Ayat Al-Quran Tentang Waktu
Ayat Al-Quran Tentang Waktu

Ayat Al-Quran Tentang Waktu

Al-Quran merupakan kitab suci bagi umat Islam yang mengandung banyak sekali hikmah dan petunjuk bagi kehidupan manusia. Salah satu topik yang sering dibahas dalam Al-Quran adalah waktu. Berikut ini beberapa ayat Al-Quran tentang waktu yang bisa menjadi inspirasi dalam kehidupan sehari-hari.

1. Surah Al-Baqarah Ayat 185

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.”

Ayat ini mengajarkan kepada kita tentang pentingnya bulan Ramadhan sebagai bulan penuh berkah. Selain itu, ayat tersebut juga mengajarkan tentang kewajiban berpuasa bagi umat Islam dan memberikan kemudahan dalam menjalankannya.

2. Surah Al-An’am Ayat 162

“Katakanlah: “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.

Ayat ini mengajarkan tentang pentingnya menghargai waktu yang kita miliki dan menggunakannya untuk beribadah kepada Allah SWT. Kita harus selalu ingat bahwa hidup kita adalah milik Allah dan kita harus mempergunakan waktu yang kita miliki untuk mencari keridhaan-Nya.

3. Surah Al-Asr Ayat 1-3

“Demi masa! Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, nasehat-menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat-menasehati supaya menetapi kesabaran.”

Ayat ini mengajarkan tentang pentingnya mempergunakan waktu yang kita miliki dengan sebaik-baiknya. Kita harus selalu berusaha untuk melakukan amal saleh dan memperbaiki diri agar mendapatkan ridha Allah SWT.

4. Surah Al-Muzzammil Ayat 20

“Maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran. Dia mengetahui bahwa di antaramu ada yang sakit-sakitan, dan ada yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah, dan ada yang berperang di jalan Allah. Maka bacalah Al Quran sebanyak yang mudah (bagimu), dan dirikanlah shalat, dan tunaikanlah zakat, dan pinjamkanlah Allah pinjaman yang baik. Dan apa yang kamu perbuat dari kebajikan, niscaya kamu akan mendapatinya (balasan) pada hari kiamat. Dan sesungguhnya Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.”

Ayat ini mengajarkan tentang pentingnya membaca Al-Quran dan mempergunakan waktu yang kita miliki untuk beribadah kepada Allah SWT. Kita harus selalu berusaha untuk memperbaiki diri dan melakukan kebajikan agar mendapatkan ridha Allah SWT.

5. Surah Al-Hadid Ayat 16

“Bukankah waktunya bagi orang-orang yang beriman untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan akan kebenaran yang diturunkan (kepada mereka), dan janganlah mereka lalai dari ingatan itu, sebab mereka sendiri adalah orang-orang yang merugi.”

Ayat ini mengajarkan tentang pentingnya menghargai waktu yang kita miliki dan menggunakannya untuk mengingat Allah SWT. Kita harus selalu berusaha untuk memperbaiki diri dan menghindari kesalahan agar mendapatkan ridha Allah SWT.

6. Surah An-Nisa Ayat 103

“Sesungguhnya shalat itu adalah suatu kewajiban yang ditentukan waktunya bagi orang-orang yang beriman.”

Ayat ini mengajarkan tentang pentingnya menjalankan shalat dan mempergunakan waktu yang kita miliki dengan sebaik-baiknya. Kita harus selalu ingat bahwa shalat adalah kewajiban bagi umat Islam dan harus dijalankan pada waktu yang telah ditentukan.

7. Surah Al-Qalam Ayat 10

“Dan bersabarlah terhadap apa yang mereka katakan dan tinggalkan mereka dengan cara yang baik.”

Ayat ini mengajarkan tentang pentingnya bersabar dalam menghadapi segala situasi dan mempergunakan waktu yang kita miliki untuk melakukan kebaikan. Kita harus selalu berusaha untuk memperbaiki diri dalam segala situasi agar mendapatkan ridha Allah SWT.

8. Surah Al-A’raf Ayat 54

“Sesungguhnya Tuhanmu adalah Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (pula) matahari, bulan, dan bintang-bintang tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah! Penciptaan dan perintah hanyalah milik Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.”

Ayat ini mengajarkan tentang kebesaran Allah SWT dan pentingnya menghargai waktu yang kita miliki. Kita harus selalu ingat bahwa waktu adalah anugerah dari Allah SWT dan harus dimanfaatkan dengan baik untuk mencari ridha-Nya.

9. Surah Al-Anbiya Ayat 47

“Dan Kami telah menetapkan ukuran bagi segala sesuatu, maka tidaklah kamu melebihi ukuran itu.”

Ayat ini mengajarkan tentang pentingnya menghargai waktu yang kita miliki dan mempergunakan waktu tersebut dengan sebaik-baiknya. Kita harus selalu ingat bahwa Allah SWT telah menetapkan ukuran bagi segala sesuatu, termasuk waktu, dan kita tidak boleh melebihi ukuran tersebut.

10. Surah Al-Furqan Ayat 62

“Dan Dialah yang menjadikan malam dan siang bergantian bagi orang yang menghendaki untuk mengambil pelajaran atau mengucapkan terima kasih.”

Ayat ini mengajarkan tentang pentingnya menghargai waktu yang kita miliki dan mempergunakan waktu tersebut untuk mengambil pelajaran dari segala situasi. Kita harus selalu berusaha untuk memperbaiki diri dan belajar dari segala situasi agar mendapatkan ridha Allah SWT.

11. Surah Al-Imran Ayat 190-191

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka jauhkanlah azab dari kami neraka.”

Ayat ini mengajarkan tentang pentingnya menghargai waktu yang kita miliki dan mempergunakan waktu tersebut untuk mengingat Allah SWT. Kita harus selalu berusaha untuk memperbaiki diri dan memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi agar mendapatkan ridha Allah SWT.

12. Surah Al-Fajr Ayat 27-30

“Hai jiwa yang tenang!

Artikel Ayat Al-Quran Tentang Waktu

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM