TEKNOBGT
Contoh Idgham
Contoh Idgham

Contoh Idgham

Idgham adalah salah satu hukum tajwid dalam membaca Al-Quran. Istilah idgham berasal dari bahasa Arab yang berarti penggabungan atau penyatuan. Hukum idgham menunjukkan cara membaca dua huruf yang bertemu dalam satu kata. Sehingga huruf yang diidghamkan tidak dibaca secara terpisah, melainkan digabungkan dengan huruf yang lain.

Jenis-jenis Idgham

Ada dua jenis idgham yang harus diketahui oleh para pembaca Al-Quran, yaitu idgham bighunnah dan idgham bilaghunnah.

Idgham bighunnah adalah penggabungan dua huruf yang bertemu dalam satu kata dengan menggunakan suara nun mati atau tanwin. Contoh kata-kata yang menggunakan idgham bighunnah adalah ‘minnallahi’, ‘annajmi’, dan ‘innamal’.

Idgham bilaghunnah adalah penggabungan dua huruf yang bertemu dalam satu kata tanpa menggunakan suara nun mati atau tanwin. Contoh kata-kata yang menggunakan idgham bilaghunnah adalah ‘laqod’, ‘fa’amma’, dan ‘waqad’.

Contoh Idgham Bighunnah

Berikut ini adalah contoh-contoh idgham bighunnah:

1. Bismillah. Dalam kata ‘Bismillah’, huruf mim dan lam digabungkan dengan menggunakan suara nun mati. Sehingga bunyi yang dihasilkan adalah ‘Bismillah’ bukan ‘Bismil-lah’.

2. Wa minnashshaytani. Dalam kata ‘minnashshaytani’, huruf nun dan sin digabungkan dengan menggunakan suara nun mati. Sehingga bunyi yang dihasilkan adalah ‘minnashshaytani’ bukan ‘minna-sshaytani’.

3. Wa annahu. Dalam kata ‘annahu’, huruf nun dan ha digabungkan dengan menggunakan suara nun mati. Sehingga bunyi yang dihasilkan adalah ‘annahu’ bukan ‘anna-hu’.

Contoh Idgham Bilaghunnah

Berikut ini adalah contoh-contoh idgham bilaghunnah:

1. Waqad. Dalam kata ‘waqad’, huruf qaf dan dal digabungkan tanpa menggunakan suara nun mati. Sehingga bunyi yang dihasilkan adalah ‘waqad’ bukan ‘wa-qad’.

2. Laqod. Dalam kata ‘laqod’, huruf qaf dan dal digabungkan tanpa menggunakan suara nun mati. Sehingga bunyi yang dihasilkan adalah ‘laqod’ bukan ‘la-qod’.

3. Fa’amma. Dalam kata ‘fa’amma’, huruf ain dan mim digabungkan tanpa menggunakan suara nun mati. Sehingga bunyi yang dihasilkan adalah ‘fa’amma’ bukan ‘fa’am-ma’.

Kesimpulan

Dalam membaca Al-Quran, hukum tajwid sangat penting untuk diperhatikan agar tidak salah dalam membaca ayat-ayat suci. Salah satu hukum tajwid yang harus diketahui adalah idgham. Idgham terbagi menjadi dua jenis, yaitu idgham bighunnah dan idgham bilaghunnah. Dalam idgham bighunnah, dua huruf yang bertemu digabungkan dengan menggunakan suara nun mati atau tanwin. Sedangkan dalam idgham bilaghunnah, dua huruf yang bertemu digabungkan tanpa menggunakan suara nun mati atau tanwin.

Artikel Contoh Idgham

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM