TEKNOBGT
Contoh Novel Bahasa Sunda
Contoh Novel Bahasa Sunda

Contoh Novel Bahasa Sunda

Bahasa Sunda merupakan bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat di wilayah Jawa Barat. Bahasa ini memiliki keunikan tersendiri dan salah satu cara untuk mengenalinya adalah dengan membaca novel berbahasa Sunda. Berikut adalah beberapa contoh novel bahasa Sunda yang bisa menjadi referensi untuk Anda.

1. Sembung Gede

Sembung Gede adalah novel karya A. A. Navis yang bercerita tentang seorang petani kecil bernama Sembung Gede yang berjuang untuk mempertahankan tanahnya dari serbuan para pengusaha besar. Novel ini menggambarkan perjuangan rakyat kecil dalam menghadapi perubahan sosial dan ekonomi yang terjadi di Indonesia.

2. Témbang Jalér

Témbang Jalér adalah novel karya Oyon Sofyan yang menceritakan tentang kehidupan seorang pemuda bernama Jalér yang berasal dari kampung. Novel ini menggambarkan tentang persahabatan, cinta, dan perjuangan Jalér dalam mencapai cita-citanya.

3. Bumi Cinta

Bumi Cinta adalah novel karya Habiburrahman El Shirazy yang bercerita tentang kehidupan seorang pemuda bernama Nuruddin Al Indunissy yang mencari cinta sejati dalam hidupnya. Novel ini menggambarkan kehidupan masyarakat Sunda yang religius dan memiliki nilai-nilai kearifan lokal yang tinggi.

4. Sia-Sia

Sia-Sia adalah novel karya Djamaluddin Adinegoro yang menceritakan tentang kehidupan seorang pemuda bernama Ali yang berasal dari keluarga miskin. Ali berjuang untuk mencapai cita-citanya sebagai seorang dokter meskipun banyak halangan dan rintangan yang harus ia hadapi.

5. Paseban Café

Paseban Café adalah novel karya NH Dini yang menceritakan tentang kehidupan seorang wanita bernama Marlia Hardi yang bekerja di sebuah kafe di Jakarta. Novel ini menggambarkan tentang kehidupan sosial dan politik di Indonesia pada saat itu.

6. Dukuh Paruk

Dukuh Paruk adalah novel karya Ahmad Tohari yang bercerita tentang kehidupan masyarakat desa di Jawa Barat pada masa Orde Baru. Novel ini menggambarkan tentang kehidupan seorang pemuda bernama Bakti yang berjuang untuk keluar dari kemiskinan dan mencapai cita-citanya.

7. Panglipur Lara

Panglipur Lara adalah novel karya Remy Sylado yang menceritakan tentang kehidupan seorang wanita bernama Dahlia yang berjuang untuk mempertahankan hak-haknya sebagai perempuan dalam masyarakat yang masih patriarkis. Novel ini menggambarkan tentang perjuangan kaum perempuan dalam mendapatkan pengakuan dan kesetaraan di masyarakat.

8. Karmila

Karmila adalah novel karya Marah Rusli yang bercerita tentang kisah cinta antara seorang pemuda bernama Surya dan seorang gadis bernama Karmila. Novel ini menggambarkan tentang kehidupan masyarakat Sunda pada masa kolonial Belanda dan nilai-nilai kearifan lokal yang masih dipegang oleh masyarakat pada saat itu.

9. Cinta di Dalam Gelas

Cinta di Dalam Gelas adalah novel karya Andrea Hirata yang bercerita tentang kisah cinta antara seorang pemuda bernama Rangga dan seorang gadis bernama Lintang. Novel ini menggambarkan tentang kehidupan masyarakat Sunda yang modern dan perubahan sosial yang terjadi di Indonesia pada saat itu.

10. Saur Sepuh

Saur Sepuh adalah novel karya Niki Syamsuddin yang bercerita tentang kehidupan masyarakat Jawa pada masa kerajaan Majapahit. Novel ini menggambarkan tentang perjuangan seorang pangeran untuk mempertahankan kekuasaannya dari serbuan musuh-musuhnya.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa contoh novel bahasa Sunda yang bisa menjadi referensi untuk Anda. Dengan membaca novel bahasa Sunda, Anda bisa lebih mengenal dan memahami budaya dan kehidupan masyarakat di wilayah Jawa Barat. Selamat membaca!

Artikel Contoh Novel Bahasa Sunda

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM