TEKNOBGT
Kisah Nabi Nuh as Singkat
Kisah Nabi Nuh as Singkat

Kisah Nabi Nuh as Singkat

Nabi Nuh as adalah salah satu nabi yang diutus oleh Allah SWT untuk memberikan petunjuk kepada umat manusia. Beliau diutus pada zaman yang sangat jauh sebelum keberadaan Nabi Muhammad SAW dan dikenal sebagai nabi yang pertama kali diutus oleh Allah SWT.

Asal-Usul Nabi Nuh as

Nabi Nuh as lahir dari keluarga yang taat beribadah kepada Allah SWT. Ibu Nabi Nuh as hamil selama 9 bulan dan melahirkan Nabi Nuh as dengan selamat. Nabi Nuh as tumbuh menjadi pemuda yang baik dan taat beribadah.

Pesan Nabi Nuh as

Nabi Nuh as diberi tugas oleh Allah SWT untuk menyampaikan pesan kepada umat manusia agar kembali taat beribadah kepada Allah SWT. Beliau berpesan agar manusia tidak menyembah berhala dan hanya menyembah Allah SWT. Nabi Nuh as juga mengajak manusia untuk menghindari perbuatan dosa dan memperbaiki akhlak.

Perlawanan Manusia Terhadap Nabi Nuh as

Meskipun Nabi Nuh as telah menyampaikan pesan Allah SWT dengan sungguh-sungguh, namun sebagian besar manusia tidak menghiraukan pesan tersebut. Bahkan, mereka mengejek dan menghina Nabi Nuh as. Hal ini membuat Nabi Nuh as sedih dan kecewa.

Membangun Kapal

Ketika manusia semakin menolak pesan Nabi Nuh as, Allah SWT memberi perintah kepada Nabi Nuh as untuk membangun kapal yang besar. Kapal ini dibangun untuk menyelamatkan Nabi Nuh as dan keluarganya dari bencana yang akan terjadi.

Peringatan Terakhir

Nabi Nuh as memberikan peringatan terakhir kepada umat manusia agar kembali taat beribadah kepada Allah SWT. Namun, peringatan ini diabaikan oleh manusia. Mereka tetap melakukan perbuatan dosa dan menyembah berhala.

Banjir Besar

Akhirnya, Allah SWT mengirimkan banjir besar yang melanda seluruh bumi. Banjir ini menghancurkan seluruh kehidupan di bumi termasuk manusia yang melakukan perbuatan dosa. Hanya Nabi Nuh as dan keluarganya yang selamat karena telah mematuhi perintah Allah SWT untuk membangun kapal.

Penyebaran Umat Manusia Setelah Banjir

Setelah banjir, Allah SWT memerintahkan Nabi Nuh as untuk menurunkan kapal di suatu tempat dan memulai kehidupan baru. Dari Nabi Nuh as, bermunculan keturunan-keturunannya yang menyebar ke seluruh penjuru bumi dan menjadi awal mula peradaban manusia.

Pertemuan Nabi Nuh as dengan Nabi Ibrahim as

Dalam kehidupannya, Nabi Nuh as juga bertemu dengan Nabi Ibrahim as. Keduanya saling berdiskusi dan saling memberikan nasihat untuk taat beribadah kepada Allah SWT.

Makam Nabi Nuh as

Makam Nabi Nuh as berada di Kota Najaf, Irak. Makam ini menjadi tempat ziarah bagi umat muslim yang ingin mengenang sosok Nabi Nuh as dan mengambil hikmah dari kisah perjuangannya.

Pesan dari Kisah Nabi Nuh as

Kisah Nabi Nuh as memberikan pelajaran bahwa kita harus senantiasa taat beribadah kepada Allah SWT dan menghindari perbuatan dosa. Kita juga harus menghargai para nabi yang telah diutus oleh Allah SWT untuk memberikan petunjuk kepada umat manusia.

Kesimpulan

Kisah Nabi Nuh as adalah kisah yang mengajarkan kita tentang kebesaran dan kekuasaan Allah SWT serta perjuangan seorang nabi untuk menyampaikan pesan dari Allah SWT. Kita harus mengambil hikmah dari kisah ini dan senantiasa taat beribadah kepada Allah SWT. Semoga kita menjadi umat yang taat dan selalu mendapat ridha dari Allah SWT. Aamiin.

Artikel Kisah Nabi Nuh as Singkat

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM