TEKNOBGT
Pengertian Mim Sukun
Pengertian Mim Sukun

Pengertian Mim Sukun

Mim sukun merupakan salah satu huruf dalam bahasa Arab yang memiliki pengucapan yang cukup khusus. Huruf ini sering dijumpai pada akhir kata dalam Al-Qur’an. Mim sukun memiliki pengucapan yang berbeda dengan mim biasa. Pada mim sukun, bibir harus tertutup rapat, sehingga suara yang dihasilkan lebih pendek dan tertahan.

Fungsi Mim Sukun

Mim sukun mempunyai fungsi yang sangat penting dalam membaca Al-Qur’an. Huruf ini memberikan tanda bahwa pada akhir kata tersebut harus dihentikan dan tidak dilanjutkan dengan huruf lain. Penggunaan mim sukun juga dapat mempengaruhi makna dari suatu kata. Sebagai contoh, kata “bait” memiliki arti “rumah”, sedangkan kata “baith” memiliki arti “mencari”. Perbedaan arti ini terjadi karena adanya mim sukun pada kata “bait”.

Cara Membaca Mim Sukun

Untuk membaca mim sukun dengan benar, bibir harus tertutup rapat saat membaca huruf mim. Kemudian, suara yang dihasilkan harus pendek dan tertahan. Hal ini berbeda dengan membaca huruf mim biasa yang memiliki suara yang panjang dan melengking.

Contoh Penggunaan Mim Sukun

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan mim sukun dalam Al-Qur’an:

1. “Wa ma khalaktu al-jinna wa al-insa illa liya’bduun” (QS Adz-Dzariyat: 56). Pada kata “ya’bduun”, terdapat mim sukun pada huruf dal.

2. “Wa al-qamari idzaa talaha” (QS Al-Qamar: 1). Pada kata “talaha”, terdapat mim sukun pada huruf ta.

3. “Wa maa hum bikharijiina minal-ardhi” (QS Al-Hajj: 18). Pada kata “minal-ardhi”, terdapat mim sukun pada huruf lam.

Penulisan Mim Sukun dalam Bahasa Arab

Mim sukun ditulis dengan menggunakan huruf mim biasa yang diberi tanda sukun di atasnya. Tanda sukun ini menunjukkan bahwa pada huruf tersebut tidak diikuti dengan huruf lainnya.

Kesalahan Umum dalam Membaca Mim Sukun

Kesalahan umum dalam membaca mim sukun adalah tidak menutup bibir rapat saat membaca huruf mim. Hal ini membuat suara yang dihasilkan menjadi panjang dan melengking, sehingga tidak sesuai dengan pengucapan yang sebenarnya. Untuk menghindari kesalahan ini, sebaiknya sering berlatih membaca huruf mim sukun dengan benar.

Kesimpulan

Mim sukun merupakan huruf penting dalam bahasa Arab yang memiliki pengucapan yang khusus. Huruf ini sering dijumpai pada akhir kata dalam Al-Qur’an dan mempunyai fungsi yang sangat penting dalam membaca Al-Qur’an. Penggunaan mim sukun dapat mempengaruhi makna dari suatu kata. Untuk membaca mim sukun dengan benar, bibir harus tertutup rapat saat membaca huruf mim dan suara yang dihasilkan harus pendek dan tertahan. Kesalahan umum dalam membaca mim sukun adalah tidak menutup bibir rapat saat membaca huruf mim. Oleh karena itu, sebaiknya sering berlatih membaca huruf mim sukun dengan benar untuk menghindari kesalahan tersebut.

Sumber:

https://www.almaany.com/ar/dict/ar-ar/%D9%85%D9%8A%D9%85+%D8%B3%D9%83%D9%88%D9%86/

Artikel Pengertian Mim Sukun

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM