TEKNOBGT
Surah Al Hujurat Ayat 12 dan 13
Surah Al Hujurat Ayat 12 dan 13

Surah Al Hujurat Ayat 12 dan 13

Pengertian Surah Al Hujurat

Surah Al Hujurat adalah surah ke-49 dalam Al-Quran yang terdiri dari 18 ayat. Surah ini turun setelah peristiwa Baiatul Aqabah II, yaitu ketika umat Islam dari Madinah berjanji setia kepada Nabi Muhammad SAW untuk membela Islam. Surah ini juga termasuk dalam kategori surah Madaniyah, yang artinya surah ini turun setelah Nabi Muhammad hijrah ke Madinah.

Arti Ayat 12 dan 13

Ayat 12 dan 13 dari Surah Al Hujurat berisi tentang larangan untuk saling menghina dan mencela. Berikut adalah terjemahan dari kedua ayat tersebut:“Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok). Dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olokkan) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita yang diolok-olokkan itu lebih baik dari wanita yang mengolok-olok. Dan janganlah kamu saling mencela dengan gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (QS. Al-Hujurat: 12-13)

Pesan Moral dari Ayat 12 dan 13

Dalam ayat 12 dan 13 ini, Allah SWT melarang umat Islam untuk saling menghina dan mencela. Hal ini karena perbuatan tersebut dapat menyebabkan perpecahan dan merusak hubungan antar sesama umat Islam. Allah SWT juga menyatakan bahwa tidak ada alasan untuk mengolok-olok atau mencela orang lain karena mungkin saja orang yang diolok-olok atau dicela itu lebih baik dari mereka yang melakukannya.Selain itu, Allah SWT juga memperingatkan tentang bahaya mencela dengan gelar yang buruk. Mencela dengan gelar yang buruk dapat merusak nama baik seseorang dan merusak hubungan antar sesama umat Islam. Oleh karena itu, Allah SWT menegaskan bahwa seburuk-buruk panggilan adalah panggilan yang buruk sesudah iman.

Aplikasi Ayat 12 dan 13 dalam Kehidupan Sehari-hari

Ayat 12 dan 13 dari Surah Al Hujurat dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan cara tidak menghina atau mencela orang lain. Ketika kita melihat orang lain melakukan kesalahan atau melakukan hal yang tidak kita sukai, sebaiknya kita memberikan nasihat dengan cara yang baik dan santun. Tidak perlu mengolok-olok atau mencela orang lain karena hal tersebut hanya akan merusak hubungan antar sesama umat Islam.Selain itu, kita juga harus berhati-hati dalam memberikan gelar atau julukan kepada orang lain. Sebaiknya kita memberikan gelar atau julukan yang baik dan positif. Hal ini akan membantu membangun hubungan yang baik dan saling menghargai antar sesama umat Islam.

Kesimpulan

Ayat 12 dan 13 dari Surah Al Hujurat mengajarkan kita untuk tidak menghina atau mencela orang lain. Hal ini akan membantu membangun hubungan yang baik dan saling menghargai antar sesama umat Islam. Kita juga diingatkan untuk tidak memberikan gelar atau julukan yang buruk kepada orang lain karena hal tersebut hanya akan merusak nama baik seseorang dan merusak hubungan antar sesama umat Islam. Oleh karena itu, kita harus selalu berusaha untuk menjadi muslim yang baik dan mengikuti ajaran Al-Quran dengan sebaik-baiknya.

Artikel Surah Al Hujurat Ayat 12 dan 13

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM