TEKNOBGT
Nama-Nama Bulan Islam
Nama-Nama Bulan Islam

Nama-Nama Bulan Islam

Islam memiliki 12 bulan dalam satu tahunnya, setiap bulan memiliki nama dan arti yang berbeda-beda. Kebanyakan dari nama bulan Islam berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang dalam. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang nama-nama bulan Islam dan pengertiannya.

1. Muharram

Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam. Nama Muharram berarti ‘terlarang’ karena pada bulan ini, peperangan dilarang oleh agama Islam. Bulan ini juga menjadi bulan dimana umat Islam merayakan Tahun Baru Islam.

2. Safar

Safar adalah bulan kedua dalam kalender Islam. Nama Safar berasal dari bahasa Arab yang berarti ‘kosong’ atau ‘terlantar’. Konon, pada bulan Safar, orang-orang Arab pada zaman dahulu sering mengalami kelaparan dan kesulitan hidup.

3. Rabiul Awal

Rabiul Awal adalah bulan ketiga dalam kalender Islam. Bulan ini merupakan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Nama Rabiul Awal sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti ‘musim semi pertama’.

4. Rabiul Akhir

Rabiul Akhir adalah bulan keempat dalam kalender Islam. Nama Rabiul Akhir berasal dari bahasa Arab yang berarti ‘musim semi kedua’. Pada bulan ini umat Islam sering mengadakan acara Maulid Nabi.

5. Jumadil Awal

Jumadil Awal adalah bulan kelima dalam kalender Islam. Nama Jumadil Awal berasal dari kata ‘jumad’ yang dalam bahasa Arab berarti ‘batu’. Konon, pada bulan ini, orang Arab sering menggunakan batu sebagai alat untuk menggali sumur.

6. Jumadil Akhir

Jumadil Akhir adalah bulan keenam dalam kalender Islam. Nama Jumadil Akhir berasal dari kata ‘jumad’ yang berarti ‘batu’. Bulan ini sering dianggap sebagai bulan yang sulit.

7. Rajab

Rajab adalah bulan ketujuh dalam kalender Islam. Nama Rajab berasal dari kata ‘rajab’ yang berarti ‘penghormatan’. Pada bulan ini, umat Islam sering melakukan puasa Rajab dan umumnya dianggap sebagai bulan yang ‘suci’.

8. Sya’ban

Sya’ban adalah bulan kedelapan dalam kalender Islam. Nama Sya’ban berasal dari kata ‘syu’ub’ yang berarti ‘cabang-cabang’. Pada bulan ini, umat Islam sering melakukan puasa Sya’ban.

9. Ramadhan

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam. Bulan ini merupakan bulan puasa bagi umat Islam. Nama Ramadhan berasal dari kata ‘ramdha’ yang berarti ‘panas’. Pada bulan ini juga, umat Islam merayakan malam Lailatul Qadar.

10. Syawal

Syawal adalah bulan kesepuluh dalam kalender Islam. Bulan ini sering dianggap sebagai bulan penuh berkah. Pada bulan ini umat Islam merayakan Idul Fitri.

11. Dzulqa’dah

Dzulqa’dah adalah bulan kesebelas dalam kalender Islam. Nama Dzulqa’dah berasal dari kata ‘dzul’ yang berarti ‘pemilik’ dan ‘qa’dah’ yang berarti ‘duduk’. Pada bulan ini, umat Islam sering melakukan puasa sunnah.

12. Dzulhijjah

Dzulhijjah adalah bulan terakhir dalam kalender Islam. Bulan ini sering dianggap sebagai bulan paling suci karena pada bulan ini umat Islam merayakan Idul Adha. Nama Dzulhijjah berasal dari kata ‘dzul’ yang berarti ‘pemilik’ dan ‘hijjah’ yang berarti ‘pilgramage’ atau ‘haji’.

Kesimpulan

Nama-nama bulan Islam memiliki makna yang dalam dan memiliki peran penting dalam kehidupan umat Islam. Dalam memperingati setiap bulan Islam, umat Islam diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Artikel Nama-Nama Bulan Islam

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM