TEKNOBGT
Dalil Perintah Zakat
Dalil Perintah Zakat

Dalil Perintah Zakat

Zakat merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim untuk dikeluarkan dari harta yang dimilikinya. Tidak hanya sebagai bentuk ibadah, zakat juga memiliki manfaat sosial sebagai upaya untuk mengurangi kesenjangan sosial di masyarakat. Namun, ada banyak orang yang masih belum memahami secara tuntas mengenai dalil perintah zakat. Oleh karena itu, mari kita simak dalil-dalil perintah zakat yang terdapat di dalam Al-Quran dan Hadis.

Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 177

“Bukanlah baik kebajikan itu (pada pandanganmu) jika kamu hanya menghadapkan muka ke arah timur dan barat, tetapi yang baik ialah beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab dan nabi-nabi, dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan (dan) mereka itulah orang-orang yang benar (iman dan taatnya), dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.”

Dalam ayat ini, Allah SWT memerintahkan umat muslim untuk menunaikan zakat sebagai salah satu amal kebajikan yang harus dilakukan bersama-sama dengan iman kepada Allah, hari akhir, malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi. Zakat juga harus diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan seperti kerabat, anak yatim, orang miskin, musafir, dan orang yang meminta-minta.

Al-Quran Surat At-Taubah Ayat 60

“Sesungguhnya sedekah itu hanya untuk orang-orang miskin, orang-orang yang berkekurangan harta (yang memerlukan) untuk mengumpulkan harta (yang mereka butuhkan) dan para pekerja (yang ditugaskan oleh orang lain) untuk mengumpulkan zakat. Dan (sedekah) untuk (memerdekakan) hamba sahaya, (dan untuk) orang yang terlilit utang, untuk (menunaikan) zakat, dalam (jalan) Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan oleh Allah. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”

Di dalam ayat ini, Allah SWT menegaskan bahwa zakat harus diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan seperti orang miskin dan yang berkekurangan harta, hamba sahaya, orang yang terlilit utang, dan orang yang sedang dalam perjalanan. Hal ini sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan oleh Allah SWT sebagai bentuk sedekah dan amal kebajikan.

Hadis Shahih Bukhari

“Dari Abu Hurairah RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Islam dibangun di atas lima perkara, yaitu bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, menunaikan shalat, menunaikan zakat, haji ke Baitullah, dan puasa di bulan Ramadhan.'”

Dalam hadis ini, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa Islam dibangun atas lima perkara yang salah satunya adalah menunaikan zakat. Hal ini menunjukkan bahwa zakat adalah bagian dari rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap muslim.

Hadis Shahih Muslim

“Dari Abu Hurairah RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Barang siapa yang membayar zakatnya, maka dia telah menunaikan kewajibannya. Barang siapa yang tidak membayar zakatnya, maka zakat tersebut akan menjadi saksi untuk menentangnya di hari kiamat.'”

Dalam hadis ini, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa membayar zakat merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Jika seorang muslim tidak membayar zakatnya, maka zakat tersebut akan menjadi saksi yang menentangnya di hari kiamat.

Sunnah Nabi

Rasulullah SAW juga memberikan contoh dalam menunaikan zakat. Beliau sering kali memotivasi umat muslim untuk menunaikan zakat dengan memberikan contoh bahwa zakat adalah bentuk kepedulian sosial dan pengorbanan bagi orang lain yang membutuhkan. Rasulullah SAW juga menekankan pentingnya memberikan zakat sebagai bentuk pengakuan atas nikmat Allah SWT yang telah diberikan kepada kita.

Kesimpulan

Memahami dalil perintah zakat menjadi penting bagi setiap muslim dalam menunaikan kewajibannya sebagai hamba Allah SWT. Dari dalil-dalil tersebut yang terdapat di dalam Al-Quran dan Hadis, kita dapat mengetahui bahwa zakat adalah salah satu amal kebajikan yang harus dilakukan bersama-sama dengan iman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi. Zakat juga harus diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan seperti kerabat, anak yatim, orang miskin, musafir, dan orang yang meminta-minta. Oleh karena itu, mari kita selalu berupaya untuk menunaikan zakat dengan penuh kesadaran dan keikhlasan sebagai bentuk pengakuan atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita.

Artikel Dalil Perintah Zakat

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM