Al Falaq: Doa dan Makna di Dalamnya
Al Falaq: Doa dan Makna di Dalamnya

Al Falaq: Doa dan Makna di Dalamnya

Al Falaq merupakan salah satu surah dalam Al Quran yang memiliki makna yang dalam. Surah ini termasuk kedalam kelompok surah-surah Makkiyah yang diturunkan pada masa awal kenabian Nabi Muhammad SAW. Surah ini terdiri dari 5 ayat dan termasuk dalam juz ke-30.

Makna dari Al Falaq

Al Falaq sendiri memiliki makna yang sangat dalam, dimana surah ini menceritakan tentang perlindungan dari segala kejahatan yang ada. Berikut adalah penjelasan mengenai makna dari Al Falaq:

1. Al Falaq bermakna “menyembunyikan”. Surah ini mengajarkan kita untuk berlindung kepada Allah SWT dari segala sesuatu yang dapat merugikan kita. Kita harus selalu berusaha untuk berlindung kepada-Nya dalam setiap situasi dan keadaan.

2. Al Falaq juga dapat diartikan sebagai “pagi yang mulia”. Surah ini mengajarkan kita untuk selalu memulai hari dengan bismillah dan berdoa kepada Allah SWT agar diberikan perlindungan dari segala kejahatan yang ada.

3. Selain itu, Al Falaq juga memiliki makna “terbelah”. Dalam surah ini, Allah SWT memberikan perlindungan dari segala kejahatan yang datang dari setiap sudut. Kita harus selalu berusaha untuk menghindari segala bentuk kejahatan dan menjauhi segala hal yang dapat merugikan kita.

Doa di Dalam Al Falaq

Di dalam Al Falaq, terdapat doa yang sangat bermanfaat bagi kita. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

“Aku berlindung kepada Rabb yang menguasai fajar dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki”.

Doa ini mengajarkan kita untuk selalu berlindung kepada Allah SWT dari segala bentuk kejahatan yang ada. Kita harus selalu berusaha untuk memohon perlindungan dari-Nya dalam setiap situasi dan keadaan.

Manfaat Membaca Al Falaq

Membaca Al Falaq memiliki banyak manfaat yang dapat kita rasakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memberikan perlindungan dari segala kejahatan yang ada.

2. Menghindarkan diri dari segala bentuk gangguan jin dan setan.

3. Menjaga diri dari segala bentuk penyakit dan bencana.

4. Melindungi keluarga dan kehidupan kita dari segala bentuk bahaya.

Cara Membaca Al Falaq

Untuk membaca Al Falaq, kita dapat melakukannya sesuai dengan tata cara yang benar. Berikut adalah tata cara membaca Al Falaq:

1. Berwudhu dan menghadap kiblat.

2. Membaca surah Al Falaq dengan tartil dan tajwid yang benar.

3. Membaca doa setelah selesai membaca surah Al Falaq.

4. Membaca surah Al Falaq secara rutin setiap hari.

Kesimpulan

Al Falaq merupakan surah yang sangat bermanfaat bagi kita. Dengan membaca surah ini, kita dapat memohon perlindungan dari segala bentuk kejahatan yang ada. Kita harus selalu berusaha untuk selalu membaca surah Al Falaq secara rutin setiap hari dan memohon perlindungan kepada Allah SWT dalam setiap situasi dan keadaan.

Artikel Al Falaq: Doa dan Makna di Dalamnya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM