TEKNOBGT
Jelaskan Letak Geografis Indonesia
Jelaskan Letak Geografis Indonesia

Jelaskan Letak Geografis Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak di antara dua benua dan dua samudra. Secara geografis, Indonesia terletak di antara 6°LU-11°LS dan 95°BT-141°BT. Luas wilayah Indonesia mencapai 1.904.569 km persegi dan terdiri dari 17.508 pulau, di mana 5.120 pulau di antaranya sudah memiliki nama dan hanya 922 pulau yang dihuni.

Letak Geografis Indonesia di Asia Tenggara

Indonesia terletak di Asia Tenggara dan berbatasan dengan Malaysia, Papua Nugini, dan Timor Leste. Kita bisa lihat di peta Indonesia di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia dan di sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik. Jaraknya dari ujung barat hingga ujung timur mencapai 5.120 km serta dari utara hingga selatan mencapai 1.760 km.

Letak Geografis Indonesia di Antara Dua Benua

Indonesia terletak di antara dua benua, yakni Asia dan Australia. Bagian barat Indonesia terletak di benua Asia, sedangkan bagian timurnya terletak di benua Australia. Karena letaknya yang berada di antara dua benua, Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat beragam dan menjadi salah satu negara megadiversitas.

Letak Geografis Indonesia di Antara Dua Samudra

Indonesia terletak di antara dua samudra, yakni Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Wilayah Indonesia yang berada di sebelah barat terletak di Samudra Hindia dan di sebelah timur terletak di Samudra Pasifik. Karena letaknya di antara dua samudra, Indonesia memiliki kekayaan sumber daya laut yang sangat melimpah.

Pulau-Pulau Besar di Indonesia

Indonesia memiliki beberapa pulau besar, di mana pulau-pulau tersebut menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun asing. Pulau-pulau besar tersebut antara lain:

1. Sumatera

2. Jawa

3. Kalimantan

4. Sulawesi

5. Bali

6. Nusa Tenggara

7. Maluku

8. Papua

Letak Geografis Pulau Sumatera

Pulau Sumatera terletak di sebelah barat Indonesia dan berbatasan dengan Samudra Hindia. Pulau ini memiliki luas sekitar 473.481 km persegi dan terdiri dari 10 provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Lampung.

Letak Geografis Pulau Jawa

Pulau Jawa terletak di tengah Indonesia dan berbatasan dengan Selat Sunda di sebelah barat, Selat Bali di sebelah timur, dan Samudra Hindia di sebelah selatan. Pulau ini memiliki luas sekitar 132.187 km persegi dan terdiri dari enam provinsi, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Letak Geografis Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan terletak di sebelah utara Indonesia dan berbatasan dengan Malaysia, Brunei Darussalam, dan Timor Leste. Pulau ini memiliki luas sekitar 743.330 km persegi dan terdiri dari empat provinsi, yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.

Letak Geografis Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi terletak di tengah Indonesia dan berbatasan dengan Selat Makassar di sebelah barat, Laut Sulawesi di sebelah utara, Teluk Tomini di sebelah timur, dan Selat Flores di sebelah selatan. Pulau ini memiliki luas sekitar 189.216 km persegi dan terdiri dari enam provinsi, yaitu Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

Letak Geografis Pulau Bali

Pulau Bali terletak di sebelah timur Indonesia dan berbatasan dengan Selat Bali di sebelah barat dan Samudra Hindia di sebelah selatan. Pulau ini memiliki luas sekitar 5.780 km persegi dan termasuk dalam provinsi Bali.

Letak Geografis Nusa Tenggara

Nusa Tenggara terletak di sebelah timur Indonesia dan terdiri dari dua provinsi, yaitu Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Wilayah ini berbatasan dengan Selat Flores di sebelah barat, Laut Sawu di sebelah selatan, Laut Banda di sebelah timur, dan Selat Alor di sebelah utara.

Letak Geografis Maluku

Maluku terletak di sebelah timur Indonesia dan terdiri dari dua provinsi, yaitu Maluku dan Maluku Utara. Wilayah ini berbatasan dengan Laut Banda dan Laut Seram di sebelah barat, Laut Seram dan Laut Arafuru di sebelah utara, dan Samudra Pasifik di sebelah timur.

Letak Geografis Papua

Papua terletak di sebelah timur Indonesia dan terdiri dari dua provinsi, yaitu Papua dan Papua Barat. Wilayah ini berbatasan dengan Papua Nugini di sebelah utara, Laut Arafuru di sebelah selatan, Samudra Pasifik di sebelah timur, dan Indonesia bagian timur di sebelah barat.

Letak Geografis Indonesia yang Beriklim Tropis

Indonesia memiliki iklim tropis dengan suhu rata-rata 22-30°C sepanjang tahun. Iklim tropis ini dipengaruhi oleh letak geografis Indonesia yang berada di khatulistiwa dan memiliki banyak pulau-pulau yang dikelilingi oleh laut. Hal ini membuat Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi dan menjadi negara dengan hutan tropis terluas di dunia.

Letak Geografis Indonesia yang Rentan Terhadap Bencana Alam

Indonesia memiliki letak geografis yang rentan terhadap bencana alam, seperti gempa bumi, tsunami, banjir, longsor, dan erupsi gunung berapi. Hal ini disebabkan oleh letak Indonesia yang berada di antara tiga lempeng tektonik besar, yakni Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Pasifik. Selain itu, Indonesia juga memiliki banyak gunung berapi aktif yang tersebar di seluruh wilayah.

Letak Geografis Indonesia yang Kaya Akan Sumber Daya Alam

Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat melimpah, seperti minyak bumi, gas alam, batu bara, emas, nikel, timah, tembaga, dan masih banyak lagi. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara penghasil sumber daya alam terbesar di dunia.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak di antara dua benua dan dua samudra. Letak geografis Indonesia berada di Asia Tenggara dan berbatasan dengan Malaysia, Papua Nugini, dan Timor Leste. Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat beragam dan menjadi salah satu negara megadiversitas. Di Indonesia terdapat beberapa pulau

Artikel Jelaskan Letak Geografis Indonesia

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM