Doa Sesudah Sholat Tarawih
Doa Sesudah Sholat Tarawih

Doa Sesudah Sholat Tarawih

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan keberkahan. Sebagai umat muslim, kita dianjurkan untuk beribadah lebih banyak pada bulan ini. Salah satu ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadhan adalah sholat tarawih. Setelah sholat tarawih, kita dianjurkan untuk membaca doa sesudah sholat tarawih. Doa ini memiliki makna yang sangat dalam dan harus dilafalkan dengan penuh kesadaran dan keikhlasan.

Merenungi Arti Doa Sesudah Sholat Tarawih

Sebelum membaca doa sesudah sholat tarawih, ada baiknya kita merenungi arti dari doa tersebut. Doa sesudah sholat tarawih adalah doa yang berisi permohonan ampunan kepada Allah SWT. Selain itu, doa ini juga mengandung permohonan agar kita diberikan kekuatan dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

Doa sesudah sholat tarawih juga mengajarkan kita untuk selalu berlindung kepada Allah SWT dari segala macam kejahatan dan godaan syaitan. Selain itu, doa ini juga mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Lafalkan Doa Sesudah Sholat Tarawih dengan Khusyu

Setelah memahami arti dari doa sesudah sholat tarawih, selanjutnya kita harus melafalkan doa tersebut dengan khusyu. Khusyu adalah keadaan ketika hati dan pikiran kita sepenuhnya fokus pada ibadah yang sedang kita lakukan.

Kita harus memastikan bahwa saat melafalkan doa sesudah sholat tarawih, kita benar-benar fokus dan tidak terganggu oleh hal-hal lain. Kita harus memahami setiap kata dalam doa tersebut dan merenunginya dengan sungguh-sungguh.

Berikut Ini Adalah Teks Lengkap Doa Sesudah Sholat Tarawih:

“Allahumma anta al-salam wa minka al-salam, tabarakta ya dhal-jalali wa al-ikram. Allahumma ya hayyu ya qayyum, bi rahmatika astaghitsu. Allahumma, la tada’lana dhamban illa ghafarta, wa la hamman illa farrajta, wa la hajatan hiya laka ridhan illa qadhaitaha ya arham al-rahimin.”

Artinya: “Ya Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang, Engkaulah sumber ketenangan dan keselamatan. Engkau Mahasuci, wahai pemilik kebesaran dan kemuliaan. Ya Allah yang Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri, dengan rahmat Mu aku memohon pertolongan. Ya Allah, janganlah Engkau biarkan dosa kami kecuali Engkau ampuni, janganlah Engkau biarkan kesedihan kami kecuali Engkau hilangkan, dan janganlah ada kebutuhan yang Engkau ridhai kecuali Engkau kabulkan ya Allah.”

Kesimpulan

Doa sesudah sholat tarawih adalah doa yang sangat penting dan harus dibaca dengan khusyu. Doa ini mengandung makna yang sangat dalam dan mengajarkan kita untuk selalu merendahkan diri di hadapan Allah SWT. Selain itu, doa ini juga mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, marilah kita berusaha untuk melafalkan doa sesudah sholat tarawih dengan khusyu dan memahami setiap kata dalam doa tersebut dengan sungguh-sungguh. Semoga doa kita selalu didengar dan diijabah oleh Allah SWT. Aamiin.

ArtikelDoa Sesudah Sholat Tarawih

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM