TEKNOBGT
Lagu Kebangsaan Timor Leste: Identitas Nasional Negara Tetangga
Lagu Kebangsaan Timor Leste: Identitas Nasional Negara Tetangga

Lagu Kebangsaan Timor Leste: Identitas Nasional Negara Tetangga

Timor Leste, negara tetangga Indonesia yang baru merdeka pada 20 Mei 2002, memiliki identitas nasional yang unik. Salah satu yang membedakan adalah lagu kebangsaannya. Lagu kebangsaan Timor Leste bertajuk “Pátria” yang berarti “Tanah Air”. Lagu ini menjadi lambang kebanggaan dan semangat perjuangan masyarakat Timor Leste.

Sejarah Lagu Kebangsaan Timor Leste

Lagu kebangsaan Timor Leste diciptakan oleh Francisco Borja da Costa pada tahun 1975. Lagu ini awalnya berjudul “Timor Leste, Pátria Querida” atau “Timor Leste, Tanah Air Terkasih”. Namun, ketika Indonesia menginvasi Timor Leste pada tahun yang sama, lirik lagu tersebut diubah menjadi lebih patriotik dan nasionalis.

Setelah Timor Leste merdeka pada tahun 2002, lirik lagu kembali diubah menjadi versi aslinya. Lagu kebangsaan Timor Leste kemudian diresmikan pada tanggal 20 Mei 2002 oleh Presiden Xanana Gusmão dan Perdana Menteri Mari Alkatiri.

Lirik Lagu Kebangsaan Timor Leste

Lagu kebangsaan Timor Leste memiliki lirik yang sangat patriotik dan nasionalis. Berikut adalah lirik lagu kebangsaan Timor Leste:

Pátria, Pátria, Timor-Leste,

Nossa Nação, glória dos mortos,

Orgulho dos vivos, Refrão:

Minha Pátria, meu amor,

Minha terra, berço amado,

Da paz, do riso, do amor,

Povo heróico, na luta pátria unida,

Da montanha, do mar, do nascente, do poente,

Varonil, ousado, leal,

Criança, jovem, velho, todos irmãos,

Levantemos nossas vozes libertas

Pátria, Pátria, Timor-Leste,

Nossa Nação, glória dos mortos,

Orgulho dos vivos.

Makna Lirik Lagu Kebangsaan Timor Leste

Lirik lagu kebangsaan Timor Leste mengandung makna yang sangat dalam dan penuh semangat. Berikut adalah penjelasan makna dari setiap bait lirik:

Bait 1:

“Pátria, Pátria, Timor-Leste” mengandung makna bahwa Timor Leste adalah tanah air yang dikasihi oleh seluruh rakyatnya.

Bait 2:

“Nossa Nação, glória dos mortos” mengandung makna bahwa bangsa Timor Leste telah mengalami banyak perjuangan dan perlawanan untuk meraih kemerdekaan.

Bait 3:

“Orgulho dos vivos” mengandung makna bahwa setelah merdeka, rakyat Timor Leste harus tetap bangga dan menjaga identitas nasionalnya.

Bait 4:

“Minha Pátria, meu amor” mengandung makna bahwa cinta tanah air harus selalu dijaga dan dipertahankan.

Bait 5:

“Minha terra, berço amado” mengandung makna bahwa Tanah Air adalah tempat lahirnya kehidupan dan identitas nasional.

Bait 6:

“Da paz, do riso, do amor” mengandung makna bahwa Timor Leste adalah tempat yang damai, penuh tawa dan kasih sayang.

Bait 7:

“Povo heróico, na luta pátria unida” mengandung makna bahwa rakyat Timor Leste adalah pahlawan yang selalu bersatu dalam mempertahankan Tanah Air.

Bait 8:

“Da montanha, do mar, do nascente, do poente” mengandung makna bahwa Timor Leste terdiri dari berbagai macam wilayah yang harus selalu dijaga dan dihargai.

Bait 9:

“Varonil, ousado, leal” mengandung makna bahwa rakyat Timor Leste adalah orang yang tangguh, berani dan setia pada Tanah Air.

Bait 10:

“Criança, jovem, velho, todos irmãos” mengandung makna bahwa seluruh rakyat Timor Leste adalah saudara yang harus selalu bersatu dan saling membantu.

Bait 11:

“Levantemos nossas vozes libertas” mengandung makna bahwa rakyat Timor Leste harus selalu bersuara dan memperjuangkan kebebasan.

Kesimpulan

Lagu kebangsaan Timor Leste adalah simbol kebanggaan dan semangat perjuangan masyarakat Timor Leste. Lirik lagu ini sangat patriotik dan nasionalis, mengandung makna yang dalam dan penuh semangat. Lagu kebangsaan Timor Leste menjadi lambang kebanggaan dan semangat perjuangan rakyat Timor Leste untuk menjaga identitas nasionalnya.

Artikel Lagu Kebangsaan Timor Leste: Identitas Nasional Negara Tetangga

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM