TEKNOBGT
Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia Adalah…
Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia Adalah…

Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia Adalah…

Indonesia adalah negara yang merdeka setelah melewati perjuangan yang panjang. Namun, tahukah kamu negara mana yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia?

Belanda dan Jepang

Pasca Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, Belanda dan Jepang merupakan negara yang berperan penting dalam mengakui kemerdekaan Indonesia.

Belanda merupakan negara kolonial yang pernah menguasai Indonesia selama 350 tahun. Meski begitu, tak lama setelah Proklamasi kemerdekaan, Belanda mengeluarkan pengakuan bahwa Indonesia adalah negara yang merdeka dan berdaulat. Hal ini terjadi pada tanggal 27 Desember 1949 setelah terjadinya perang kemerdekaan Indonesia yang berlangsung selama 4 tahun.

Sementara itu, Jepang merupakan negara yang berperan penting dalam perjuangan Indonesia merdeka. Jepang merupakan negara yang menguasai Indonesia selama Perang Dunia II. Pada tanggal 17 Agustus 1945, Jepang mengakui kemerdekaan Indonesia sebagai negara yang merdeka dan berdaulat.

Amerika Serikat

Selain Belanda dan Jepang, Amerika Serikat juga turut mengakui kemerdekaan Indonesia sebagai negara yang merdeka dan berdaulat. Hal ini terjadi pada tanggal 28 Desember 1949.

Amerika Serikat merupakan negara yang memiliki pengaruh besar di dunia internasional. Sebagai negara yang kuat dan berpengaruh, pengakuan kemerdekaan Indonesia oleh Amerika Serikat sangatlah penting bagi Indonesia. Pengakuan ini membuat Indonesia semakin diakui oleh negara-negara lain di dunia.

Australia dan Selandia Baru

Tak hanya Belanda, Jepang, dan Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru juga mengakui kemerdekaan Indonesia sebagai negara yang merdeka dan berdaulat. Hal ini terjadi pada tanggal 1 Januari 1950.

Australia dan Selandia Baru merupakan negara-negara tetangga Indonesia yang memiliki hubungan baik dengan Indonesia. Pengakuan kemerdekaan Indonesia oleh kedua negara ini membuat hubungan Indonesia dengan negara-negara tetangga semakin erat.

India

India juga ikut mengakui kemerdekaan Indonesia sebagai negara yang merdeka dan berdaulat. Hal ini terjadi pada tanggal 15 Agustus 1947, tepat sehari sebelum Proklamasi kemerdekaan Indonesia.

India dan Indonesia memiliki sejarah yang panjang dalam perjuangan melawan penjajahan. Oleh karena itu, pengakuan kemerdekaan Indonesia oleh India sangatlah penting bagi Indonesia.

Inggris dan Uni Soviet

Selain negara-negara di atas, Inggris dan Uni Soviet juga mengakui kemerdekaan Indonesia sebagai negara yang merdeka dan berdaulat. Hal ini terjadi pada tanggal 27 Desember 1949.

Inggris dan Uni Soviet merupakan negara-negara besar yang memiliki pengaruh besar di dunia internasional. Pengakuan kemerdekaan Indonesia oleh kedua negara ini membuat Indonesia semakin diakui oleh negara-negara lain di dunia.

Kesimpulan

Belanda, Jepang, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, India, Inggris, dan Uni Soviet merupakan negara-negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia sebagai negara yang merdeka dan berdaulat. Pengakuan ini sangatlah penting bagi Indonesia karena membuat Indonesia semakin diakui oleh negara-negara lain di dunia.

Perjuangan Indonesia dalam meraih kemerdekaannya memang tidak mudah. Namun, dengan adanya pengakuan dari negara-negara di dunia internasional, Indonesia semakin kuat dan kokoh sebagai negara yang merdeka dan berdaulat.

Artikel Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia Adalah…

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM