TEKNOBGT
Contoh Hewan Vertebrata
Contoh Hewan Vertebrata

Contoh Hewan Vertebrata

Hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang atau vertebrae. Tulang belakang ini merupakan bagian dari sistem kerangka hewan yang berfungsi sebagai tempat melekatnya otot-otot dan melindungi sumsum tulang belakang. Ada banyak jenis hewan vertebrata yang hidup di bumi ini, mulai dari ikan, amfibi, reptil, burung, hingga mamalia.

Ikan

Ikan adalah hewan vertebrata yang hidup di dalam air. Mereka memiliki skala sebagai perlindungan tubuhnya dan memiliki sirip sebagai alat pergerakan di dalam air. Ikan juga memiliki insang yang berfungsi untuk bernapas di dalam air. Beberapa contoh ikan yang termasuk dalam hewan vertebrata adalah ikan hiu, ikan paus, dan ikan lele.

Amfibi

Amfibi adalah hewan vertebrata yang hidup di dua habitat, yaitu di air dan di darat. Mereka memiliki kulit yang lembap dan memiliki ciri khas sebagai hewan yang dapat melompat. Amfibi juga dapat bernapas dengan paru-paru dan insang. Beberapa contoh amfibi yang termasuk dalam hewan vertebrata adalah katak, salamander, dan kodok.

Reptil

Reptil adalah hewan vertebrata yang hidup di darat dan memiliki kulit yang bersisik. Mereka memiliki empat kaki dan bernapas dengan paru-paru. Beberapa contoh reptil yang termasuk dalam hewan vertebrata adalah ular, kadal, dan buaya.

Burung

Burung adalah hewan vertebrata yang dapat terbang. Mereka memiliki sayap sebagai alat pergerakan di udara dan paruh untuk mencari makanan. Beberapa contoh burung yang termasuk dalam hewan vertebrata adalah burung merak, burung hantu, dan burung kakatua.

Mamalia

Mamalia adalah hewan vertebrata yang memiliki rambut atau bulu pada tubuhnya. Mereka juga memiliki kelenjar susu untuk menyusui anaknya. Beberapa contoh mamalia yang termasuk dalam hewan vertebrata adalah sapi, kucing, dan gajah.

Kesimpulan

Ada banyak contoh hewan vertebrata yang hidup di bumi ini. Setiap jenis hewan memiliki ciri khas dan habitat yang berbeda-beda. Meskipun memiliki perbedaan, namun hewan vertebrata tetap memiliki kesamaan yakni memiliki tulang belakang atau vertebrae sebagai ciri khas dari kelompok hewan ini.

ArtikelContoh Hewan Vertebrata

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM