TEKNOBGT
Keliling Persegi: Cara Mudah Menghitungnya
Keliling Persegi: Cara Mudah Menghitungnya

Keliling Persegi: Cara Mudah Menghitungnya

Keliling persegi adalah panjang total dari semua sisi persegi. Dalam matematika, keliling persegi dikenal juga dengan istilah “perimeter”. Untuk menghitung keliling persegi, kita cukup menjumlahkan keempat sisi persegi tersebut.

Rumus Keliling Persegi

Rumus keliling persegi sangat sederhana, yaitu K = 4 x sisi. Dalam rumus tersebut, “K” adalah keliling dan “sisi” adalah panjang sisi persegi.

Contoh Soal Keliling Persegi

Misalkan kita memiliki sebuah persegi dengan sisi sepanjang 5 cm. Berapakah keliling dari persegi tersebut?

Solusinya adalah sebagai berikut:

K = 4 x sisi

K = 4 x 5

K = 20 cm

Jadi, keliling persegi tersebut adalah 20 cm.

Keliling Persegi dan Luas Persegi

Selain keliling, ada juga istilah “luas” pada bangun datar persegi. Luas persegi adalah hasil dari perkalian antara sisi dengan sisi. Rumus luas persegi adalah L = sisi x sisi.

Namun, keliling dan luas persegi adalah dua hal yang berbeda. Keliling persegi mengukur panjang total dari keempat sisi persegi, sedangkan luas persegi mengukur ukuran bidang dari persegi tersebut.

Keliling Persegi dan Bangun Datar Lainnya

Keliling persegi tidak hanya berhubungan dengan luas persegi, namun juga dapat dihubungkan dengan bangun datar lainnya. Contohnya adalah segitiga dan lingkaran.

Untuk segitiga, kelilingnya adalah jumlah panjang ketiga sisinya. Sedangkan untuk lingkaran, kelilingnya adalah 2 x phi x jari-jari.

Kesimpulan

Keliling persegi adalah panjang total dari keempat sisi persegi. Rumus keliling persegi adalah K = 4 x sisi. Keliling persegi juga dapat dihubungkan dengan bangun datar lainnya, seperti segitiga dan lingkaran.

Namun, perlu diingat bahwa keliling persegi berbeda dengan luas persegi. Keliling mengukur panjang total sisi, sedangkan luas mengukur bidang dari persegi tersebut.

ArtikelKeliling Persegi: Cara Mudah Menghitungnya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM