Salah Satu Landasan Berdirinya ASEAN Adalah
Salah Satu Landasan Berdirinya ASEAN Adalah

Salah Satu Landasan Berdirinya ASEAN Adalah

ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations adalah sebuah organisasi regional yang didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. ASEAN beranggotakan 10 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Tujuan Berdirinya ASEAN

ASEAN didirikan dengan tujuan untuk memperkuat kerjasama ekonomi, politik, sosial, dan budaya antar negara-negara anggotanya. ASEAN juga bertujuan untuk meningkatkan stabilitas dan perdamaian di kawasan Asia Tenggara.

Landasan Berdirinya ASEAN

Salah satu landasan berdirinya ASEAN adalah Traktat ASEAN atau Bangkok Declaration. Traktat ini ditandatangani oleh para pemimpin negara-negara ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. Traktat ASEAN ini berisi tentang tujuan, prinsip, dan dasar-dasar kerjasama antar negara anggota ASEAN.

Selain Traktat ASEAN, landasan berdirinya ASEAN juga didasarkan pada prinsip-prinsip dasar yang menjadi nilai-nilai penting bagi organisasi ini. Berikut adalah prinsip-prinsip dasar ASEAN:

1. Kemandirian

ASEAN mengutamakan kemandirian dan kedaulatan negara-negara anggotanya dalam menentukan kebijakan dan tindakan di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

2. Ketidakcampuran dalam Urusan Dalam Negeri

ASEAN menghormati prinsip ketidakcampuran dalam urusan dalam negeri negara-negara anggotanya. Artinya, ASEAN tidak akan ikut campur dalam urusan dalam negeri negara anggota lainnya.

3. Konsensus

ASEAN mengambil keputusan atas dasar konsensus. Artinya, keputusan yang diambil harus disepakati oleh semua negara anggota.

4. Kerjasama untuk Perdamaian dan Kesejahteraan

ASEAN bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antar negara anggota dalam rangka mencapai perdamaian dan kesejahteraan di kawasan Asia Tenggara.

5. Menghargai Perbedaan

ASEAN menghargai perbedaan antar negara anggota dalam hal agama, budaya, dan kebiasaan. Artinya, ASEAN menghormati keberagaman di antara negara-negara anggotanya.

Keberhasilan ASEAN

Sejak berdirinya, ASEAN telah banyak mencapai keberhasilan. Di bidang ekonomi, ASEAN telah membentuk ASEAN Free Trade Area (AFTA) yang membuka pasar bebas antar negara anggota. Di bidang politik, ASEAN telah berhasil menciptakan kerjasama regional untuk mengatasi berbagai masalah, seperti konflik di Timor Leste dan konflik di Laut China Selatan.

Tantangan ASEAN

Meskipun telah banyak mencapai keberhasilan, ASEAN masih dihadapkan dengan banyak tantangan. Salah satu tantangan terbesarnya adalah konflik di Laut China Selatan yang melibatkan beberapa negara anggota ASEAN dan Tiongkok. Tantangan lainnya adalah masalah kemiskinan, perbedaan politik, dan keamanan di kawasan Asia Tenggara.

Kesimpulan

ASEAN adalah sebuah organisasi regional yang didirikan pada tahun 1967 dengan tujuan memperkuat kerjasama ekonomi, politik, sosial, dan budaya antar negara-negara anggotanya. Salah satu landasan berdirinya ASEAN adalah Traktat ASEAN atau Bangkok Declaration yang ditandatangani pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. ASEAN juga didasarkan pada prinsip-prinsip dasar seperti kemandirian, ketidakcampuran dalam urusan dalam negeri, konsensus, kerjasama untuk perdamaian dan kesejahteraan, serta menghargai perbedaan. Meskipun telah banyak mencapai keberhasilan, ASEAN masih dihadapkan dengan banyak tantangan di masa depan.

ArtikelSalah Satu Landasan Berdirinya ASEAN Adalah

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM