TEKNOBGT
#show run berfungsi untuk
#show run berfungsi untuk

#show run berfungsi untuk

Pengenalan

#show run adalah perintah yang sering digunakan pada perangkat jaringan seperti router, switch, dan firewall. Perintah ini biasanya digunakan untuk menampilkan konfigurasi yang sedang berjalan pada perangkat tersebut.

Fungsi

Fungsi utama dari perintah #show run adalah untuk menampilkan konfigurasi yang sedang berjalan pada perangkat jaringan. Dengan menggunakan perintah ini, administrator jaringan dapat melihat konfigurasi yang telah dibuat sebelumnya dan memodifikasinya jika diperlukan.

Cara Penggunaan

Untuk menggunakan perintah #show run, pertama-tama kita perlu masuk ke mode privileged exec dengan memasukkan password yang sesuai. Setelah itu, kita bisa memasukkan perintah #show run dan tekan enter.

Contoh Penggunaan

Berikut adalah contoh penggunaan perintah #show run pada router Cisco:Router#show run

Output

Berikut adalah contoh output yang akan ditampilkan pada layar setelah kita memasukkan perintah #show run:hostname Router
interface FastEthernet0/0ip address 192.168.1.1 255.255.255.0duplex autospeed auto
!
interface FastEthernet0/1no ip addressshutdownduplex autospeed auto
!
interface Serial0/0/0no ip addressshutdownclock rate 2000000
!
interface Serial0/0/1no ip addressshutdownclock rate 2000000
!
ip classless
ip route 0.0.0.0 0.0.0.0 Serial0/0/0
ip route 10.0.0.0 255.0.0.0 192.168.1.2
!

Penjelasan Output

Output yang ditampilkan pada layar setelah kita memasukkan perintah #show run adalah konfigurasi yang sedang berjalan pada perangkat jaringan. Pada contoh di atas, konfigurasi tersebut mencakup hostname, interface, dan routing table.

Keuntungan Menggunakan #show run

Dengan menggunakan perintah #show run, administrator jaringan dapat dengan mudah melihat konfigurasi yang telah dibuat sebelumnya dan memodifikasinya jika diperlukan. Hal ini akan menghemat waktu dan usaha dalam mengkonfigurasi perangkat jaringan.

Perbedaan dengan #show startup-config

Meskipun keduanya digunakan untuk menampilkan konfigurasi pada perangkat jaringan, #show startup-config menampilkan konfigurasi yang disimpan pada NVRAM, sedangkan #show run menampilkan konfigurasi yang sedang berjalan pada perangkat tersebut.

Kesimpulan

#show run adalah perintah yang sangat berguna dalam mengkonfigurasi perangkat jaringan. Dengan menggunakan perintah ini, administrator jaringan dapat dengan mudah melihat konfigurasi yang telah dibuat sebelumnya dan memodifikasinya jika diperlukan. Hal ini akan menghemat waktu dan usaha dalam mengkonfigurasi perangkat jaringan.

Artikel #show run berfungsi untuk

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM