TEKNOBGT
Nama Lain Sel Darah Merah
Nama Lain Sel Darah Merah

Nama Lain Sel Darah Merah

Sel darah merah adalah salah satu jenis sel yang paling penting dalam tubuh manusia. Sel darah merah memiliki fungsi untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dan membawa karbon dioksida dari seluruh tubuh ke paru-paru untuk dikeluarkan. Di Indonesia, sel darah merah juga dikenal dengan beberapa nama lain yang cukup populer.

Eritrosit

Nama lain sel darah merah yang paling banyak dikenal adalah eritrosit. Kata eritrosit berasal dari bahasa Yunani “erythros” yang berarti merah. Nama ini merujuk pada warna merah yang dimiliki oleh sel darah merah akibat adanya hemoglobin di dalamnya. Hemoglobin inilah yang berfungsi untuk membawa oksigen dan karbon dioksida.

Hematosit

Sel darah merah juga dikenal dengan nama hematosit. Kata hematosit berasal dari bahasa Yunani “haima” yang berarti darah dan “kutos” yang berarti sel. Nama ini secara harfiah dapat diartikan sebagai “sel darah”.

Sel Erythrocyte

Sel erythrocyte adalah istilah lain untuk sel darah merah. Kata erythrocyte berasal dari bahasa Yunani yang sama dengan eritrosit, yaitu “erythros”. Sel erythrocyte juga memiliki fungsi yang sama dengan sel darah merah lainnya, yaitu membawa oksigen dan karbon dioksida.

Corpuscle

Nama lain lainnya untuk sel darah merah adalah corpuscle. Kata corpuscle berasal dari bahasa Latin “corpusculum” yang berarti sel kecil. Istilah ini mengacu pada ukuran kecil yang dimiliki oleh sel darah merah.

Diskosit

Diskosit adalah nama lain untuk sel darah merah yang berasal dari kata “diskos” yang berarti cakram. Nama ini mengacu pada bentuk sel darah merah yang datar dan memanjang seperti cakram. Bentuk ini memudahkan sel darah merah untuk bergerak di dalam pembuluh darah yang sempit.

Konklusi

Sel darah merah memiliki beberapa nama lain yang cukup populer di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah eritrosit, hematosit, sel erythrocyte, corpuscle, dan diskosit. Setiap nama mengacu pada ciri-ciri atau fungsi sel darah merah yang khas.

ArtikelNama Lain Sel Darah Merah

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM