TEKNOBGT
Nina Bobo: Lagu Anak-anak yang Menakutkan atau Justru Menenangkan?
Nina Bobo: Lagu Anak-anak yang Menakutkan atau Justru Menenangkan?

Nina Bobo: Lagu Anak-anak yang Menakutkan atau Justru Menenangkan?

Apakah kamu pernah mendengar lagu Nina Bobo? Lagu ini sangat terkenal di Indonesia dan biasa dinyanyikan oleh ibu untuk menidurkan anaknya. Namun, tidak sedikit juga yang merasa takut dan merinding ketika mendengar lagu ini. Lalu, apa sebenarnya cerita di balik lagu Nina Bobo?

Asal Usul Lagu Nina Bobo

Lagu Nina Bobo konon berasal dari daerah Maluku. Ceritanya, seorang ibu yang kehilangan anaknya yang masih bayi sering meratapi kepergiannya dengan cara menangis dan bernyanyi. Suatu malam, ia bermimpi dan melihat anaknya berkata kepadanya, “ibu, jangan menangis lagi. Aku bahagia di dunia sana.” Setelah itu, sang ibu merasa tenang dan mulai membuat lagu Nina Bobo sebagai pengantar tidur untuk anak-anaknya.

Lirik Lagu Nina Bobo

Berikut adalah lirik lagu Nina Bobo yang umumnya dinyanyikan oleh ibu-ibu di Indonesia:

Nina bobo, oh nina bobo

Kalau tidak bobo digigit nyamuk

Sudah dengar belum lagu nina bobo

Kalau tidak bobo digigit nyamuk

Tafsir dan Makna Lagu Nina Bobo

Meskipun liriknya terkesan sederhana dan mungkin tidak memiliki makna mendalam, lagu Nina Bobo sebenarnya memiliki pesan yang cukup dalam. Lagu ini sebenarnya merupakan bentuk penghiburan bagi anak yang sedang dibujuk untuk tidur. Pesan dari lagu ini adalah agar anak-anak tidak takut dan merasa aman ketika tidur.

Selain itu, lagu Nina Bobo juga bisa diartikan sebagai simbol dari kehilangan seseorang yang dicintai. Seperti ibu dalam cerita asal usulnya yang kehilangan anaknya, kita juga bisa kehilangan seseorang yang sangat kita sayangi. Namun, meskipun mereka sudah pergi, kita tetap harus bisa merasa tenang dan menghibur diri sendiri.

Kontroversi di Balik Lagu Nina Bobo

Meskipun lagu Nina Bobo sudah sangat terkenal dan sering dinyanyikan oleh ibu-ibu di Indonesia, ternyata ada beberapa kontroversi di balik lagu ini. Beberapa orang menganggap lagu Nina Bobo memiliki unsur mistis dan dapat menimbulkan rasa takut pada anak-anak.

Hal ini mungkin karena lirik dari lagu Nina Bobo yang mengingatkan tentang gigitan nyamuk. Selain itu, ada juga beberapa versi lagu Nina Bobo yang memiliki lirik yang agak berbeda dan terkesan lebih menyeramkan daripada versi aslinya.

Kesimpulan

Meskipun ada beberapa kontroversi di balik lagu Nina Bobo, sebenarnya lagu ini memiliki makna yang sangat dalam dan bisa menjadi penghiburan bagi anak-anak yang sedang dibujuk untuk tidur. Lagu Nina Bobo juga menjadi bagian dari budaya Indonesia yang patut dilestarikan.

Jadi, jangan takut dan merinding ketika mendengar lagu Nina Bobo. Sebaliknya, nikmati dan hayati makna dari lagu ini.

ArtikelNina Bobo: Lagu Anak-anak yang Menakutkan atau Justru Menenangkan?

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM