Jelaskan Jenis Harta yang Wajib Dikeluarkan Zakatnya
Jelaskan Jenis Harta yang Wajib Dikeluarkan Zakatnya

Jelaskan Jenis Harta yang Wajib Dikeluarkan Zakatnya

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dikerjakan oleh setiap Muslim. Zakat adalah sedekah yang diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Zakat juga memiliki beberapa jenis harta yang wajib dikeluarkan. Berikut ini adalah beberapa jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya:

1. Harta yang mencapai nisab

Nisab adalah batas minimal harta yang harus dimiliki seseorang agar wajib dikeluarkan zakatnya. Jumlah nisab yang berlaku saat ini adalah sebesar 85 gram emas atau setara dengan uang. Jika harta yang dimiliki mencapai nisab, maka wajib dikeluarkan zakatnya.

2. Uang simpanan

Jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya adalah uang simpanan. Uang simpanan yang dimaksud adalah uang yang disimpan dalam bentuk tabungan, deposito, atau sertifikat deposito.

3. Emas dan perak

Selain uang simpanan, jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya adalah emas dan perak. Emas dan perak yang dimaksud adalah emas dan perak yang disimpan dalam bentuk logam atau perhiasan.

4. Hasil pertanian dan perkebunan

Hasil pertanian dan perkebunan seperti padi, jagung, kacang hijau dan sejenisnya juga wajib dikeluarkan zakatnya. Zakat yang dikeluarkan berdasarkan hasil panen yang diperoleh dari tanaman tersebut.

5. Hewan ternak

Hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing, dan lainnya juga wajib dikeluarkan zakatnya. Zakat yang dikeluarkan berdasarkan jenis hewan ternak yang dimiliki.

6. Barang temuan

Barang temuan juga wajib dikeluarkan zakatnya. Barang temuan yang dimaksud adalah barang yang ditemukan dan nilainya mencapai nisab.

7. Saham dan investasi

Jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya adalah saham dan investasi. Zakat yang dikeluarkan berdasarkan nilai investasi yang dimiliki.

8. Harta warisan

Harta warisan juga wajib dikeluarkan zakatnya. Zakat yang dikeluarkan berdasarkan nilai harta warisan yang diterima.

9. Hutang piutang

Hutang piutang juga wajib dikeluarkan zakatnya. Zakat yang dikeluarkan berdasarkan nilai hutang piutang yang belum dibayar.

10. Barang dagangan

Barang dagangan juga wajib dikeluarkan zakatnya. Zakat yang dikeluarkan berdasarkan nilai barang dagangan yang dimiliki.

11. Emas dan perak dalam bentuk perhiasan

Emas dan perak dalam bentuk perhiasan juga wajib dikeluarkan zakatnya. Zakat yang dikeluarkan berdasarkan berat emas atau perak yang dimiliki.

12. Harta yang dimiliki oleh anak-anak

Harta yang dimiliki oleh anak-anak juga wajib dikeluarkan zakatnya. Zakat yang dikeluarkan berdasarkan nilai harta yang dimiliki oleh anak-anak.

13. Harta yang dimiliki oleh istri

Harta yang dimiliki oleh istri juga wajib dikeluarkan zakatnya. Zakat yang dikeluarkan berdasarkan nilai harta yang dimiliki oleh istri.

14. Harta yang dimiliki oleh suami

Harta yang dimiliki oleh suami juga wajib dikeluarkan zakatnya. Zakat yang dikeluarkan berdasarkan nilai harta yang dimiliki oleh suami.

15. Harta yang dimiliki oleh keluarga yang tidak merdeka

Harta yang dimiliki oleh keluarga yang tidak merdeka juga wajib dikeluarkan zakatnya. Zakat yang dikeluarkan berdasarkan nilai harta yang dimiliki oleh keluarga yang tidak merdeka.

16. Harta yang diperoleh dari jual beli

Harta yang diperoleh dari jual beli juga wajib dikeluarkan zakatnya. Zakat yang dikeluarkan berdasarkan nilai harta yang diperoleh dari jual beli.

17. Harta yang diperoleh dari upah

Harta yang diperoleh dari upah juga wajib dikeluarkan zakatnya. Zakat yang dikeluarkan berdasarkan nilai harta yang diperoleh dari upah.

18. Harta yang diperoleh dari warisan

Harta yang diperoleh dari warisan juga wajib dikeluarkan zakatnya. Zakat yang dikeluarkan berdasarkan nilai harta yang diperoleh dari warisan.

19. Harta yang diperoleh dari hadiah

Harta yang diperoleh dari hadiah juga wajib dikeluarkan zakatnya. Zakat yang dikeluarkan berdasarkan nilai harta yang diperoleh dari hadiah.

20. Harta yang diperoleh dari penghasilan lainnya

Harta yang diperoleh dari penghasilan lainnya juga wajib dikeluarkan zakatnya. Zakat yang dikeluarkan berdasarkan nilai harta yang diperoleh dari penghasilan lainnya.

Kesimpulan

Demikianlah jenis-jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya. Sebagai seorang Muslim, kita harus memahami jenis-jenis harta yang harus dikeluarkan zakatnya dan mengeluarkannya dengan ikhlas. Dengan mengeluarkan zakat, kita membantu meringankan beban orang-orang yang membutuhkan dan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Artikel Jelaskan Jenis Harta yang Wajib Dikeluarkan Zakatnya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM