Cara Daftar Kartu Prakerja Beserta Syarat dan Ketentuannya

Kartu Prakerja yang selama ini selalu menjadi bahan pembicaraan masyarakan Indonesia sebentar lagi akan diluncurkan, dan pendaftaran kartu prakerja ini akan dibuka pada minggu kedua di bulan April 2020. Lalu bagaimana cara daftar kartu prakerja ini?

JIka kamu saat ini tengah berstatus pencari kerja atau pekerja yang membutuhkan pengembangan diri, maka kamu harus kuasai cara daftar Kartu Prakerja beserta syarat dan ketentuannya.

Segera daftarkan diri kamu dan kamu akan merasakan banyak manfaat yang berguna apabila telah berhasil mengantongi Kartu Prakerja. Semua orang mengakui bahwa untuk bisa diterima dalam seleksi penerima Kartu Prakerja sangatlah sulit.

Agar kamu bisa meningkatkan kesempatan untuk lolos seleksi, simak dengan baik ulasan mengenai Kartu Prakerja berikut ini, karena didalamnya akan membahas tentang bagaimana cara daftar Kartu Prakerja dan apa saja syaratnya.

Nah sebelumnya mendaftar, kamu harus mengetahui 4 fakta tentang kartu prakerja ini, karena banyak orang yang beranggapan bahwa orang-orang yang belum bekerja akan mendapatkan gaji atau tunjangan dari pemerintah, dan ternyata itu salah persepsi. Oleh karena itu cobadeh ketahui informasi seputar karta prakerja ini :

Seleksi Peserta Kartu Prakerja untuk Tahun 2022

kartu-prakerja-2022

Pendaftaran peserta Kartu Prakerja gelombang 46 baru saja berakhir, namun jangan khawatir jika kamu sudah mendaftarkan diri dalam akun Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id, kamu bisa memantau kapan lagi akan dibuka seleksi peserta gelombang berikutnya.

Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kemampuan tenaga kerja Indonesia yang digagas oleh pemerintah pada tahun 2020. Imbas dari pandemi global membuat pemerintah berancang-ancang memberikan bantuan bagi para pekerja yang terdampak saat itu.

Pemerintah memiliki harapan yang tinggi terhadap program ini, sebagai sebuah inkubator training yang berfungsi memberikan bekal pada pencari kerja agar memiliki daya saing dalam dunia kerja. Pembekalan melalui training menjadi salah satu keunggulan program ini.

Gelombang pertama Kartu Prakerja di awal tahun 2020 berhasil menjaring kurang lebih 11 juta peserta dengan latar belakang yang berbeda. Namun ternyata hingga saat ini sudah melewati 46 gelombang, animo masyarakat terhadap program ini masih sangat tinggi.

Bagaimana tidak, peserta yang berhasil masuk selain menerima pelatihan secara gratis juga akan menerima insentif bulanan dengan nominal yang lumayan besar. Untuk gelombang ke 47 dikabarkan total insentif peserta adalah 4,3 juta yang akan dibagi dalam beberapa tahap.

Tujuan dan Manfaat dari Program Kartu Prakerja

prakerja-2022

Agar memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk lolos dalam seleksi peserta, kamu harus simak baik-baik cara daftar Kartu Prakerja yang banyak tersebar di berbagai media. Pelajari dengan baik strategi dan tips yang dibagikan oleh mereka yang berhasil lolos.

Persaingan untuk lolos dalam seleksi peserta program Kartu Prakerja memang luar biasa. Hal ini dikarenakan manfaat yang akan kamu terima sangat banyak jika berhasil lolos seleksi. Sebelum membahas apa saja syarat peserta, ketahui dulu apa tujuan dan manfaat program ini.

Tujuan utama dari program Kartu Prakerja adalah peningkatan kompetensi tenaga kerja agar lebih berkualitas dan memiliki daya saing dalam dunia kerja secara nasional maupun internasional.

Adapun manfaat yang akan kamu terima selama menjadi peserta program Kartu Prakerja cukup banyak, di antaranya adalah :

1. Adanya insentif bulanan untuk mendorong semangat para pekerja

Tidak dipungkiri, nominal insentif menjadi salah satu daya tarik yang besar bagi para pencari kerja untuk mendaftarkan diri. Walau tidak dibayarkan secara langsung namun insentif yang dikucurkan sangat membantu terutama bagi mereka yang terkena PHK.

Kamu juga akan mendapatkan insentif setelah lolos dari seleksi. Insentif ini tidak bisa diuangkan semua. Sebagian mengendap dan dibayarkan dalam bentuk saldo pelatihan yang tidak dapat diuangkan.

Kamu hanya bisa menggunakan saldo non tunai ini untuk mengembangkan diri dan potensi. Nominal uang yang bisa dicairkan cukup menggiurkan banyak orang. Bagaimana tidak, kamu mendapatkan nominal uang setiap bulan yang bisa kamu gunakan untuk keperluan bebas.

Insentif akan langsung ditransfer ke rekening kamu, sementara biaya pelatihan akan tetap berada dalam akun kamu dan dipantau oleh pemerintah apakah biaya pelatihan digunakan atau tidak. Menarik bukan? Segera cari tahu cara daftar Kartu Prakerja sekarang.

Jika selama kurun waktu tertentu terbukti bahwa kamu tidak pernah mengikuti pelatihan apapun, maka kamu bisa terancam dikeluarkan dari program Kartu Prakerja.

2. Menerima berbagai pelatihan yang akan meningkatkan kompetensi

Selain menerima insentif bulanan, kamu juga akan menerima berbagai program pelatihan yang sesuai dengan minat, kemampuan dan bidang yang tengah ditekuni. Untuk mendapatkan manfaat ini kamu harus benar-benar tahu cara daftar Kartu Prakerja.

Tujuan dari program Kartu Pekerja adalah meningkatkan kompetensi tenaga kerja agar memiliki daya saing yang tinggi dalam dunia kerja. Untuk mendukung tujuan ini maka pemerintah bekerja sama dengan beberapa pihak menyelenggarakan aneka pelatihan.

Pelatihan ini diselenggarakan secara online dan biayanya langsung dipotong secara otomatis dari insentif yang berhak kamu terima sebagai peserta Kartu Prakerja. Baca terus cara daftar Kartu Prakerja agar kamu memahami komitmen ini.

3. Setiap peserta akan mendapatkan diskon biaya pelatihan

Walaupun kamu tidak akan mengeluarkan biaya apapun untuk mendukung program ini, namun tetap saja kamu harus bersyukur ketika biaya pelatihan yang harus kamu bayarkan dikenakan diskon.

Jika kamu membayar sendiri, bisa dibayangkan berapa nominal yang harus kalian bayar untuk berbagai potensi pelatihan yang diikuti?. Karena itu kamu harus benar-benar bersyukur atas manfaat yang kamu terima ini.

4. Peserta akan menerima sertifikat yang dapat menjadi nilai plus lamaran kerja

Pelajari cara daftar kartu Prakerja agar kamu dapat menerima banyak manfaat setelah menjadi pesertanya. Jika kamu lolos menjadi peserta Kartu Prakerja, jangan lupa untuk mengikuti semua pelatihan yang dianjurkan.

Jika kamu berhasil melewati semua tahapan pelatihan maka akan ada sebuah sertifikat yang diterbitkan untuk mengapresiasi jerih payahmu mengikuti program pelatihan. Sertifikat ini tentu saja sangat bermanfaat saat kamu mencari kerja kembali.

Kehadiran sertifikat ini diakui secara nasional dan bisa menjadi nilai plus apabila kamu melamar kerja dan melampirkan sertifikat ini dalam CV kamu.

5. Setelah mengikuti pelatihan peserta diharap semakin kompetitif

Sesuai dengan tujuan program, maka pemerintah berharap para peserta Kartu Prakerja akan memanfaatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan yang diwajibkan. Semua dilakukan demi meningkatkan kompetensi pribadi.

Sebaiknya lupakan cara daftar Kartu Prakerja jika tujuan kamu mendapatkannya hanya sebatas demi uang saja. Kamu harus memiliki motivasi yang kuat untuk meningkatkan kemampuan dan tidak cepat puas dengan hasil pengembangan diri.

Sertifikat pelatihan yang kamu dapat bisa dicantumkan dalam CV sehingga profil kerja semakin meningkat dan peluang untuk pekerjaan lebih baik akan terbuka lebar.

Syarat dan Ketentuan Seleksi Kartu Prakerja 2022

Tidak terasa program Kartu Prakerja sudah memasuki gelombang ke-47, setelah baru saja menyelesaikan seleksi untuk gelombang ke-46 di bulan Oktober 2022 ini. Pada dasarnya syarat dan ketentuan yang berlaku untuk setiap gelombang adalah sama.

Ketentuan untuk menjadi peserta seleksi peserta program Kartu Prakerja adalah sebagai berikut:

  1. Cara daftar Kartu Prakerja pertama harus sudah berusia minimal 18 tahun dan merupakan Warga Negara Indonesia.
  2. Tidak sedang bersekolah atau menempuh pendidikan formal.
  3. Tidak pernah menerima bantuan dalam bentuk apapun selama masa Covid-19.
  4. Terdaftar dalam Kartu Keluarga.
  5. Bukan pejabat negara, ASN atau perangkat negara lainnya.
  6. Sedang mencari kerja.
  7. Sedang mencoba mengembangkan kemampuan diri.
  8. Bersedia mengikuti pelatihan wajib yang diprogramkan.
  9. Memiliki rekening pribadi.

Cara Daftar Kartu Prakerja 2022

cara-daftar-prakerja-terbaru

Setelah memahami persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar menjadi peserta program Kartu Pekerja tahun 2022, maka bersiaplah untuk melakukan cara daftar Kartu Prakerja yang bisa kamu lakukan secara online.

Sebelum mendaftar, pastikan koneksi internet kamu dalam kondisi stabil karena seringkali pendaftaran gagal akibat jaringan yang error. Cara untuk mendaftar Kartu Prakerja adalah sebagai berikut:

  1. Buka situs www.prakerja.go.id
  2. Tekan tombol Daftar Sekarang yang muncul di halaman depan.
  3. Lakukan pengisian data diri yang lengkap, cantumkan password yang kuat.
  4. Baca pernyataan yang wajib untuk diberi tanda centang, lalu klik Daftar
  5. Cek verifikasi email di inbox email kamu.
  6. Jika sudah ada verifikasi berarti kamu sudah terdaftar.
  7. Setelah proses pendaftaran selesai, maka kini kamu bisa login ke dashboard Kartu Prakerja menggunakan akun Email dan password tersebut.
  8. Kemudian silahkan lakukan verifikasi data berupa NIK, nomor KK dan Tanggal lahir lalu klik Lanjutkan.
  9. Unggahlah dokumen yang diperlukan seperti foto KTP dan lainnya.
  10. Cara daftar Kartu Prakerja selanjutnya yaitu dengan memasukkan nomor HP kamu yang aktif lalu klik Kirim
  11. Setelah mendapatkan SMS berupa kode OTP maka segera Masukkan kode OTP yang kamu dapatkan dan klik Verifikasi.
  12. Baca dan isilah Pernyataan Pendaftar dengan sebenarnya sesuai dengan kondisi kamu lalu klik OK.
  13. Cara daftar prakerja selanjutnya adalah dengan verifikasi status pendidikan dilanjutkan dengan Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar.
  14. Kamu akan mendapatkan 2 jenis tes yaitu tes motivasi terlebih dahulu baru dan kedua melakukan tes kemampuan dasar.
  15. Setelah menyelesaikan semua pertanyaan, klik Submit.
  16. Tunggu pemberitahuan lolos atau tidak secara online.

Siapa Saja yang Berhak Menjadi Peserta Program Kartu Prakerja?

Setelah mengetahui cara daftar Kartu Prakerja dan syaratnya, maka kamu akan tahu siapa saja yang berhak mengikuti program Kartu Pekerja ini. Tidak semua warga Indonesia dapat mengikuti program Kartu Prakerja.

Jika kamu termasuk salah satu dari mereka di bawah ini, maka kamu beruntung karena berhak untuk mendaftar dan menerima banyak manfaatnya. Dirangkum dari beberapa sumber, mereka yang berhak mengikuti seleksi peserta program Kartu Prakerja adalah :

  1. Calon pekerja atau mereka yang baru lulus sekolah
  2. Pekerja yang dirumahkan atau terkena Pemutusan Hubungan kerja
  3. Pekerja yang memiliki keinginan untuk meningkatkan kemampuan.
  4. Pelaku usaha kecil.

Pelanggaran Komitmen Peserta Kartu Prakerja

Setiap tahun cara daftar Kartu Prakerja memang menjadi trend di mesin pencarian Google. Semua itu dikarenakan tingginya animo masyarakat dan besarnya keinginan untuk lolos seleksi sehingga terus mencari tahu strategi dan tips untuk mendaftarkan dirinya.

Harapan masyarakat akan kehidupan yang lebih baik setelah menyelesaikan aneka pelatihan di Program Kartu Prakerja, membuat jumlah peserta terus meningkat setiap tahunnya. Salah satu cara untuk mewujudkan harapan itu adalah dengan disiplin dalam memegang komitmen.

Jika kamu mencari cara daftar Kartu Prakerja semata karena menginginkan uang insentif bulanan, maka sebaiknya kamu menghentikan rencana tersebut. Setelah lolos kamu memiliki kewajiban untuk aktif dalam berbagai pelatihan.

jIka kamu melalaikan kewajiban mengikuti pelatihan yang sudah dicanangkan ada banyak resiko yang merugikan diri sendiri di masa yang akan datang. Bayangkan ada jutaan pencari kerja di luar sana yang ingin berada dalam posisi kamu.

Pada saat saldo biaya pelatihan tidak pernah kamu gunakan, maka pemerintah akan menghentikan segera keikutsertaanmu dalam program Kartu Prakerja. Hal ini tentu saja berdampak buruk pada kredibilitasmu.

Jika tidak ingin hal itu terjadi, maka peganglah komitmen untuk meningkatkan kompetensi pribadi melalui berbagai pelatihan yang diberikan. Dengan demikian strategi dan tips yang kamu baca di cara daftar Kartu Prakerja tidak akan sia-sia.

Nah seperti itulah cara daftarnya dan manfaat dari program kartu prakerja ini, yang mana pemerintah bekerjasama dengan swasta dalam melayani masyarakat demi menghadirkan SDM yang unggul dan Indonesia semakin maju.