TEKNOBGT
Idgham Syamsiyah: Pengertian dan Contoh
Idgham Syamsiyah: Pengertian dan Contoh

Idgham Syamsiyah: Pengertian dan Contoh

Idgham Syamsiyah adalah salah satu ilmu tajwid yang sering dijumpai dalam membaca Al-Quran. Ilmu ini memperbolehkan penggabungan dua huruf yang berbeda jenis atau bunyi. Dalam bahasa Arab, idgham artinya penggabungan atau penyatuan. Sedangkan kata Syamsiyah berasal dari kata Syams yang artinya matahari. Idgham Syamsiyah berarti penggabungan antara huruf nun mati atau tanwin dengan huruf yang bersuara shad atau sheen.

Cara Membaca Idgham Syamsiyah

Untuk membaca idgham syamsiyah, kamu harus menggabungkan dua huruf yang berbeda jenis atau bunyi. Huruf yang pertama adalah huruf nun mati atau tanwin. Sementara itu, huruf kedua adalah huruf yang bersuara shad atau sheen. Kedua huruf ini harus dibaca secara bersamaan dan disatukan dalam satu suara dengan tempo yang sama. Sehingga terdengar seperti satu huruf yang bersuara shad atau sheen.

Contoh Idgham Syamsiyah

Berikut ini adalah contoh idgham syamsiyah dalam Al-Quran:

1. Surat An-Naba’ ayat 40: وَجَعَلْنَا سِرَاجًا وَهَّابًا

Pada ayat ini, kamu harus menggabungkan huruf nun mati pada kata “wa ja’alna” dengan huruf yang bersuara sheen pada kata “shiraaja”. Sehingga dibaca “wa ja’alna shiraaja”.

2. Surat Ar-Rahman ayat 18: الرَّحْمَٰنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَىٰ

Pada ayat ini, kamu harus menggabungkan huruf tanwin pada kata “arrahmaan” dengan huruf yang bersuara shad pada kata “al-‘arsy”. Sehingga dibaca “arrahmaanu ‘alal ‘arsyi istawa”.

Keutamaan Membaca Idgham Syamsiyah

Tidak ada hadits yang secara khusus membahas keutamaan membaca idgham syamsiyah. Namun, membaca Al-Quran dengan baik dan benar pastinya memiliki banyak keutamaan. Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Muzzammil ayat 4:

وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلًا

Artinya: “Dan bacalah Al-Quran dengan tartil (dengan perlahan-lahan dan benar)”.

Keutamaan dari membaca Al-Quran dengan benar adalah kamu akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Selain itu, membaca Al-Quran dengan baik dan benar juga akan membuatmu semakin dekat dengan Allah SWT dan mendapatkan keberkahan dalam hidupmu.

Kesimpulan

Idgham Syamsiyah adalah ilmu tajwid yang memperbolehkan penggabungan dua huruf yang berbeda jenis atau bunyi. Dalam membaca idgham syamsiyah, kamu harus menggabungkan huruf nun mati atau tanwin dengan huruf yang bersuara shad atau sheen. Keutamaan dari membaca Al-Quran dengan benar adalah kamu akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT serta mendapatkan keberkahan dalam hidupmu.

Artikel Idgham Syamsiyah: Pengertian dan Contoh

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM