Doa Setelah Ruku
Doa Setelah Ruku

Doa Setelah Ruku

Doa setelah ruku adalah doa yang dibaca setelah seorang muslim menyelesaikan rakaat kedua dalam sholat. Ruku sendiri adalah gerakan dalam sholat yang dilakukan dengan membungkukkan badan hingga tangan menyentuh lutut. Setelah melakukan ruku, maka seorang muslim diwajibkan untuk membaca doa setelah ruku.

Bacaan Doa Setelah Ruku

Doa setelah ruku ada dua macam, yaitu doa yang dibaca setelah ruku di rakaat pertama dan doa yang dibaca setelah ruku di rakaat kedua. Doa setelah ruku di rakaat pertama adalah “Sami allahu liman hamidah, rabbana wa lakal hamd”. Sedangkan doa setelah ruku di rakaat kedua adalah “Sami allahu liman hamidah, rabbana wa lakal hamd, hamdan katsiran tayyiban mubarakan fihi”.

Makna Doa Setelah Ruku

Doa setelah ruku memiliki makna yang dalam. Dalam doa tersebut, seorang muslim menyatakan bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui. Selain itu, muslim juga mengakui bahwa segala puji hanya milik Allah SWT.

Doa setelah ruku di rakaat kedua memiliki tambahan kalimat yang menyatakan bahwa segala puji hanya milik Allah SWT dan segala puji bagi-Nya. Muslim juga memohon kepada Allah SWT agar Allah menerima segala puji tersebut sebagai amal yang baik dan diberkahi-Nya.

Kapan Harus Membaca Doa Setelah Ruku

Doa setelah ruku harus dibaca setelah seorang muslim menyelesaikan rakaat kedua dalam sholat. Setelah membaca doa setelah ruku, maka muslim harus melanjutkan sholat dengan melakukan sujud.

Seorang muslim diharapkan untuk membaca doa setelah ruku dengan khusyuk dan penuh penghayatan. Dalam membaca doa tersebut, muslim harus memahami makna dari doa tersebut agar doa tersebut dapat memberikan manfaat dan memberikan kekuatan dalam melaksanakan ibadah sholat.

Manfaat Membaca Doa Setelah Ruku

Membaca doa setelah ruku memiliki manfaat yang sangat besar bagi seorang muslim. Dalam doa tersebut, muslim memohon kepada Allah SWT agar diberikan kemampuan untuk melaksanakan sholat dengan khusyuk dan penuh penghayatan.

Doa setelah ruku juga mengandung makna bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui. Dengan membaca doa tersebut, muslim diharapkan dapat mengingat bahwa Allah SWT selalu mendengar doa-doa yang dipanjatkan oleh hamba-Nya.

Keutamaan Membaca Doa Setelah Ruku

Ada beberapa keutamaan yang dapat diperoleh oleh seorang muslim jika ia rajin membaca doa setelah ruku. Keutamaan tersebut antara lain adalah mendapatkan pahala dari Allah SWT dan mendapatkan ketenangan dalam melaksanakan sholat.

Seorang muslim yang rajin membaca doa setelah ruku juga diharapkan dapat menjadi muslim yang lebih baik dan lebih taat dalam menjalankan ibadah sholat.

Cara Membaca Doa Setelah Ruku

Untuk membaca doa setelah ruku, seorang muslim harus mengikuti tata cara yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Tata cara tersebut adalah sebagai berikut:

  • Setelah melakukan ruku, angkat kepala sambil membaca “Sami allahu liman hamidah”
  • Setelah itu, angkat tangan kanan dan kiri sejajar dengan bahu sambil membaca “Rabbana wa lakal hamd”
  • Setelah itu, turunkan kedua tangan dan membaca doa sesuai dengan rakaat yang sedang dikerjakan
  • Setelah membaca doa, lanjutkan sholat dengan melakukan sujud

Kesimpulan

Doa setelah ruku adalah doa yang dibaca setelah seorang muslim menyelesaikan rakaat kedua dalam sholat. Doa tersebut memiliki makna yang dalam dan memiliki manfaat yang besar bagi seorang muslim. Membaca doa setelah ruku juga memiliki keutamaan yang dapat diperoleh oleh seorang muslim.

Seorang muslim diharapkan untuk membaca doa setelah ruku dengan khusyuk dan penuh penghayatan. Dalam membaca doa tersebut, muslim harus memahami makna dari doa tersebut agar doa tersebut dapat memberikan manfaat dan memberikan kekuatan dalam melaksanakan ibadah sholat.

Artikel Doa Setelah Ruku

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM