TEKNOBGT
Live Verb 3: Apa itu dan Bagaimana Menggunakannya
Live Verb 3: Apa itu dan Bagaimana Menggunakannya

Live Verb 3: Apa itu dan Bagaimana Menggunakannya

Live Verb 3 adalah bentuk kata kerja dalam Bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan tindakan yang telah selesai terjadi di masa lalu. Bentuk kata kerja ini sangat berguna dalam membuat kalimat yang lebih rapi dan mudah dipahami. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai Live Verb 3 dan cara menggunakan nya.

Apa itu Live Verb 3?

Live Verb 3, juga dikenal sebagai Past Participle, adalah bentuk kata kerja ketiga yang digunakan untuk menyatakan tindakan yang telah selesai terjadi di masa lalu. Contoh dari Live Verb 3 adalah “gone”, “written”, “eaten”, “taken” dan lain sebagainya. Kata kerja ini biasanya digunakan di dalam kalimat yang menggunakan kata kerja bantu “have” atau “has”.

Cara Menggunakan Live Verb 3

Untuk menggunakan Live Verb 3, pertama-tama kita harus mengetahui kata kerja yang akan kita gunakan. Setelah itu, kita perlu menambahkan “have” atau “has” di depan kata kerja tersebut. Berikut adalah contoh kalimat yang menggunakan Live Verb 3:

– I have gone to the mall. (Saya sudah pergi ke mal.)

– She has written a book. (Dia sudah menulis sebuah buku.)

– They have eaten breakfast. (Mereka sudah sarapan.)

Perlu diingat bahwa “have” digunakan untuk subjek “I”, “you”, “we”, atau “they”, sedangkan “has” digunakan untuk subjek “he”, “she”, atau “it”.

Cara Membentuk Live Verb 3

Untuk membentuk Live Verb 3, kita perlu menambahkan akhiran “-ed” pada kata kerja regular. Contoh kata kerja regular adalah “walk”, “talk”, “play”, dan lain sebagainya. Berikut adalah contoh kalimat yang menggunakan Live Verb 3 dari kata kerja regular:

– I have walked for an hour. (Saya sudah berjalan selama satu jam.)

– She has talked to her friend. (Dia sudah berbicara dengan temannya.)

– They have played football. (Mereka sudah bermain sepak bola.)

Namun, jika kita menggunakan kata kerja irregular, maka kita perlu menghafal bentuk dari Live Verb 3 nya. Berikut adalah contoh kata kerja irregular dan bentuk Live Verb 3 nya:

– go (went – gone)

– write (wrote – written)

– eat (ate – eaten)

– take (took – taken)

Contoh Kalimat Menggunakan Live Verb 3

Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan Live Verb 3:

– He has spoken to the manager. (Dia sudah berbicara dengan manajer.)

– They have seen the movie twice. (Mereka sudah menonton film tersebut dua kali.)

– She has sung a song. (Dia sudah menyanyikan sebuah lagu.)

– He has driven a car. (Dia sudah mengemudi mobil.)

– We have read the book. (Kami sudah membaca buku tersebut.)

Kapan Harus Menggunakan Live Verb 3

Live Verb 3 biasanya digunakan untuk menyatakan tindakan yang telah selesai terjadi di masa lalu. Kita dapat menggunakannya ketika kita ingin memberitahu orang lain bahwa kita sudah melakukan suatu tindakan atau kegiatan. Contoh penggunaan Live Verb 3 dalam kalimat adalah:

– I have finished my homework. (Saya sudah selesai mengerjakan PR saya.)

– She has cooked dinner. (Dia sudah memasak makan malam.)

– They have cleaned the house. (Mereka sudah membersihkan rumah.)

Kesimpulan

Live Verb 3 adalah bentuk kata kerja dalam Bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan tindakan yang telah selesai terjadi di masa lalu. Kita dapat menggunakan kata kerja ini untuk membuat kalimat yang lebih rapi dan mudah dipahami. Untuk menggunakan Live Verb 3, kita perlu menambahkan “have” atau “has” di depan kata kerja tersebut. Kita juga perlu menghafal bentuk dari Live Verb 3 untuk kata kerja irregular. Semoga artikel ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris Anda.

Artikel Live Verb 3: Apa itu dan Bagaimana Menggunakannya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM