TEKNOBGT
Isi Kandungan Surah Al Baqarah Ayat 83
Isi Kandungan Surah Al Baqarah Ayat 83

Isi Kandungan Surah Al Baqarah Ayat 83

Surah Al Baqarah adalah surah kedua dalam Al Quran, yang terdiri dari 286 ayat. Surah ini dianggap sebagai salah satu surah yang paling penting dan paling panjang dalam Al Quran. Salah satu ayat penting dalam surah ini adalah ayat 83, yang membahas tentang penghormatan manusia kepada Allah SWT.

Makna Ayat 83 Surah Al Baqarah

Ayat 83 Surah Al Baqarah menyatakan bahwa ketika Allah SWT mengambil perjanjian dari Bani Israel, Dia meminta mereka untuk menghormati-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan apapun. Namun, Bani Israel tidak memenuhi perjanjian ini dan terus melakukan dosa-dosa besar. Mereka juga menyekutukan Allah dengan patung-patung yang mereka buat sendiri.

Hal ini menyebabkan Allah SWT marah dan memberikan hukuman kepada Bani Israel. Namun, Allah SWT juga memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertobat dan kembali kepada-Nya. Ayat ini mengajarkan kita untuk menghormati Allah SWT, karena Dia adalah pencipta kita dan memberikan segala yang kita butuhkan dalam hidup ini.

Pesan Ayat 83 Surah Al Baqarah

Selain mengajarkan kita untuk menghormati Allah SWT, ayat 83 Surah Al Baqarah juga memberikan beberapa pesan penting. Pertama, ayat ini menunjukkan bahwa Allah SWT sangat memperhatikan perbuatan manusia. Jika kita melakukan dosa dan kesalahan, maka Allah SWT pasti akan memberikan hukuman kepada kita.

Kedua, ayat ini mengajarkan bahwa kita harus mematuhi perintah Allah SWT dan menjauhi segala bentuk penyembahan yang menyekutukan-Nya dengan apapun. Kita harus beribadah hanya kepada Allah SWT dan tidak menyekutukan-Nya dengan apapun.

Ketiga, ayat ini mengajarkan bahwa Allah SWT adalah Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Jika kita bertobat dan kembali kepada-Nya, maka Dia pasti akan mengampuni dosa-dosa kita dan memberikan bimbingan kepada kita.

Relevansi Ayat 83 Surah Al Baqarah dalam Kehidupan Kita

Ayat 83 Surah Al Baqarah sangat relevan dalam kehidupan kita saat ini. Kita sering melakukan kesalahan dan dosa, tetapi jika kita mengakui kesalahan kita dan bertobat kepada Allah SWT, maka Dia pasti akan mengampuni dosa-dosa kita.

Selain itu, ayat ini juga mengajarkan kita untuk menghormati Allah SWT dan mematuhi perintah-Nya. Dengan menghormati Allah SWT, kita juga akan menghormati sesama manusia dan menjauhi segala bentuk kejahatan dan kekerasan.

Kesimpulan

Ayat 83 Surah Al Baqarah adalah ayat penting dalam Al Quran yang mengajarkan kita untuk menghormati Allah SWT dan mematuhi perintah-Nya. Ayat ini juga mengajarkan bahwa Allah SWT adalah Maha Pengampun dan Maha Penyayang, sehingga jika kita bertobat dan kembali kepada-Nya, Dia pasti akan mengampuni dosa-dosa kita dan memberikan bimbingan kepada kita.

Oleh karena itu, sebagai umat Islam, kita harus selalu menghormati Allah SWT dan menjauhi segala bentuk penyembahan yang menyekutukan-Nya dengan apapun. Kita harus selalu mematuhi perintah-Nya dan menghindari segala bentuk dosa dan kesalahan. Dengan demikian, kita akan selalu mendapatkan keberkahan dan ridha dari Allah SWT.

Artikel Isi Kandungan Surah Al Baqarah Ayat 83

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM