Contoh Mad Thobi’i
Contoh Mad Thobi’i

Contoh Mad Thobi’i

Jika Anda adalah seorang muslim, maka pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah mad thobi’i. Mad thobi’i merupakan salah satu jenis mad yang sering digunakan dalam membaca Al-Quran. Mad thobi’i merupakan mad yang terdiri dari dua harakat panjang berturut-turut. Dalam bahasa Arab, mad thobi’i diartikan sebagai memanjangnya dua huruf berturut-turut.

Cara Membaca Mad Thobi’i

Mad thobi’i terdiri dari dua harakat panjang berturut-turut. Harakat pertama diberikan pada huruf yang mempunyai harakat kasrah atau dhammah. Sedangkan harakat kedua diberikan pada huruf yang mempunyai harakat fathah atau sukun.

Contoh:

  • شَيْخٌ تَاءٌ مَرْبُوْطَةٌ دَالٌ صَادٌ – syaikhun ta’un marbuutah dalun shadun
  • لَعَلَّهُمْ عَمَّا يَفْعَلُوْنَ يَرْتَدُّوْنَ – la’allahum ‘amma yaf’aluna yartadduna

Dalam contoh tersebut, huruf yang mempunyai harakat kasrah atau dhammah adalah ta’ dan dal. Sedangkan huruf yang mempunyai harakat fathah atau sukun adalah syin dan ra.

Contoh Ayat Mad Thobi’i

Berikut adalah beberapa contoh ayat dalam Al-Quran yang menggunakan mad thobi’i.

  • فَأَخَذَهُمْ الرَّجْفَةُ فَأَصْبَحُوْا فِي دَارِهِمْ جَاثِمِيْنَ – faakhadzahum arrajfatu faashbahuu fi daarihim jaatsimiin (QS. Al-A’raf: 91)
  • وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلاَ تَعَاوَنُوْا عَلَى الإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ – wata’aawanuu ‘alal birri wattaqwaa walaa ta’aawanuu ‘alal ismi wal ‘udhwaan (QS. Al-Maidah: 2)
  • وَاصْبِرْ لِحُكْمِ رَبِّكَ فَإِنَّكَ بِأَعْيُنِنَا وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ حِيْنَ تَقُوْمُ – waashbir lihukmi rabbika fa innaka bi a’yunina wasabbih bihamdi rabbika hiina taquum (QS. At-Tur: 48)

Tanda Mad Thobi’i

Tanda mad thobi’i ditulis dengan tanda panjang (ـــ) yang diletakkan di atas huruf yang mempunyai harakat fathah atau sukun. Tanda panjang tersebut harus diletakkan di atas huruf yang mempunyai harakat fathah atau sukun secara berurutan.

Contoh:

  • فيـــــــــــــــــلماذا – fiiiiiiiiiiiiilmaadzaa
  • وهوـــــــــــــــــــا – wahuuuuuuuuuuuuwa

Kesimpulan

Mad thobi’i merupakan salah satu jenis mad yang sering digunakan dalam membaca Al-Quran. Mad thobi’i terdiri dari dua harakat panjang berturut-turut yang diberikan pada huruf yang mempunyai harakat kasrah atau dhammah dan huruf yang mempunyai harakat fathah atau sukun. Tanda mad thobi’i ditulis dengan tanda panjang (ـــ) yang diletakkan di atas huruf yang mempunyai harakat fathah atau sukun secara berurutan.

Artikel Contoh Mad Thobi’i

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM