TEKNOBGT
Ras yang Ada di Indonesia
Ras yang Ada di Indonesia

Ras yang Ada di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara dengan keragaman etnis yang sangat kaya. Ada lebih dari 300 suku bangsa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Setiap suku bangsa memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa ras yang ada di Indonesia.

1. Ras Melayu

Ras Melayu merupakan ras yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Ciri-ciri fisiknya adalah kulit sawo matang, rambut lurus, dan bibir tebal. Suku bangsa terbesar yang berasal dari ras Melayu adalah Jawa, Sunda, dan Madura.

2. Ras Mongoloid

Ras Mongoloid banyak ditemukan di wilayah Papua dan Nusa Tenggara Timur. Ciri-ciri fisiknya adalah kulit gelap, rambut keriting, dan hidung pesek.

3. Ras Dravida

Ras Dravida banyak ditemukan di wilayah Sumatra dan Sulawesi Utara. Ciri-ciri fisiknya adalah kulit sawo matang, rambut keriting, dan hidung besar.

4. Ras Kaukasoid

Ras Kaukasoid banyak ditemukan di wilayah Maluku dan Sulawesi Selatan. Ciri-ciri fisiknya adalah kulit putih, rambut lurus, dan hidung mancung.

5. Ras Negrito

Ras Negrito banyak ditemukan di wilayah Papua. Ciri-ciri fisiknya adalah kulit hitam, rambut keriting, dan hidung pesek.

6. Ras Austroloid

Ras Austroloid banyak ditemukan di wilayah Papua dan Maluku. Ciri-ciri fisiknya adalah kulit gelap, rambut keriting, dan hidung pesek.

7. Ras Melanesoid

Ras Melanesoid banyak ditemukan di wilayah Papua dan Maluku. Ciri-ciri fisiknya adalah kulit gelap, rambut keriting, dan hidung pesek.

8. Ras Polinesoid

Ras Polinesoid banyak ditemukan di wilayah Nusa Tenggara dan Maluku. Ciri-ciri fisiknya adalah kulit sawo matang, rambut lurus, dan hidung pesek.

9. Ras Indonegroide

Ras Indonegroide banyak ditemukan di wilayah Papua. Ciri-ciri fisiknya adalah kulit hitam, rambut keriting, dan hidung pesek.

10. Ras Papuan

Ras Papuan banyak ditemukan di wilayah Papua. Ciri-ciri fisiknya adalah kulit hitam, rambut keriting, dan hidung pesek.

11. Ras Alpinoid

Ras Alpinoid banyak ditemukan di wilayah Nusa Tenggara dan Maluku. Ciri-ciri fisiknya adalah kulit sawo matang, rambut keriting, dan hidung pesek.

12. Ras Austromelanesoid

Ras Austromelanesoid banyak ditemukan di wilayah Papua dan Maluku. Ciri-ciri fisiknya adalah kulit gelap, rambut keriting, dan hidung pesek.

13. Ras Veddoid

Ras Veddoid banyak ditemukan di wilayah Papua. Ciri-ciri fisiknya adalah kulit hitam, rambut keriting, dan hidung pesek.

14. Ras Protoaustraloid

Ras Protoaustraloid banyak ditemukan di wilayah Papua dan Maluku. Ciri-ciri fisiknya adalah kulit gelap, rambut keriting, dan hidung pesek.

15. Ras Caucasoid-Mongoloid

Ras Caucasoid-Mongoloid banyak ditemukan di wilayah Maluku dan Papua. Ciri-ciri fisiknya adalah kulit sawo matang, rambut keriting, dan hidung pesek.

16. Ras Indo-Malay

Ras Indo-Malay banyak ditemukan di wilayah Bali dan Jawa. Ciri-ciri fisiknya adalah kulit sawo matang, rambut lurus, dan hidung mancung.

17. Ras Indo-Arya

Ras Indo-Arya banyak ditemukan di wilayah Sumatra Barat dan Sulawesi Selatan. Ciri-ciri fisiknya adalah kulit sawo matang, rambut lurus, dan hidung mancung.

18. Ras Proto-Malay

Ras Proto-Malay banyak ditemukan di wilayah Sumatra dan Kalimantan. Ciri-ciri fisiknya adalah kulit sawo matang, rambut lurus, dan hidung mancung.

19. Ras Mongoloid-Caucasoid

Ras Mongoloid-Caucasoid banyak ditemukan di wilayah Maluku dan Papua. Ciri-ciri fisiknya adalah kulit sawo matang, rambut keriting, dan hidung mancung.

20. Ras Australoid

Ras Australoid banyak ditemukan di wilayah Papua dan Nusa Tenggara Timur. Ciri-ciri fisiknya adalah kulit gelap, rambut keriting, dan hidung pesek.

Kesimpulan

Dari 20 ras yang ada di Indonesia, dapat disimpulkan bahwa Indonesia memiliki keragaman etnis yang sangat kaya. Setiap suku bangsa memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda-beda. Keragaman etnis ini menjadi kekayaan bagi Indonesia sebagai negara.

Artikel Ras yang Ada di Indonesia

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM