TEKNOBGT
Aku dalam Bahasa Korea
Aku dalam Bahasa Korea

Aku dalam Bahasa Korea

Belajar bahasa Korea menjadi semakin populer di Indonesia. Tak hanya karena K-Pop dan K-Drama yang sedang naik daun, namun juga karena alasan bisnis, studi, atau bahkan liburan. Salah satu kata yang pasti kamu pelajari adalah ‘aku’. Di bahasa Korea, aku disebut sebagai ‘나’ (na), dan dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang aku dalam bahasa Korea.

Penggunaan 나 (na)

나 (na) adalah kata ganti orang pertama dalam bahasa Korea yang artinya sama dengan aku atau saya dalam bahasa Indonesia. Seperti halnya aku dalam bahasa Indonesia, kata ini digunakan untuk merujuk pada diri sendiri ketika berbicara atau menulis.

Ketika kamu berbicara dalam bahasa Korea, kamu bisa menggunakan 나 (na) untuk mengatakan siapa kamu. Contohnya, jika kamu ingin mengatakan ‘Aku adalah orang Indonesia’, kamu bisa mengatakan ‘나는 인도네시아 사람이에요’ (naneun Indoneseo saramieyo).

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan 나 (na) ketika kamu ingin merefleksikan dirimu sendiri. Contohnya, jika kamu ingin mengatakan ‘Aku merasa bahagia’, kamu bisa mengatakan ‘나는 행복해요’ (naneun haengboghaeyo).

Penggunaan 저 (jeo)

Selain 나 (na), ada juga kata ganti orang pertama lainnya yang digunakan dalam bahasa Korea, yaitu 저 (jeo). Kata ini memiliki arti yang sama dengan 나 (na) yaitu aku atau saya. Namun, penggunaannya lebih formal dan lebih sopan daripada 나 (na).

Contohnya, jika kamu berkunjung ke Korea dan ingin berbicara dengan seseorang yang lebih tua atau yang lebih tinggi posisinya, kamu bisa menggunakan 저 (jeo) sebagai pengganti 나 (na). Contohnya, jika kamu ingin mengatakan ‘Saya senang bertemu dengan Anda’, kamu bisa mengatakan ‘저는 만나서 반갑습니다’ (jeoneun mannaseo bangapseumnida).

Menambahkan 조금 (jogeum) dan 많이 (manhi)

Untuk mengekspresikan seberapa banyak atau seberapa sedikit, kamu bisa menambahkan 조금 (jogeum) atau 많이 (manhi) setelah 나 (na).

Contohnya, jika kamu ingin mengatakan ‘Aku sedikit lapar’, kamu bisa mengatakan ‘나는 조금 배고파요’ (naneun jogeum baegopayo). Sedangkan jika kamu ingin mengatakan ‘Aku sangat lapar’, kamu bisa mengatakan ‘나는 많이 배고파요’ (naneun manhi baegopayo).

Kesimpulan

Belajar bahasa Korea memang membutuhkan waktu dan usaha yang cukup besar, tapi dengan konsisten, kamu pasti bisa menguasainya. Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang penggunaan aku dalam bahasa Korea dengan menggunakan 나 (na) dan 저 (jeo), serta menambahkan 조금 (jogeum) dan 많이 (manhi) untuk mengekspresikan seberapa banyak atau seberapa sedikit.

Ingatlah bahwa bahasa Korea memiliki banyak aturan dan pola, jadi jangan takut untuk berlatih dan membuat kesalahan. Semakin sering kamu berbicara, semakin lancar kamu akan berbicara dalam bahasa Korea. Selamat belajar!

Artikel Aku dalam Bahasa Korea

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM