TEKNOBGT
Al Falaq dan Arti
Al Falaq dan Arti

Al Falaq dan Arti

Al Falaq adalah salah satu surah dalam Al-Qur’an yang memiliki arti “waktu subuh” atau “fajar”. Surah ini merupakan surah ke-113 dan terdiri dari lima ayat. Surah Al-Falaq termasuk ke dalam kelompok surah Makkiyah yang artinya diturunkan di Mekkah sebelum Nabi Muhammad hijrah ke Madinah.

Penjelasan Surah Al-Falaq

Surah Al-Falaq merupakan surah yang memiliki makna yang sangat dalam. Dalam surah ini, Allah SWT mengajarkan kita untuk berlindung kepada-Nya dari kejahatan apa pun yang ada di dunia ini dengan memohon perlindungan kepada Allah dari segala kejahatan yang ada. Surah ini juga mengajarkan kita untuk selalu mengakui kekuasaan Allah dan memohon perlindungan-Nya dalam setiap aspek kehidupan kita.

Arti dari Surah Al-Falaq

Dalam surah Al-Falaq, terdapat beberapa kata yang memiliki arti yang sangat dalam. Beberapa kata tersebut antara lain:1. Qul: Artinya katakanlah.
2. A’udzu: Artinya aku berlindung.
3. Rabbil: Artinya Tuhan.
4. Falaq: Artinya waktu subuh atau fajar.
5. Min: Artinya dari.
6. Syarr: Artinya kejahatan.
7. Ma: Artinya apa yang.
8. Khalaq: Artinya menciptakan.
9. Wa: Artinya dan.
10. Min: Artinya dari.

Tafsir Surah Al-Falaq

Tafsir surah Al-Falaq adalah sebagai berikut:1. Ayat pertama: Qul a’udzu bi rabbil falaq.Artinya: Katakanlah, aku berlindung kepada Tuhan yang menciptakan waktu subuh.Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu memohon perlindungan kepada Allah dari segala kejahatan yang ada di dunia ini. Kita juga diajarkan untuk selalu mengakui kekuasaan Allah dan memohon perlindungan-Nya dalam setiap aspek kehidupan kita.2. Ayat kedua: Min syarrima khalaq.Artinya: Dari kejahatan apa yang telah Dia ciptakan.Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu mengakui kekuasaan Allah dan memohon perlindungan-Nya dari segala kejahatan apa pun yang ada di dunia ini.3. Ayat ketiga: Wa min syarrigasikin idza waqab.Artinya: Dan dari kejahatan orang yang dengki ketika ia dengki.Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu mengakui kekuasaan Allah dan memohon perlindungan-Nya dari orang-orang yang iri dan dengki terhadap kita.4. Ayat keempat: Wa min syarrin naffasati fil ‘uqad.Artinya: Dan dari kejahatan nafas-nafas (binatang) yang meniup pada buhul-buhul (talinya).Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu mengakui kekuasaan Allah dan memohon perlindungan-Nya dari segala kejahatan yang berasal dari binatang-binatang yang berbahaya.5. Ayat kelima: Wa min syarr hasidin idza hasad.Artinya: Dan dari kejahatan orang yang dengki ketika ia dengki.Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu mengakui kekuasaan Allah dan memohon perlindungan-Nya dari orang-orang yang iri dan dengki terhadap kita.

Manfaat Membaca Surah Al-Falaq

Membaca surah Al-Falaq memiliki banyak manfaat, antara lain:1. Memohon perlindungan kepada Allah dari segala kejahatan yang ada di dunia ini.
2. Mengakui kekuasaan Allah dan memohon perlindungan-Nya dalam setiap aspek kehidupan kita.
3. Menjadi lebih tenang dan terhindar dari gangguan setan.
4. Menjaga diri dari kejahatan orang yang iri dan dengki terhadap kita.
5. Membuka pintu rezeki yang lebih banyak.

Kesimpulan

Surah Al-Falaq merupakan surah yang memiliki makna yang sangat dalam. Dalam surah ini, Allah SWT mengajarkan kita untuk berlindung kepada-Nya dari kejahatan apa pun yang ada di dunia ini dengan memohon perlindungan kepada Allah dari segala kejahatan yang ada. Surah ini juga mengajarkan kita untuk selalu mengakui kekuasaan Allah dan memohon perlindungan-Nya dalam setiap aspek kehidupan kita. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu membaca surah Al-Falaq dan memohon perlindungan kepada Allah SWT dalam setiap aspek kehidupan kita.

Artikel Al Falaq dan Arti

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM