Lebaran Tanggal Berapa?
Lebaran Tanggal Berapa?

Lebaran Tanggal Berapa?

Lebaran merupakan momen yang sangat dirindukan oleh masyarakat Indonesia. Selain sebagai momen berkumpul dengan keluarga, lebaran juga menjadi moment untuk merayakan kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Namun, banyak orang yang masih bingung kapan tanggal pasti lebaran tiba. Nah, kali ini kita akan bahas tentang lebaran tanggal berapa.

Penentuan Tanggal Lebaran

Penentuan tanggal lebaran di Indonesia sebenarnya sudah diatur oleh pemerintah. Tanggal lebaran ditentukan berdasarkan hasil rukyatul hilal atau pengamatan bulan pada malam 29 Ramadan. Jika hilal terlihat, maka keesokan harinya adalah tanggal 1 Syawal atau hari raya Idul Fitri.

Untuk memastikan hasil pengamatan bulan tersebut, biasanya pemerintah melibatkan Badan Hisab Rukyat (BHR) dari Kementerian Agama, serta Lembaga Falakiyah dari Universitas Islam Negeri (UIN) di seluruh Indonesia.

Tanggal Berapa Lebaran Tahun ini?

Tanggal pasti lebaran tahun ini belum bisa dipastikan dengan pasti karena masih tergantung pada hasil rukyatul hilal pada malam 29 Ramadan. Namun, pemerintah sendiri sudah mengeluarkan perkiraan tanggal lebaran pada tahun ini.

Berdasarkan kalender Hijriyah, 1 Syawal jatuh pada tanggal 13 Mei 2021. Namun, tanggal tersebut masih bisa berubah tergantung pada hasil rukyatul hilal nanti.

Lebaran di Tengah Pandemi

Lebaran tahun ini masih akan dirayakan di tengah pandemi COVID-19. Oleh karena itu, pemerintah selalu mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan ketika berkumpul dengan keluarga saat lebaran.

Beberapa protokol kesehatan yang harus diperhatikan antara lain adalah memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak, serta menghindari kerumunan. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 yang masih menjadi ancaman bagi masyarakat Indonesia.

Tradisi Lebaran di Indonesia

Lebaran di Indonesia identik dengan beberapa tradisi yang sudah ada sejak lama. Salah satu tradisi yang paling terkenal adalah mudik atau pulang kampung. Namun, tradisi tersebut harus ditunda karena pandemi COVID-19 yang masih belum berakhir.

Selain itu, ada juga tradisi saling bermaafan antara keluarga dan tetangga. Tradisi ini dilakukan sebagai bentuk mengakhiri bulan Ramadan dengan penuh kebaikan dan kebersamaan.

Libur Lebaran

Lebaran biasanya dijadikan sebagai momen libur panjang bagi masyarakat Indonesia. Namun, libur lebaran tahun ini masih belum dipastikan oleh pemerintah karena masih menunggu hasil rukyatul hilal.

Apabila lebaran jatuh pada hari Kamis atau Jumat, maka libur lebaran biasanya diberikan selama 7 hari. Namun, jika lebaran jatuh pada hari Sabtu atau Minggu, maka libur lebaran biasanya diberikan selama 9 hari.

Lebaran di Negara Lain

Tidak hanya di Indonesia, lebaran juga dirayakan di beberapa negara lain seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Di negara-negara tersebut, lebaran dikenal dengan sebutan Hari Raya Aidilfitri.

Perbedaan antara lebaran di Indonesia dan negara-negara tersebut terletak pada adat dan tradisi yang dilakukan pada saat lebaran. Namun, inti dari lebaran tetap sama yaitu momen untuk bersilaturahmi dan saling bermaafan.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa tanggal lebaran masih tergantung pada hasil rukyatul hilal pada malam 29 Ramadan. Namun, pemerintah sendiri sudah memberikan perkiraan tanggal lebaran pada tahun ini yaitu pada tanggal 13 Mei 2021.

Lebaran tahun ini masih akan dirayakan di tengah pandemi COVID-19. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan ketika berkumpul dengan keluarga saat lebaran.

Selain itu, lebaran di Indonesia identik dengan beberapa tradisi yang sudah ada sejak lama seperti mudik, saling bermaafan, dan momen libur panjang. Namun, tradisi tersebut harus disesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini.

Lebaran tidak hanya dirayakan di Indonesia, namun juga di beberapa negara lain seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Meskipun adat dan tradisinya berbeda-beda, namun inti dari lebaran tetap sama yaitu momen untuk bersilaturahmi dan saling bermaafan.

Artikel Lebaran Tanggal Berapa?

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM