Piala Uber dan Thomas: Kejuaraan Bulutangkis Terbesar di Dunia
Piala Uber dan Thomas: Kejuaraan Bulutangkis Terbesar di Dunia

Piala Uber dan Thomas: Kejuaraan Bulutangkis Terbesar di Dunia

Bulutangkis merupakan olahraga yang sangat populer di Indonesia. Tidak hanya sebagai kegiatan olahraga, bulutangkis juga menjadi sebuah budaya di Indonesia. Banyak orang Indonesia yang menganggap bulutangkis sebagai olahraga nasional. Oleh karena itu, tidak heran jika Indonesia sering menjadi tuan rumah kejuaraan bulutangkis terbesar di dunia, Piala Uber dan Thomas.

Apa itu Piala Uber dan Thomas?

Piala Uber dan Thomas merupakan kejuaraan bulutangkis yang diselenggarakan oleh Federasi Bulutangkis Dunia atau BWF. Kejuaraan ini diadakan setiap dua tahun sekali dan diikuti oleh negara-negara anggota BWF. Kejuaraan ini dinamakan Piala Uber dan Thomas sebagai penghormatan kepada dua tokoh bulutangkis legendaris, yaitu Betty Uber dan Sir George Thomas.

Piala Uber dan Thomas terdiri dari dua kejuaraan, yaitu Piala Uber untuk tim putri dan Thomas Cup untuk tim putra. Kejuaraan ini diadakan secara bergantian antara tim putra dan tim putri setiap tahunnya.

Sejarah Piala Uber dan Thomas

Piala Uber pertama kali diadakan pada tahun 1957 di Inggris. Kejuaraan ini merupakan ide dari Betty Uber, seorang pemain bulutangkis Inggris. Betty Uber ingin membuat kejuaraan bulutangkis yang diikuti oleh tim putri dari berbagai negara. Kejuaraan bulutangkis putri pada saat itu belum terlalu populer, sehingga Betty Uber ingin membuat kejuaraan yang akan mempromosikan bulutangkis putri.

Sementara itu, Thomas Cup pertama kali diadakan pada tahun 1948 di Inggris. Kejuaraan ini dinamakan sesuai dengan nama Sir George Thomas, seorang pemain bulutangkis Inggris yang berhasil memenangkan All England Championships tiga kali berturut-turut.

Prestasi Indonesia di Piala Uber dan Thomas

Indonesia merupakan salah satu negara yang cukup sukses di Piala Uber dan Thomas. Tim putra Indonesia berhasil memenangkan Thomas Cup sebanyak 13 kali, sedangkan tim putri Indonesia berhasil memenangkan Piala Uber tiga kali. Prestasi terakhir Indonesia di Piala Uber dan Thomas adalah kemenangan tim putra Indonesia di Thomas Cup 2019 yang diselenggarakan di Thailand.

Beberapa pemain bulutangkis Indonesia juga terkenal di kancah internasional, seperti Susi Susanti, Taufik Hidayat, dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Mereka berhasil memenangkan medali emas di Olimpiade dan kejuaraan bulutangkis dunia.

Kejuaraan Piala Uber dan Thomas 2020

Kejuaraan Piala Uber dan Thomas 2020 seharusnya dilaksanakan pada Mei 2020 di Aarhus, Denmark. Namun, karena pandemi COVID-19, kejuaraan ini ditunda hingga 2021. Kejuaraan ini kemudian dijadwalkan pada Oktober 2021 di Aarhus, Denmark.

Tim putra dan tim putri Indonesia akan menjadi salah satu peserta di kejuaraan ini. Kedua tim akan berusaha memberikan yang terbaik untuk meraih gelar juara di kejuaraan bulutangkis terbesar di dunia ini.

Kesimpulan

Piala Uber dan Thomas merupakan kejuaraan bulutangkis terbesar di dunia yang diadakan setiap dua tahun sekali. Kejuaraan ini dinamakan sesuai dengan nama Betty Uber dan Sir George Thomas. Indonesia merupakan salah satu negara yang cukup sukses di Piala Uber dan Thomas, dengan prestasi tim putra Indonesia yang berhasil memenangkan Thomas Cup sebanyak 13 kali. Kejuaraan Piala Uber dan Thomas 2020 ditunda hingga 2021 karena pandemi COVID-19 dan dijadwalkan akan diadakan pada Oktober 2021 di Aarhus, Denmark.

Artikel Piala Uber dan Thomas: Kejuaraan Bulutangkis Terbesar di Dunia

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM