TEKNOBGT
Negara yang Memprakarsai Berdirinya ASEAN
Negara yang Memprakarsai Berdirinya ASEAN

Negara yang Memprakarsai Berdirinya ASEAN

ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations adalah sebuah organisasi regional yang didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967. Organisasi ini terdiri dari 10 negara anggota, yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Namun, siapa sebenarnya negara-negara yang memprakarsai berdirinya ASEAN?

Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang memprakarsai berdirinya ASEAN. Pada tanggal 8 Agustus 1967, Indonesia bersama dengan Filipina, Malaysia, Singapura, dan Thailand menandatangani Deklarasi Bangkok yang menjadi dasar berdirinya ASEAN.

Filipina

Filipina juga merupakan negara yang memprakarsai berdirinya ASEAN. Pada saat itu, Filipina dipimpin oleh Presiden Ferdinand Marcos yang sangat aktif dalam memajukan kerjasama regional di Asia Tenggara. Filipina juga menjadi tuan rumah pertemuan para pemimpin ASEAN pertama pada tahun 1976.

Malaysia

Malaysia juga termasuk negara yang memprakarsai berdirinya ASEAN. Pada saat itu, Malaysia dipimpin oleh Perdana Menteri Tunku Abdul Rahman yang aktif mempromosikan kerjasama regional di Asia Tenggara. Selain itu, Malaysia juga menjadi tuan rumah pertemuan para pemimpin ASEAN pada tahun 1977.

Singapura

Singapura juga memainkan peran penting dalam memprakarsai berdirinya ASEAN. Pada saat itu, Singapura dipimpin oleh Perdana Menteri Lee Kuan Yew yang sangat mendukung pembentukan organisasi regional di Asia Tenggara. Singapura juga menjadi tuan rumah pertemuan para pemimpin ASEAN pada tahun 1992.

Thailand

Terakhir, Thailand juga memprakarsai berdirinya ASEAN. Pada saat itu, Thailand dipimpin oleh Perdana Menteri Thanom Kittikachorn yang sangat mendukung ide pembentukan organisasi regional di Asia Tenggara. Thailand juga menjadi tuan rumah pertemuan para pemimpin ASEAN pada tahun 1995.

Kesimpulan

ASEAN merupakan organisasi regional yang sangat penting bagi negara-negara di Asia Tenggara. Lima negara yang memprakarsai berdirinya ASEAN adalah Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Namun, keberhasilan ASEAN tidak hanya berkat lima negara tersebut saja, melainkan juga berkat kontribusi dari negara-negara anggota lainnya.

Artikel Negara yang Memprakarsai Berdirinya ASEAN

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM