TEKNOBGT
Lokasi PLTA Di Indonesia
Lokasi PLTA Di Indonesia

Lokasi PLTA Di Indonesia

PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang banyak dimanfaatkan di Indonesia. PLTA menggunakan air yang mengalir untuk menghasilkan listrik. Di Indonesia, terdapat banyak sekali lokasi PLTA yang tersebar di berbagai wilayah. Berikut ini adalah beberapa lokasi PLTA di Indonesia yang populer:

1. PLTA Saguling

PLTA Saguling merupakan salah satu PLTA terbesar di Indonesia yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. PLTA ini memiliki kapasitas 1.600 MW dan mampu memasok listrik ke sekitar 8 juta rumah. PLTA Saguling dibangun pada tahun 1985 dan berada di aliran Sungai Citarum.

2. PLTA Batang Toru

PLTA Batang Toru terletak di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. PLTA ini memiliki kapasitas 510 MW dan dibangun di atas aliran Sungai Batang Toru. PLTA Batang Toru mulai beroperasi pada tahun 2019 dan mampu memasok listrik ke sekitar 1,8 juta rumah.

3. PLTA Koto Panjang

PLTA Koto Panjang terletak di Kabupaten Siak, Riau. PLTA ini memiliki kapasitas 224 MW dan dibangun di atas aliran Sungai Kampar. PLTA Koto Panjang beroperasi sejak tahun 1998 dan mampu memasok listrik ke sekitar 1 juta rumah.

4. PLTA Jatiluhur

PLTA Jatiluhur terletak di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. PLTA ini memiliki kapasitas 186,5 MW dan dibangun di atas aliran Sungai Citarum. PLTA Jatiluhur beroperasi sejak tahun 1967 dan mampu memasok listrik ke sekitar 1 juta rumah.

5. PLTA Cirata

PLTA Cirata terletak di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. PLTA ini memiliki kapasitas 1.000 MW dan dibangun di atas aliran Sungai Citarum. PLTA Cirata beroperasi sejak tahun 1989 dan mampu memasok listrik ke sekitar 5 juta rumah.

6. PLTA Musi

PLTA Musi terletak di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. PLTA ini memiliki kapasitas 265 MW dan dibangun di atas aliran Sungai Musi. PLTA Musi beroperasi sejak tahun 1991 dan mampu memasok listrik ke sekitar 1 juta rumah.

7. PLTA Mrica

PLTA Mrica terletak di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. PLTA ini memiliki kapasitas 1.050 MW dan dibangun di atas aliran Sungai Bengawan Solo. PLTA Mrica beroperasi sejak tahun 2015 dan mampu memasok listrik ke sekitar 5 juta rumah.

8. PLTA Sigura-gura

PLTA Sigura-gura terletak di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. PLTA ini memiliki kapasitas 600 MW dan dibangun di atas aliran Sungai Asahan. PLTA Sigura-gura beroperasi sejak tahun 1986 dan mampu memasok listrik ke sekitar 3 juta rumah.

9. PLTA Sagara

PLTA Sagara terletak di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. PLTA ini memiliki kapasitas 1.040 MW dan dibangun di atas aliran Sungai Citanduy. PLTA Sagara beroperasi sejak tahun 1987 dan mampu memasok listrik ke sekitar 4 juta rumah.

10. PLTA Kedung Ombo

PLTA Kedung Ombo terletak di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. PLTA ini memiliki kapasitas 54 MW dan dibangun di atas aliran Sungai Progo. PLTA Kedung Ombo beroperasi sejak tahun 1987 dan mampu memasok listrik ke sekitar 100 ribu rumah.

Kesimpulan

Di Indonesia, terdapat banyak sekali lokasi PLTA yang tersebar di berbagai wilayah. Beberapa PLTA terbesar di Indonesia antara lain PLTA Saguling, Batang Toru, dan Cirata. Selain itu, terdapat juga PLTA yang memiliki kapasitas lebih kecil seperti PLTA Kedung Ombo. Semua PLTA tersebut merupakan sumber energi yang penting untuk memenuhi kebutuhan listrik di Indonesia.

Artikel Lokasi PLTA Di Indonesia

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM