hati Nenek Si Manis dengan kecerdikannya.

Kesimpulan

Dongeng bahasa Sunda pendek sangat cocok untuk dibacakan kepada anak-anak. Selain menghibur, dongeng bahasa Sunda juga dapat memberikan pesan moral kepada anak-anak. Dalam dongeng bahasa Sunda, terdapat banyak karakter yang cerdas dan memiliki kepintaran dalam memecahkan masalah. Kumpulan dongeng bahasa Sunda pendek di atas bisa menjadi alternatif bahan bacaan untuk anak-anak di rumah.

Artikel Kumpulan Dongeng Bahasa Sunda Pendek

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM